alat musik petik

Alat Musik Petik Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Alat Musik Petik,- Alat musik memang banyak sekali jenis nya, termasuk di Indonesia juga banyak sekali kebudayaan musik yang melibatkan alat musik sebagai pengiring lagu-lagu modern atau tradisional.

Termasuk alat musik yang satu ini, yang akan di bahas secara lengkap dan jelas yaitu alat musik petik yang banyak sekali jenis nya. Alat musik sendiri merupakan salah satu instrumen yang di modifikasi dengan maksud dan tujuan agar dapat menghasilkan suatu bunyi atau lagu pada sebuah pertunjukan suatu seni.

Dari berbagai jenis alat musik yang ada di Indonesia, masing-masing memiliki cara memainkannya sendiri, yaitu seperti digesek, dipukul, ditiup, ditekan, dan juga dipetik. Dan kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang alat musik yang dimainkan secara di petik yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Alat Musik Petik

alat musik petik
source: silontong.com

Pada  umumnya alat musik petik itu identik dengan yang namanya senar atau dawai agar bisa menghasilkan suatu bunyi yang merdu.

Akan tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa alat musik petik merupakan sebuah alat musik yang dapat mengeluarkan suatu bunyi atau suara saat kita getarkan atau dipetik pada senarnya.

Namun seiringnya dengan perkembangan zaman ini, alat musik petik sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu alat musik petik tradisional dan alat musik petik modern.

Perlu kalian perhatikan juga panjang pendeknya dawai pada jenis alat musik petik ini, karena jika ada kesalahan sedikit saja nantinya akan berpengaruh pada nada yang di hasilkan dari alat musik petik tersebut.

Alat Musik Petik Tradisional Dan Modern

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian alat musik petik. Dan sekarang saya akan membahas tentang alat musik petik modern dan tradisional  beserta gambar dan penjelasannya secara lengkap

Berikut adalah jenis-jenis atau contoh alat musik petik beserta gambar dan penjelasannya, antara lain :

1. Alat Musik Petik Gitar

alat musik petik gitar
source: ilmuseni.com

 

Seperti yang kita ketahui gitar merupakan alat musik petik yang menghasilkan bunyi dengan cara dipetik pada senarnya. Alat musik petik ini sebenarnya berasal dari Eropa tepatnya di negara Spanyol.

Namun seiring berjalannya waktu akhirnya hampir seluruh dunia sekarang memiliki alat musik petik gitar ini.

Gitar pada umumnya memiliki sebuah senar yang biasanya disebut dengan dawai. Bahan pembuatannya juga terbuat dari kayu, lalu pada bagian leher dan badan gitar memiliki banyak sekali bentuk.

Cara memainkan alat musik petik ini hanya dengan cara dipetik saja. Tapi ada juga yang memainkannya dengan cara menggenjrengkan atau tidak beraturan.

Karena alat musik gitar ini memainkannya dengan cara di petik, jadi harus mengetahui kunci nada pada gitar ini. Dan di dunia ini terdapat dua jenis gitar saja, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Pada gitar juga terdapat kurang lebih 144 chord atau kunci gitar yang bisa di pakai untuk memvariasi nada saat memainkannya.

2. Alat Musik Petik Kecapi

alat musik petik kecapi
source: alampedia.blogspot.com

 

Kecapi adalah alat musik yang pertama kali muncul di daerah Sunda Jawa Barat. Dan waktu itu nama kecapi sendiri berasal dari sebuah tanaman yang bernama sentul. Dan bahan pembuatan alat musik ini hanya menggunakan bahan dari kayu saja.

Kecapi juga memiliki banyak sekali bentuk, namun bentuk kecapi yang sering di temukan banyak orang adalah kecapi bentuk siter dan kecapi bentuk perahu. Dan alat musik petik kecapi juga memiliki fungsi dan di bagi menjadi dua jenis yaitu kecapi indung dan kecapi rincik.

Fungsi jenis pertama yaitu kecapi indung yaitu digunakan untuk mengawali suatu musik, contohnya seperti intro, bridges, interlude, dan juga untuk mengatur tempo permainan musik. Dan kecapi indung pada umumnya memiliki ukuran yang besar dan jumlah dawainya ada 18-20.

Sedangkan untuk fungsi jenis kedua yaitu kecapi rincik adalah hanya untuk pengiring kecapi indung atau mengisi beberapa ruang antar nada saja. Dan biasanya kecapi jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis kecapi indung. Dan juga memiliki dawai hanya 15 saja.

Untuk cara memainkan kecapi ini yaitu ada banyak sekali dan nama dari cara memainkannya pun dari bahasa Sunda, contohnya seperti teknik  sintreuk tori, teknik dijambret dan tektik petikan dijeungkalan.

3. Alat Musik Petik Ukulele

alat musik petik ukulele
source: long-mcquade.com

 

Bagi kalian yang tidak mengetahui dari mana asal alat musik petik ini, perlu anda ketahui bahwa ukulele ini berasal dari Hawai. Kata Ukulele ini sendiri diterjemahkan dari dalam bahasa Hawai yang memiliki arti yaitu “kutu loncat

Menurut sejarah alat musik ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1880. Dan jika dilihat dari bentuknya, ukulele ini bentuknya hampir mirip seperti alat musik petik gitar, tapi ada berbedaan  dari ukurannya.

Ukuran ukulele memang lebih kecil dari gitar sekitar 20 inchi dari bentuk asli gitar. Dan ukulele ini terbagi menjadi 4 jenis model ukulele, diantaranya :

  • Ukulele Soprano yang memiliki ukuran 33cm.
  • Ukulele Concert ukurannya 38cm
  • Ukulele Tenor Berukuran 42cm
  • Ukulele Baritone Berukuran 48cm

Selain itu ukulele ini juga sering digunakan sebagai instrumen utama dari musik keroncong. Dengan bunyi yang memiliki ciri khas yang unik, dan sekarang banyak sekali yang memainkan alat musik ini di Indonesia.

4. Alat Musik Petik Harpa

alat musik harpa
source: pixabay.com

 

Harpa adalah sebuah alat musik yang sudah ada sejak zaman dahulu, jadi tidak heran jika banyak orang yang sudah tau dengan alat musik petik ini, karena harpa merupakan salah satu alat musik petik paling tua di dunia.

Menurut sejarah, alat musik ini terbuat dari busur panah yang biasanya sering digunakan untuk berburu, kemudian dikembangkan menjadi alat musik harpa ini.

Harpa ini berbentuk segitiga dan berwarna emas. Menurut kepercayaan orang-orang yang berada di luar Indonesia kebanyakan harpa ini identik dengan malaikat yang sedang memainkan musik sambil melayang ke surga,

Terdapat komponen yang sangat penting pada alat musik petik ini, yaitu sound board, neck, dan string. Dan jumlah dawainya pada umumnya ada 22 senar, tapi ada juga yang berjumlah 47 senar.

5. Alat Musik Petik Shamisen

alat musik petik shamisen
source: eBay.com

 

Mungkin sebagian dari kalian jarang sekali mendengar alat musik yang satu ini. Shamisen namanya, dan alat musik ini berasal dari Negara Jepang.

Seperti yang anda ketahui, shamisen ini adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik pada senarnya.

Namun berbeda dengan alat musik sebelumnya, shamisen ini hanya memiliki 3 buah dawai saja. Karena di negara Jepang, shamisen ini merupakan alat yang paling penting dalam suatu pertunjukan tradisional di daerahnya sendiri.

Alat musik ini memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu pada bagian tubuh shamisen yang di bungkus dengan kulit punggung anjing atau kulit perut kucing betina. Ada juga shamisen yang bagian tubuhnya tidak dilapisi kulit, melainkan dengan plastik.

Untuk bagian-bagiannya masih sama seperti yang lainnya, yaitu badan (Do), leher (Sao), dan pasak (Itomoki).

6. Alat Musik Petik Sasando

alat musik petik sasando
source: Kompasiana.com

 

Kalian pasti tahu dengan salah satu alat musik ini. Ya, Sasando namanya dan alat musik ini merupakan alat musik tradisional asli Indonesia yang cara memainkannya dengan cara dipetik.

Alat musik sasando ini berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) lebih tepatnya di pulau Rote.

Menurut Sejarah alat musik Sasando ini sudah ada sejak abad ke 7 Masehi, dan saat itu juga sudah banyak yang memainkan alat ini oleh masyarakat sekitarnya.

Sasando ini memiliki 2 tipe, yaitu Sasando dobel dan Sasando engkel. Dan seiringnya perkembangan zaman, sekarang ada juga sasando yang bertipe menggunakan listrik atau elektrik.

Sasando ini sendiri sering dimainkan pada beberapa acara adat tradisional oleh masyarakat yang ada di Pulau Rote.

Bahan utama alat musik Sasando ini adalah bambu yang di bentuk sedemikian rupa sehingga menjadi tabung yang panjang. Maka saat sasando di petik akan menghasilkan bunyi yang hampir sama dengan alat musik petik lainnya.

Namun tetap ada berbedaan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan alat musik petik lainnya.

7. Alat Musik Petik Gambus

alat musik petik gambus
source: musikgambus.com

 

Pasti Banyak dari kalian semua yang belum tahu bahwa asal mula dari alat musik ini sebenarnya dari daerah Jawa Timur. Namun seiring berjalannya waktu, alat musik ini langsung menyebar sampai ke daerah Melayu dan sekitarnya.

Bentuk dari alat musik ini hampir sama dengan gitar pada umumnya, namun ada perbedaan yang menonjol pada bagian belakangnya yang bentuknya mirip dengan buah labu yang dibagi dua.

Salah satu fungsi dari alat musik gambus ini adalah untuk mengiringi tarian Zapin. Namun selain itu alat musik gambus ini juga sering digunakan sebagai pengiring musik yang bernuansa islami.

Gambus juga biasanya ada yang dimainkan oleh satu orang atau kelompok, tapi ada juga yang memainkannya dengan cara bersamaan dengan alat musik band.

8. Alat Musik Petik hasapi

alat musik petik hasapi
source: auction.catawiki.com

 

Jika anda lihat alat musik ini dari bentuknya memang mirip sekali dengan alat musik kecapi pada umumnya, bahkan ada banyak orang yang sampai salah menyebutkan yaitu dengan nama kecapi karena bentuknya yang sangat mirip.

Hasapi adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Batak Toba. Hasapi ini di bedakan menjadi 2 tipe yaitu hasapi doal dan hasapi ended.

Hasapi juga sering di gunakan saat acara-cara penting seperti acara pernikahan, dan hasapi juga disebut juga sebagai alat musik ritmis, karena tidak memakai tangga nada.

Bahan utama dari pembuatan alat musik hasapi ini dari kayu ijor. Dan salah satu yang unik dari alat musik ini pada bagian badan hasapi yang dipenuhi dengan ukiran sebagai hiasannya sendiri.

9. Alat Musik Petik Sampek

alat musik petik sampek
source: artikelmateri.com

 

Sampek adalah alat musik tradisional dari Indonesia, lebih tepat nya dari suku Dayak dan cara memainkannya juga dipetik.

Sampek hanya terbuat dari kayu saja, akan tetapi kayu yang digunakan bukanlah kayu yang sembarangan, akan tetapi kayu yang digunakan adalah kayu Ulin dan Kapur.

Sampek sering digunakan ketika saat ada acara adat dan beberapa tarian adat khas suku Dayak. Dan senar yang digunakan pada sampek ini ada 3 sampai 6 senar saja.

Senar yang digunakannya juga terbuat dari serat pohon Enau, namun seiring berjalannya waktu senar yang digunakan kini terbuat dari kawat kecil.

Alat musik ini juga memiliki keunikannya sendiri, yaitu pada bagian ujungnya terdapat semacam hiasan atau ukiran ciri khas ari suku dayak yaitu kepala burung elang. Dan alat musik ini biasanya mainkan saat ada acara adat seperti ritual hasil panen.

Fungsi dari alat musik ini yaitu sebagai pengiring pada tarian daerah yang di tampilkan  di tengah-tengah acara. Dan sampek ini dapat dimainkan dari satu orang atau kelompok.

10. Alat Musik Petik Siter

alat musik siter
source: kamerabudaya.com

 

Nama Siter memang hampir sama dengan Sitar. Akan tetapi alat Musik asli dari Indonesia yaitu Jawa Tengah ini sangat banyak dimainkan pada beberapa pertunjukan seni musik di beberapa daerah.

Dengan bentuk ruang penggema suaranya yaitu trapesium dan pada bagian atas terdapat bentangan dawai kawat yang lumayan panjang. Dan biasanya alat musik ini memiliki kesamaan dengan kecapi, akan tetapi yang membedakan dari kedua alat musik ini yaitu dari cara memainkannya.

11. Alat Musik Petik Celempung

alat musik petik celempung
source: alatmusiksiter.wordpress.com

 

Celempung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat, dan sampai sekarang masih banyak dimainkan oleh orang Sunda pada beberapa pertunjukan seni. Dan cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik.

Fungsi dari alat musik ini adalah sebagai instrumen pelengkap musik gamelan daerah. Dan alat musik ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu penyetelan senarnya adalah nada prelog dan bernada slendro pada senar yang lain.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai alat musik petik beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi mengenai alat-alat musik yang ada di dunia ini terutama alat musik yang ada di Indonesia. Terimakasih.

Leave a Comment