alat musik aceh

√15 Alat Musik Aceh Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Alat Musik Aceh,-  Kalian Pasti tahu Aceh kan?. Ya, Aceh adalah provinsi yang berdekatan dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar yang terletak pada ujung utara pulau Sumatera dan menjadi daerah yang terletak paling ujung barat di negara Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 4 ribu jiwa, membuat Aceh ini kaya akan potensi sumber daya alam dan juga sumber daya manusianya.

Bukan hanya itu saya, tapi Aceh juga memiliki kebudayaan seperti alat musik, mau itu alat musik modern ataupun tradisional. Dan saya kali ini akan memberikan edukasi kepada anda semua mengenai alat musik Aceh.

Pengertian Alat Musik Aceh

alat musik acehJika kita berbicara tentang budaya dan kesenian, Aceh sendiri merupakan salah satu daerah yang berada di Indonesia yang kaya akan budaya dan keseniannya. Seperti budaya galib, kesenian tari-tariannya dan alat musik tradisionalnya.

Di Aceh sendiri terdapat beberapa jenis alat musik tradisional yang memiliki ciri khas tersendiri, Dan berikut adalah jenis alat musik tradisional Aceh beserta penjelasannya.

1. Alat Musik Bangsi Alas

bangsi alas
source: id.wikipedia.org

 

Bangsi alas adalah salah satu alat musik Aceh yang terbuat dari ruas bambu yang berkembang dan dapat ditemukan di sekitar wilayah Alas, Aceh Tenggara.

Bangsi alas ini sendiri memiliki suara yang merdu dan juga menenangkan. Untuk cara memainkannya Bangsi Alas di mainkan dengan cara di tiup dan alat musik ini memiliki tujuh buang lubang nada di tubuhnya.

Bangsi alas ini biasanya dimainkan sebagai musik yang mengiringi seni tari Londok Alun.

2. Alat Musik Geundrang

geundrang
source: www.kamerabudaya.com

 

Geundrang merupakan alat musik pukul yang hampir mirip dengan bedug atau kendang. Karena dilihat dari bentuknya yang hampir mirip dengan kedua jenis alat musik tersebut.

Pemain Geundrang dapat membunyikan alat musik ini dengan alat pukul atau dengan tangan kosong juga bisa.

Alat musik ini biasanya bisa kita temukan di wilayah Aceh Utara, Aceh Besar, dan juga sekitar daerah Pidie.

Geundrang ini biasanya dimainkan hanya sebagai pelengkap tempo saat mengiringi lagu atau tarian tradisional Aceh.

3. Alat Musik Arbab

alat musik arbab
sourcce: redioz.com

 

Arbab merupakan alat musik gesek yang terbuat dari batok kelapa, kayu, dawai, dan juga kulit hewan.

Alat musik ini biasanya dapat kita jumpai di daerah Aceh Barat, Aceh Besar, dan  Pidie.

Untuk cara memainkan alat musik ini yaitu dengan menggesekkan senar pada busur yang bernama Go Arbab dengan senar pada tubuh Arbab tersebut.

Alat musik Aceh yang satu ini biasanya digunakan sebagai musik pengiring seni tari tradisional yang ada di Aceh.

4. Alat Musik Tambo

tambo aceh
source: senibudayaku.com

Kalian tahu Tambo?, jika tidak tahu, Tambo adalah alat musik pukul tradisional yang terbuat dari batang Iboh atau Bok Iboh, kulit kerbau atau sapi dan juga serat rotan sebagai pengikat pada kulitnya.

Untuk bentuk dari Tambo ini sendiri memiliki kemiripan dengan alat musik Bedug atau alat musik Gendang yang berukuran besar.

Nah, dan untuk cara mainnya alat musik Tambo ini dimainkan dengan cara dipukul, dan pastinya tidak jauh lah sama bedug atau gendang.

5. Alat Musik Serune Kalee

serune kalee
source: silontong.com

 

Serune kalee adalah alat musik yang berkembang dan sangat populer di wilayah Aceh Utara, Pidie, Aceh Barat, dan juga Aceh Besar.

Alat musik ini terbuat dari kayu dan logam kuningan ini pada umumnya di mainkan bersama dengan Rapai dan Geundrang sebagai satu kesatuan musik pengiring acara hiburan ataupun tari-tarian.

Serune Kalee ini juga biasanya memiliki warna hitam yang menjadi ciri khas nya sendiri.

6. Alat Musik Rapai

alat musik rapai
source: steemit.com

 

Untuk bentuk dari alat musik ini Rapai memiliki kesamaan dengan bentuk Rebana, tapi alat musik ini memiliki bunyi yang berbeda.

Dari cara memainkannya juga Rapai ini dimainkan dengan cara dipukul atau di tabuh dengan menggunakan tangan dan memiliki ketukan-ketukan tertentu.

Rapai ini biasanya dimainkan bersama-sama dan alat musik ini digunakan sebagai pengiring tarian atau kesenian tradisional Aceh.

7. Alat Musik Canang

canang aceh
source: steemit.com

Alat musik yang bernama Canang ini dimainkan dengan cara dipukul dan juga alat musik ini memiliki bentuk yang sama dengan gong, yang biasanya terbuat dari logam kuningan.

Canang ini juga biasanya digunakan sebagai musik pengiring tari tradisional dari Aceh.

8. Alat Musik Taktok Trieng

taktok trieng

Taktok Trieng ini adalah alat musik yang terbuat dari sebuah ruas bambu  dan alat ini bisa kita temukan di wilayah Aceh Besar, Pidie dan juga beberapa wilayah Aceh lainnya.

Untuk cara memainkan alat musik ini cukup mudah, yaitu dengan cara di pukul. Dan alat musik ini juga biasanya digunakan sebagai pengusir burung yang ada di sawah.

Taktok Trieng ini jika dimainkan sebagai pengiring musik maka akan memiliki fungsi sebagai pengatur dan juga pelengkap tempo dalam suatu lagu.

9. Alat Musik Bereguh

bereguh aceh
source: www.wacana.co

Bereguh adalah alat musik Aceh yang cara mainnya di tiup. Dan alat musik ini terbuat dari tanduk hewan kerbau.

Bereguh ini sendiri berkembang di wilayah Aceh Utara, Aceh Besar, dan juga Pidie.

Untuk nada yang dihasilkan dari alat musik ini sangatlah terbatas. Dan selain dijadikan alat musik Bereguh ini juga memiliki fungsi sebagai sinyal komunikasi ketika di dalam hutan.

Alat musik ini juga diduga sudah mulai langka, karena untuk bahan utamanya sudah mulai susah, dan harus dari tanduk hewan pula.

10. Alat Musik Kecapi Olah

kecapi-olahKecapi olah adalah alat musik tradisional dari Aceh yang berkembang di daerah Aceh Alas, Aceh. Alat musik ini juga dimainkan dengan cara dipukul.

Kecapi ini berbeda dari kebanyakan kecapi-kecapi lain yang biasanya di petik, namun ini dipukul.

Alat musik ini juga biasa dimainkan sebagai musik pengiring tari tradisional Aceh.

11. Alat Musik Celempong

alat musik celempung
source: macamalatmusik.blogspot.com

 

Apakah kalian tahu Celempong? Nah jika tidak tahu celempong adalah alat musik tradisional dari wilayah Tamiang, Aceh.

Alat musik ini juga biasanya dimainkan oleh para remaja wanita yang ketika berkumpul bersama atau ketika sedang senggang.

Untuk keberadaan alat musik Celempong ini diduga sudah ada sejak 100 tahun yang lalu di wilayah Tamiang.

12. Alat Musik Teganing

teganing acehTeganing adalah alat musik yang berasal dari wilayah Gayo, dan alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik Teganing ini biasanya suka digunakan untuk mengiringi tari tradisional. Untuk bentuk Teganing sendiri yaitu panjang dan terbuat dari satu ruas bambu.

13. Alat Musik Canang Trieng

canang trieng

Canang trieng dan canang itu berbeda. Canang trieng ini terbuat dari logam kuningan dengan rak dari kayu. Dan alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik ini juga sering digunakan oleh remaja wanita di kala ada waktu senggang untuk menghibur diri atau ketika lagi berkumpul bersama dengan remaja wanita lainnya.

Sedangkan Canang biasa digunakan sebagai alat musik pengiring tari tradisional Aceh.

14. Alat Musik Genggong

genggong aceh
source: indonesiaheritag.org

Genggong merupakan alat musik yang biasa di mainkan untuk menghibur diri saat ada waktu senggang atau bosan.

Untuk suara yang dihasilkan dari alat musik tiup ini sangat halus sekali dan terkadang hanya bisa didengarkan oleh beberapa orang saja. Dan Genggong ini dipercayai oleh masyarakat sana berasal dari budaya suku Alas.

15. Alat Musik Kecapi Aceh

alat musik kecapi aceh
source: Vebma.com

 

Walaupun memiliki kemiripan nama dengan Kecapi Olah, akan tetapi alat musik kecapi di wilayah Aceh tidaklah harus sama dengan kecapi yang berasal dari daerah Jawa.

Alat musik ini berkembang dan berasal dari daerah Tamiang. Dan cara mainnya juga dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul.

Sedangkan kecapi yang ada di Jawa itu cara mainnya dengan cara di petik dan memiliki senar atau dawai.

Nah, itulah pembahasan artikel saya kali ini mengenai alat musik Aceh.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan kepada anda sebuah edukasi dan manfaat beserta wawasan lebih luas lagi mengenai kesenian dan budaya yang ada di Indonesia. Baik itu tari-tarian maupun alat musik daerah yang lainnya. Terimakasih

Leave a Comment