Cara Mudah Burning CD / DVD  (Tanpa Software dan Dengan Software)

CD adalah singkatan dari Compact Disc. CD ini sendiri merupakan sebuah cakram padat yang bisa digunakan sebagai memutar media, seperti lagu, dan video.kalian juga bisa burning file ke dalam CD ini, dengan cara burning CD tanpa software atau bahkan dengan menggunakan software sekalipun.

CD ini juga memiliki fungsi lain seperti untuk menyimpan data. Baik itu data file, audio, dan video. Asalkan data tersebut cukup dimasukkan ke dalam CD tersebut.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang cara membuat file ISO dengan mudah. nah sekarang saya akan membahas tentang cara burning CD dengan mudah. Untuk lebih lanjutnya saya akan memberi tahu kepada kalian semua bagaimana cara burning CD / DVD dengan mudah baik itu menggunakan software atau tanpa software sekalipun.

Penjelasan Mengenai Burning CD

CD-R dan CD-RW
sumber: danperbedaan.blogspot.com

CD pertama kali diperkenalkan secara resmi yaitu pada tahun 1982, lalu CD di produksi bahkan hingga mencapai 2,4 juta keping di tahun 2000.  CD ini emang memiliki kualitas audio yang lebih baik dibandingkan dengan pita kaset.

Selain itu, kapasitas CD juga lebih besar dibanding dengan pita kaset. Dengan bentuk yang ringan dan juga simpel. Sehingga mudah untuk di bawa ke mana saja kalian mau.

CD ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu CD-R dan CD-RW.

Perbedaan kedua CD ini adalah:

  • CD-R (compact disk recordable) memiliki sifat penympanan write once read many (WORM), dan penggunaan hanya satu kali saja.
  • Sedangkan CD-RW (compact disk recordable and rewriteable) memiliki sifat penyimpanan yang tidak bersifat write once read many (WORM) atau bisa di pakai berkalali-kali.

Nah, itulah perbedaan antara kedua jenis CD, sekarang kita masuk ke cara burning CD tanpa software, dan berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Burning CD Tanpa Software

cara burning dengan mudahBurning merupakan suatu proses transfer file dari PC ke CD, jadi burning itu bukan membakar sesuatu yang bikin merugikan orang ya!.

Burning ini sendiri adalah sebuah proses mematenkan media pada CD, agar media pada CD tersebut sudah fix. Seperti contoh ada file dengan sie 150 MB, lalu kita burning file tersebut ke dalam CD. Setelah selesai maka CD tersebut sudah tidak bisa diisi file lagi.

Nah, jika kalian masih bingung, berikut adalah cara sederhana untuk burning CD tanpa software. Nah untuk cara kali ini yaitu menggunakan CD yang jenis CD-RW, berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama

Kalian buka file explorer dan pastikan di sana ada DVD RW drive, dan itu cukup untuk membuktikan kalau di PC kalian sudah terdapat ruang atau slot untuk CD/DVD. Kemudian klik saja dua kali, maka slot CD akan keluar dengan sendirinya.

Kedua,

Kemudian, nanti akan muncul pemberitahuan untuk memasukkan CD ke dalam slot. Lalu kalian masukan CD tersebut secara tepat agar bisa berjalan dengan lancar.

Ketiga,

Setelah itu nanti akan muncul pilihan seperti ini jika CD kalian baru atau masih kosong.

  • Disk title: bisa kalian isi sesuai kebutuhan, seperti diberi judul sesui isinya nanti.
  • Like a USB Flash Drive: pilihan untuk menjadikan CD seperti flash drive atau flash disc.
  • With a CD/DVD player: pilihan ini, jika kita ingin melakukan burning pada CD. Disana dijelaskan bahwa folder dan file yang sudah selesai di burning tidak bisa di edit atau di hapus.

Keempat

Nanti akan muncul drive kosong

Kelima

kalau langkah yang satu ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing saja. Siapkan semua file yang ingin di burning pada CD. Lalu copy paste pada drive CD yang kosong tadi. Dan pastikan file tersebut tidak melebihi batas maksimal ruang CD.

Keenam

Kalian klik kanan saja di mana saja, nanti pilih ‘burn to dics’.

Ketujuh

Persiapan sebelum burning, jadi pas di klik maka proses burning akan berjalan sampai. Pastikan lagi semua data sudah siap, apabila sudah siap klik next aja.

Delapan

Proses burning sudah berjalan, maka estimasi waktu sesuai dengan ukuran file yang di burning. Kalian tunggu sampai proses selesai.

Sembilan

Proses burnin sudah selesai pada CD, lalu klik finish untuk mengakhirinya.

Nah, itulah proses burning di Wndows 10 tanpa menggunakan software, bagaimana mudah kan?

Cara Burning CD dengan Menggunakan NERO

Ada juga cara burning yang menggunakan software tambahan yang bernama Nero ini. Tentunya di antara kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Ya Nero ini sangat populer di kalangan para bakar membakar CD.

Bagi kalian yang belum punya software nya bisa kalian download terlebih dahulu di google.com. jika sudah selesai mendownload atau kalian sudah punya sekarang kita mulai proses burning CD dengan Nero Burning ROM 2019.

Pertama

Siapkan CD dan juga masukkan ke dalam slot pada PC, lalu pastikan CD tersebut belum pernah di burning, sehingga masih benar-benar kosong.

Kedua

Lalu kita buka software Nero Burning ROM, yang tampilannya seperti ini.

Ketiga

Klik file ‘new’ dan nanti akan muncul form windows, lalu ikuti pengaturan seperti di bawah ini. Dimana kita akan burning file pada CD-ROM (UDF), kemudian klik New untuk melanjutkan.

Nanti disana terdapat beberapa kategori lain yang bisa kalian gunakan. Ada audio CD, CD extra, Mixed Mode CD, dan masih banyak lagi. Bahkan ada pilihan CD-ROM (Boot) dimana itu biasanya digunakan untuk burning sistem operasi Windows.

Keempat

Jika sudah klik tombol new, maka tampilannya akan seperti di bawah ini, mungkin akan sedikit membingungkan bagi yang pertama kali menggunakan Nero ini.

Nanti di sana ada dua windows, antara lain disc content yang digunakan untuk melakukan proses burning, dan file browser adalah windows untuk mencari file yang akan kita burning.

Kelima

Drag and drop, coba perhatikan juga GIF di bawah ini untuk lebih mudah memahaminya.

Keenam

Jika file sudah siap  semua dan sudah berada di CD, maka sudah hampir siap untuk melakukan burning. Kemudian kalian klik burn seperti yang ada d gambar.

Ketujuh

Nanti akan muncul form windows terakhir untuk pengaturan sebelum burning. Secara default, software Nero ini memberikan pengaturan seperti di bawah ini. Dan jika sudah yakin, lalu klik burn.

Kedelapan

Maka proses burning sudah berjalan. Kalian tinggal tunggu sampai selesai. Maka file akan berhasil di burning ke CD.

Dan jika sudah muncul windows seperti di bawah ini, itu berarti proses burning sudah selesai dan berhasil.

Nah, itulah cara burnng CD/DVD dengan mudah dan praktis. Semoga dengan adanya artikel ini bisa mempermudah kalian dalam mengerjakan sesuatu. Baik itu melakukan burning file ataupun yang lainnya.

Semoga bisa bermanfaat dan juga bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi, dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di situs dinabas.com ini, terimakasih.

Leave a Reply

Close Menu