Cara Membuat File ISO Menggunakan Winrar PowerISO dan UltraISO

cara membuat file isoJika kalian sebagai pengguna komputer pasti sudah kenal dengan istilah file ISO. Banyak orang yang masih bingung dengan cara membuat file ISO itu sendiri. Nah untuk memudahkan kalian saat akan melakukan burning atau menyimpan secara permanen kedalam penyimpanan dalam bentuk CD / DVD.

ISO (International Organization of Standardzation) merupakan salah satu jenis file arsip yang dibuat sebagai penyimpanan sementara sebelum file tersebut disimpan dalam bentuk media berbentuk CD ataupun DVD.

Nah, untuk itu saya akan memberikan cara bagaimana membuat file iso dengan mudah menggunakan beberapa software seperti Winrar, Power ISO dan juga UltraISO. Dan berikut adalah penjelasannya.

Cara Membuat File ISO Menggunakan Winrar

Cara Membuat File ISO Menggunakan Winrar
sumber: mysoftwarefree.com

Softare Winrar ini pada umumnya sering digunakan untuk mengubah file ke dalam bentuk rar bahkan sebaliknya.

Software ini juga banyak digunakan karena mempunyai fungsi yang penting bagi penggunanya. Salah satu fungsi utama adalah untuk memproses file menjadi satu dalam bentuk .rar atau .zip.

Bukan hanya itu saja, saat memproses file kedalam bentuk .rar, file akan dipindahkan sebesar 40%. Contoh, file yang awalnya memiliki ukuran 10MB saat di kompres dengan Winrar ini akan berubah ukurannya menjadi 6MB.

Bahkan tidak hanya file yang berbentuk .rar saja, software ini juga bisa kita gunakan untuk membuat file ISO lho. Untuk cara membuat file ISO dengan Winrar ini sendiri juga sangat mudah dan juga cepat, dan berikut adalah cara membuatnya:

Download dan Instal Winrar Pada Komputer

Biasanya pada setiap laptop pasti sudah memiliki software Winrar didalamnya. Kenapa begitu? Karena Winrar ini mempunyai fungsi yang sangat penting.

Tapi, jika komputer kalian belum ada Winrar, kalian bisa download dulu software tersebut dengan mudah di google.

Pilih File yang Akan Diubah Mnjadi ISO

Nah, jika kalian sudah mendownloadnya, langkah berikutnya adalah cara membuat file ISO menggunakan Winrar. Kalian pilih file yang akan di ubah. Kalau bisa letakkan file tersebut dalam satu folder.

Jika emang ada lebih dari 1 file yang akan di ubah menjadi file ISO, sebaiknya semua file tersebut disatukan dalam satu buah folder.

Tambahkan Ke Arsip

Jika sudah membuat satu folder khusus bersisi semua file yang akan di buat menjadi ISO, langkah berikutnya adalah menambahkan folder yang tadi ke dalam arsip.

Cara untuk menambahkan folder tersebut menjadi arsip juga mudah, kalian tinggal klik kanan pada folder yang baru dibuat tadi. Jika sudah, nanti akan muncul berbagai menu setelah anda klik kanan.

Nah, diantara menu tersebut kalian juga akan melihat pilihan-pilihan menu yang berkaitan dengan format file yang berbentuk .rar. jangan memilih menu tersebut. Tapi yang harus kalian pilih adalah opsi ‘tambah ke arsip’ atau ‘add to archieve

Ubah Ekstensi Menjadi .iso

Tinggal langkah terakhir yaitu, kalian akan langsung dialihkan pada tampilan jendela penyimpanan.

Lalu pada menu ‘general’ atau ‘umum’ akan ada kolom ‘archieve name’ atau ‘nama arsip’. Pada kolom tersebut juga kalian harus mengubah ekstensi file yang awalnya .rar menjadi .iso. Kalian tinggal ubah bagian belakangnya saja, setelah itu klik OK di bagian bawah tampilan jendela.

Maka proses membuat file ISO dengan Winrar pun selesai. Kalian tinggal menunggu proses penyimpanan tersebut selesai.

Cara Membuat File ISO Menggunakan PowerISO

Cara Membuat File ISO Menggunakan PowerISO
sumber: youtube.com

Bukan hanya Winrar saja yang bisa membuat file ISO ini, akan tetapi PowerISO juga bisa membuatnya. Banyak sekali pengguna komputer yang suka menggunakan sofware ini, karena mudah dan simple. Dan berikut adalah cara membuat file ISO dengan PowerISO :

  • Pertama instal terlebih dahulu software PowerISO. Jika kalian belum memilikinya, kalian bisa mendownloadnya. Cara instal software ini juga terbilang mudah, kalian cukup ikuti langkah-langkah yang ada.
  • Jika sudah, buka PowerISO
  • Pada PowerISO ini pilih ‘New’, setelah itu akan muncul beberapa pilihan, lalu klik data CD/DVD.
  • Kemudian cari menu add, lalu klik add untuk menambahkan data yang kalian ingin jadikan file ISO.
  • Lalu pilih folder dan file yang mengandung data untuk kalian jadikan file ISO, kemudian klik add
  • Nah, kalian akan masuk lagi di PowerISO dan secara otomatis semua file yang kalian pilih di tambahkan.
  • Langkah berikutnya yaitu memiliki size disk. Disini kalian harus memilih media penyimpanan untuk file ISO kalian sesuai dengan ukuran file media tersebut. Lalu pilih sesuai dengan media penyimpanan kalian pada pojok kanan bawah aplikasi.
  • Lalu kalian pilih save.
  • Setelah itu nanti kalian akan di hadapkan lagi beberapa pilihan pada direktori penyimpanan file. Nah, kalian tentukan letaknya dimana untuk menyimpan file tersebut. Pastikan kalian memberi nama dan memilih tipe file penyimpanan (standard ISO Images .iso). klik save.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah selesai kalian akan secara langsung di arahkan pada folder penyimpanan file ISO yang sudah jadi tersebut.

Cara Membuat File ISO menggunakan UltraISO

Cara Membuat File ISO menggunakan UltraISO
sumber: tokopedia.com

Selain menggunakan winrar dan powerISO, ternyata ultraISO juga bisa membuat file ISO lho. Software ini tentunya mudah dijalankan dan proses pembuatan filenya pun cukup mudah.

Software ini bahkan tidak hanya digunakan untuk membuat ISO saja, bahkan bisa juga digunakan untuk membuka file berbentuk ISO sampai melakukan burning file dalam format ISO ke dalam CD atau DVD. Dan berikut adalah cara membuatnya.

Download dan Buka Software UltraISO

Sebelum kalian membuat file ISO dengan menggunakan UltraISO ini, pertama pastikan dulu bahwa kalian sudah mempunyai Software tersebut. Atau kalian bisa mengodownloadnya di google.com

Apabila sudah punya, kalian tinggal buka UltraISO. Saat membuat UltraISO tersebut, kalian akan mendapatkan tampilan utama pada UltraISO yang terdiri dari beberapa kolom.

Masukan Data Yang Akan Dijadikan File ISO

Nah, langkah berikutnya yaitu kalian masukkan data atau file apa saja yang ingin dibuat menjadi file ISO. Untuk menambahkan file yang akan di ubah menjadi ISO, kalian bisa mencarinya pada kolom yang berada di bagian bawah.

Jika kalian akan membuat lebih dari 1 file, masukkan semua ke dalam kolom yang ada.

Pilih File Kemudian Masukkan Ke Dalam Kolom Bagian Atas

Apabila kalian sudah memasukkan file tersebut, maka langkah berikutnya adalah memindahkan file yang tadi ke kolom atas. Kalian bisa bisa memindahkannya dengan cara drag file tersebut ke arah atas.

Jika filenya lebih dari 1, blok terlebih dahulu semua file nya lalu klik kanan dan pilih ‘add’. Atau bisa juga dengan blok semua file tersebut kemudian drag ke kolom yang di sediakan tepat di atasnya.

Klik Save As Lalu Pilih Folder Tujuan

Nah, langkah terakhir cara membuat file ISO menggunakan UltraISO yaitu menyimpan file yang akan dibuat menjadi ISO tersebut.

Caranya adalah kalian cukup klik pada menu ‘save as’ yang berlambang disket pada bagian atas. Kemudian, nanti akan ada tampilan jendela untuk memilih di folder mana kalian akan menyimpan file tersebut, lalu pilih foldernya.

Setelah itu kalian jangan lupa untuk memastikan format atau ekstensi file sudah berupa .iso.

Klik Save Dan Tunggu Proses Penyimpanan Selesai.

Finishing, jika sudah memilih lokasi penyimpanan dan memeriksa kembali format penyimpanan dalam bentuk .iso, maka kalian tinggal klik tombol ‘save’ saja lalu tunggu samapi proses penyimpatan selesai.

Nah, itulah penjelasan tentang cara membuat file ISO dengan mudah menggunakan beberapa software. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberkan manfaat dan juga wawasan yang lebih luas lagi.

Jangan lupa untuk baca artikel lain di dinabas.com tentunya banyak pembahasan yang sangat bermanfaat bagi kalian semua.

 

Leave a Reply

Close Menu