20+ Alat Musik Betawi Lengkap Beserta Fungsi, Gambar, Dan Penjelasannya

Alat Musik Betawi,- Kalian mungkin tidak asing lagi dengan alat musik Betawi. Kenapa bisa di sebut alat musik Betawi?. Karena Betawi merupakan sebuah sebutan atau panggilan terhadap suatu etnis yang pada umumnya bisa terlihat dari nada bicara seseorang.

Nah, pada dasarnya etnis tersebut bisa kita temukan di DKI Jakarta, hampir semua di daerah jakarta gaya bicaranya memiliki nada yang etnis yang disebut bahasa Betawi.

Bukan hanya itu saja yang menjadi ciri khas Betawi tersebut, namun ada juga alat musik Betawi yang biasa di gunakan saat acara-acara tertentu. Dan kali ini saya akan membahas mengenai alat musik Betawi tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Alat Musik  Betawi

Alat Musik BetawiAlat musik Betawi ini merupakan kebudayaan secara general jenis atau model kesenian di Jakarta yang sering digunakan untuk memeriahkan pesta adat, pernikahan, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya ada beberapa jenis alat musik Betawi yang bisa di gunakan pada acara seperti pesta adat,pernikahan atau orkes Betawi tersebut.

Berikut adalah jenis alat musik Betawi beserta penjelasannya:

1. Kendang

kendang betawiMeskipun dikenal sebagai alat musik dari Jawa Tengah dan Jawa Barat, kendang ini juga sangat populer pada kesenian musik Betawi dalam berbagai acara.

Kendang ini sendiri terbuat dari kayu nangka, kelapa, dan juga kayu cempedak. Dengan kulit kerbau yang biasanya digunakan sebagai bam dalam alat musik ini.

Bam adalah permukaan bagian kendang yang memancarkan ketukan dengan nada yang rendah. Dan kulit kambing digunakan untuk membuat chang. Chang sendiri adalah permukaan luas yang memancarkan ketukan dengan nada tinggi.

Untuk cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukul permukaan kulit dengan telapak tangan. Dan kendang ini memiliki 3 jenis yaitu:

  • Kendang kecil disebut Ketipung
  • Kendang sedang disebut ciblon atau kebar
  • Kendang Besar disebut kendang kalih.

2. Gong

gong betawiGong merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara dipukul.  Gong tersebut terbuat dari bahan perunggu atau logam.

Dalam kesenian Betawi gong tersebut tergabung dalam kesenian gambang rancang yang mengiringi tari topeng Betawi.

Untuk fungsi dari gong ini adalah dimainkan saat ada upacara kematian, alat musik ini juga sangat berhubungan dengan ritual keagamaannya. Dan alat musik ini juga bisa digunakan saat acara pernikahan.

3. Bonang atau Kromong

kromong betawiAlat musik Betawi yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul atau di tabuh pada bagian atasnya yang menonjol atau biasa disebut juga dengan pencu (pencon).

Untuk pemukul alat musik ini menggunakan tongkat yang berlapis dan biasa disebut dengan Bindhi. Dan fungsi dari alat musik ini sebagai pembawa melodi pokok dari semua alat musik lainnya.

4. Gambang

gambang kromo betawiGambang adalah alat musik Betawi yang terdiri dari 18 bilah bambu. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat gambang tersebut adalah kayu suangking, haru-batu, menggarawan, atau kayu manis.

Untuk cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul, dan suara yang dihasilkan ol,eh gambang ini akan terdengar empuk.

Alat musik ini biasanya digunakan pada kesenian Betawi seperti gempang kromong.

5. Gender

gender betawiGender merupakan alat musik sejenis gamelan yang cara mainnya dengan cara di tabuh.

Alat musik ini sendiri tersebut dari bahan logam seperti kuningan, besi, dan perunggu. Gender ini sendiri terdiri dari 10 sampai 14 bilah.

Pada badan gender terbuat dari kayu sedangkan untuk bumbungnya terbuat dari bambu. Dan gender ini juga merupakan salah satu alat musik Betawi yang sering digunakan untuk pentas seni musik tradisional.

Gender ini juga memiliki fungsinya sendiri yaitu :

  • Untuk mengiringi rebab saat bernyanyi
  • Untuk menyelaraskan lagu agar komposisi yang dibawakan menjadi harmonis
  • Mewakili pembuka lagu jika rebab tidak ada
  • Memimpin jalannya lagu
  • Sebagai penuntun suara atau vokalis saat akan mulai bernyanyi dan menuntun rebab saat mengambil nada.

6. Rebab

rebab betaiRebab adalah salah satu alat musik Betawi yang cara mainnya digesek. Rebab ini sendiri terbuat dari bahan tembaga, akan tetapi seiring berjalannya waktu rebab dibuat dari bahan alami.

Pada bagian yang memanjang rebab terbuat dari bahan kayu nangka, sedangkan pada bagian tubuh rebab terbuat dar kayu berongga yang ditutup dengan kulit yang di keringkan sebagai pengeras suara.

Fungsi dari alat musik ini yaitu untuk mengiringi tari dan pertunjukan khas daerah.

7. Kecrek

kecrek betawiKalian pasti tahu kecrek kan?. Kecrek merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jakarta. Kecrek ini sendiri sering digunakan dalam teater musik Betawi menggunakan besi yang disusun di atas balok kayu dan dipukul tongkat kayu kecil.

Untuk fungsi alat musik ini sebagai pemberi isyarat berbagai macam aba-aba, iringan, maupun sikap dari wayang.

8. Trombon

trombon betawiTrombon merupakan alat musik Betawi yang cara mainnya dengan cara ditiup. Trombon ini juga memiliki satu slide yang dapat digeser untuk mengubah sebuah nada.

Untuk bentuknya sendiri alat musik ini hampir mirip dengan piston, akan tetapi yang ini lebih ramping dan memanjang.

9. Klarinet

klarinet betawi

Klarinet adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Pada sepanjang tabung klarinet ini terdapat lubang yang dilengkapi tombol. Dan tombol tersebut bernama klep.

Dimana klep tersebut dapat membuka atau menutup untuk memperpanjang dan memperpendek kolom udara yang ada dalam tabung.

10. Piston

piston betawiNah, ini adalah alat musik yang sering di samakan dengan Trombon. Piston namanya, Piston adalah alat musik yang mempunyai ciri khas.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Dan Piston ini sangat populer sehingga seluruh masyarakat Indonesia atau luar negeri pasti banyak yang mencari alat musik ini.

11. Seruling

seruling betawiSeruling ini adalah salah satu alat musik Betawi yang memiliki ciri khas suara lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya.

Alat musik ini sendiri dimainkan dengan cara ditiup. Dan untuk bahan membuat seruling ini ada beberapa macam, yaitu bambu, perak, emas, campuran dari perak dan emas, dan juga logam yang dilapisi perak.

12. Cello

cello betawiCello adalah alat musik yang mirip dengan biola, tapi dengan ukuran yang lebih besar. Cello ini sendiri dijadikan fondasi alam orkes modern atau musik kamar yang merupakan instrumen tunggal.

Untuk bahan pembuatan dari alat musik Betawi ini yaitu dari bahan Kayu.

13. Triangle

triangle betawiKalian pasti tahu triangle?!. Ya triangle yang berbentuk segitiga dan cara memainkannya juga sangat sederhana.

Triangle ini berfungsi sebagai alat bantu saja bagi sebuah musik atau lagu yang sedang dimainkan.

14. Seksofon

seksofon betawiSeksofon merupakan alat musik yang tergolong kedalam keluarga bresswind. Seksofon ini sendiri terbuat dari bahan logam dan cara memainkannya dengan cara single read seperti klarinet.

15. Rebana

rebana betawiRebana adalah alat musik yang terbuat dari kulit lembu, alat musik ini menyerupai bedug, tapi ukurannya lebih kecil dari bedug itu sendiri.

Untuk cara memainkan alat musik ini hanya di tabuh saja dengan telapak tangan.

16. Tehyan

tehyan betawiTehyan adalah alat musik yang cara mainnya digesek dengan bagian bawah yang sedikit melebar.

Alat musik ini memiliki 3 jenis, yaitu sukong, tehyan, dan kong ahyan.

17. Kecapi

kecapi betawiPada dasarnya kecapi memiliki dua bentuk yang berbeda, yaitu kecapi perahu dan kecapi siter. Paa kecapi terdapat dawai yang dikaitkan pada sekrup kecil di bagian kanan kotak.

Sekrup tersebut berfungsi untuk mengontrol berbagai sistem baik itu salendro, pelog, ataupun medenda.

Untuk bahan dari alat musik ini yaitu terbuat dari kayu kenanga.

18. Akordeon.

akordeon betawiAlat musik ini pada dasarnya relatif kecil, cara memainkannya juga digantungkan di leher. Pemain musik ini memainkan tombol-tombol akord dengan jari-jari tangan kiri, sedangkan tangan kanan memainkan melodi lagu yang dibawakan.

Ada juga cara memainkannya dengan menggunakan kedua tangan, yaitu pada tangan yang satu difungsikan sebagai pengatur aluran suara, dan yang satunya lagi untuk mengatur nada.

Pada saat memainkan akordeon ini yaitu didorong dan ditarik untuk menggerakan udara yang ada didalamnya.

19. Gambus

gambus betawiGambus adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, dan terdiri dari 3 sampai 12 senar.

Gambus ini  sering dimainkan bersama dengan gendang pada suatu orkes yang disebut juga dengan orkes gambus.

Gambus juga merupakan jenis alat musik petik yang merupakan hasil dari kerajinan orang Betawi sehingga bisa disebut juga dengan alat musik Betawi, karena memiliki ciri khas dari Betawi itu sendiri.

20. Djembe

jembe betawiDjembe adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan kosong. Dan ada banyak nama untuk alat musik berjenis seperti ini.

Contohnya seperti sangba, yimbei, jimberu, bata, tapo, dan masih banyak lagi. Untuk fungsi dari alat musik ini yaitu sebagai pengiring musik dan media hiburan.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai alat musik Betawi.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan jenis-jenis dari alat musik Betawi ini?. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga wawasan yang lebih luas lagi mengenai alat-alat musik atau seni musik lainnya. Terimakasih.

Leave a Reply

Close Menu