alat musik harmonis

Alat Musik Harmonis Lengkap Dengan Penjelasannya

Pada dasarnya alat musik itu terbagi menjadi 3 menurut fungsinya. Yaitu alat musik melodis, alat musik ritmis dan juga alat musik harmonis.

Alat musik melodis memiliki fungsi yaitu untuk memainkan melodi utama sebuah lagu, alat musik ritmis memiliki fungsi sebagai pengatur tempo.

Sedangkan alat musik harmonis ini memiliki fungsi yaitu untuk memainkan akor atau gabungan dari beberapa nada sekaligus.

Alat musik harmonis juga tidak hanya ada di musik modern saja, tapi musik tradisional Indonesia juga ada.

Pengertian alat Musik Harmonis

alat musik harmonisAlat musik harmonis merupakan alat musik yang dapat memainkan nada harmonis, dan nada tersebut dihasilkan dari membunyikan tiga nada atau lebih secara bersamaan.

Baik itu alat musik modern ataupun alat musik tradisional yang dapat menghasilkan nada harmonis. Ada beberapa contoh alat musik harmonis yang harus anda ketahui, an berikut adalah nama-nama alat musik harmonis tersebut:

1. Alat Musik Harpa

alat musik harpa
source: kenalibudaya.info

Harpa merupakan salah satu alat musik harmonis, selain dimainkan dengan memetik dawainya satu persatu. Harpa ini juga dapat dimainkan dengan cara memetik tiga dawai secara bersamaan agar menghasilkan nada yang harmonis.

Harpa ini juga bisa dimainkan secara solo, karena harpa ini memiliki karakteristik suara yang halus dan menenangkan, tapi tidak jarang juga alat musik ini digunakan sebagai pengiring dalam sebuah acara musik.

2. Alat Musik Kecapi

alat musik kecapi
source: budayajawa.id

Alat musik petik yang berasal dari sunda ini biasanya menjadi pengiring dalam beberapa tembang tradisional sunda. Kecapi ini juga dapat menghasilkan nada yang harmonis dengan cara memetik tiga dawainya sekaligus secara bersamaan.

3. Alat Musik Violoncello

alat musik VioloncelloVioloncello ini merupakan alat musik gesek dan merupakan salah satu jenis biola juga yang mampu menghasilkan nada yang harmonis.

Untuk cara memainkan alat musik violoncello ini sama seperti dengan memainkan biola pada umumnya yaitu di gesek.

4. Alat Musik Bonang

alat musik bonangAlat musik ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang berkembang di daerah Jawa dan Bali. Bonang ini sering digunakan dalam gamelan.

Bonang juga merupakan salah satu alat musik harmonis dan nada yang dihasilkan nya itu dengan cara memukul tiga nada yang berbeda secara bersamaan.

Setiap nada yang dihasilkan dari gong-gong kecil yang tersusun di rak. Pemain bonang juga cara memainkan nya itu menggunakan pemukul yang di balut dengan kain atau karet.

5. Alat Musik Harmonika

alat musik harmonika
source: www.djarumcoklat.com

Harmonika adalah merupakan alat musik tiup modern yang dapat menghasilkan nada-nada yang harmonis.

Alat musik ini juga dimainkan dengan cara di hisap dan ditiup pada rongga-rongga yang ada di bagian badan harmonika.

6. Alat Musik Biola

alat musik biola
source: prelo.co.id

Biola adalah alat musik modern yang dapat dimainkan dengan cara melodis ataupun harmonis. Dan biola ini termasuk dalam kategori alat musik melodis dan juga harmonis.

Biasanya nada harmonis yang dikeluarkan biola digunakan dalam pentas seni musik jazz dan juga pentas musik klasik.

7. Alat Musik Piano

alat musik pianoAlat musik piano ini termasuk alat musik melodis dan juga harmonis modern. Tandanya adalah jika piano ini dimainkan dengan satu persatu tuts nya maka itu disebut juga dengan nada melodis.

Nah, sedangkan kalau tuts piano di mainkan dengan 3 nada tertentu secara bersamaan maka alat musik piano ini akan mengeluarkan bunyi harmonis.

Piano ini juga sering dimainkan alam acara musik klasik ataupun musik pengiring lagu-lagu pop.

8. Alat Musik Celempung dan Siter

alat musik celempung dan siterAlat musik celempung  dan siter ini merupakan alat musik petik dalam gamelan Jawa. Celempung dan siter ini masing-masing memiliki 11 dan 13 pasang senar, di rentang ke dua sisinya antara kotak resonator.

Ciri khas ari alat musik ini yaitu satu senar yang di setel nada pelog dan senar lainnya dengan nada salendro.

Celempung ini biasanya memiliki panjang sekitar 90cm dan mempunyai empat kaki, dan juga di setel satu oktaf di bawah siter.

Sedangkan siter sendiri memiliki panjang sekitar 30cm dan dimasukkan dalam sebuah kotak saat dimainkan.

Alat musik celempung dan siter ini sering digunakan sebagai salah satu alat musik yang dimainkan bersama.

9. Alat Musik rebab

alat musik rebab

Alat musik rebab ini merupakan alat musik senar dari aba ke 8 dan menyebar melalui perdagangan islam yang lebih banyak dari Afrika Utara, Timur Tengah, bagian Eropa dan juga Timur Jauh.

Beberapa jenisnya sering memiliki tangkai pada bagian bawah agar alat musik ini bisa bertumpu di tanah dan alat ini disebut dengan rebab tangkai di daerah tertentu.

Alat musik ini merupakan alat musik harmonis dengan cara memainkan nya yaitu dengan cara digesek.

10. Alat Musik Sampe

alat-musik sampeSampe merupakan alat musik tradisional dari suku Dayak, alat musik ini juga terbuat dari berbagai macam kayu.

Namun yang paling sering dijadikan bahan pembuatannya adalah kayu arrow, kayu ulin dan juga kayu kapur.

Proses pembuatannya dapat memakan waktu cukup lama. Karena alat musik ini dibuat dengan 3 senar, 4 senar dan 6 senar.

Diukir sesuai dengan keinginan pembuatannya dan setiap ukiranny juga memiliki artinya sendiri.

Untuk cara mengeluarkan nada harmonis dari alat musik ini yaitu dengan memetik 3 dawai sekaligus, tapi selain dengan cara memetik 3 dawai sekaligus, alat musik ini juga bisa dimainkan dengan cara melodis yaitu dipetik dawainya satu persatu.

11. Alat Musik Sasando

alat musik sasandoSasando merupakan alat musik instrumen petik  yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Nama Sasando ini berasal dari bahasa Rote yaitu sasandu yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi.

Dahulu sasando ini digunakan oleh kalangan masyarakat Rote sejak abad ke 7. Untuk bentuk alat musik ini ada miripnya dengan alat musik petik lainnya seperti gitar, kecapi, dan juga biola.

Untuk mengeluarkan nada harmonis dari alat musik ini yaitu harus memetik 3 dawai atau lebih secara bersamaan untuk mengeluarkan nada harmonis.

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan memainkan sasando ini dengan baik. Hal tersebut karena mulai berkurangnya generasi muda yang mau mempelajari alat musik tradisional ini.

12. Alat Musik Gitar

alat musik gitarAlat musik gitar adalah alat musik petik modern yang bisa mengahasilkan nada harmonis dan juga melodis.

Nada harmonis yang dihasilkan dari gitar ini biasanya digunakan sebagai pengiring lagu dan nada melodis dari gitar biasanya digunakan sebagai pengisi lagu.

Untuk cara memainkan gitar agar menghasilkan nada harmonis itu caranya dengan menekan sejumlah senar      dan menggenjrengkannya secara bersamaan.

13. Alat Musik Saksofon

alat musik saksofonSaksofon merupakan alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup dan alat musik ini merupakan alat musik harmonis.

Nada harmonis yang dikeluarkan oleh alat musik ini dari penekanan beberapa tuts secara bersamaan menggunakan jari-jari tangan. Dan saksofon ini sering kali ditampilkan dalam acara musik Jazz.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai alat musik harmonis. Pada dasarnya alat musik harmonis ini memiliki jenis nya masing-masing.

Untuk mengeluarkan nada-nada harmonisnya juga kebanyakan dengan menentukan 3 nada di masing-masing alat musik secara bersamaan maka akan mengeluarkan nada-nada harmonis.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua dan juga memberikan wawasan yang lebih luas lagi mengenai alat-alat musik jenis lainnya, terimakasih.

Leave a Comment