13+ Jenis Burung Jalak : Warna, Ciri Fisik, Gambar, Dan Penjelasannya

Pada dasarnya burung jalak di Indonesia memiliki jenis yang beragam. Dan burung jalak ini habitatnya bukan hanya di Indonesia saja.

Ada juga beberapa macam burung jalak yang banyak diminati oleh para pecinta burung, khususnya para pecinta burung yang suka ikut dalam perlombaan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pelajaran kepada anda semua mengenai jenis burung jalak. Dan berikut penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Mengenai Burung Jalak

jenis burung jalak

Apakah disini masih ada yang belum tahu burung jalak? Jika ada saya akan memberi tahu kepada anda bahwa burung jalak ini merupakan burung yang populer karena kicauannya yang terbilang meru.

Kepopuleran dan ketenaran burung jalak ini tidak hanya di Indonesia saja, akan tetapi bisa sampai ke negara lain juga bahkan sampai seluruh dunia.

Burung jalak ini juga memiliki jenis yang bermacam-macam, seperti burung jalak khas Indonesia dan beberapa negara lainnya seperti Cina dan juga Malaysia.

Burung jalak ini kalau dalam bahasa Inggris suka di sebut dengan nama Starling, karena merupakan sekelompok burung kicau yang berasal dari suku Sturnidae.

Untuk ukuran tubuh burung jalak ini rata-rata memiliki ukuran tubuh sekitar 20-25cm. Dengan bentuk tubuh yang terlihat gagah dan juga memiliki paruh tajam, kuat dan juga lurus.

Nah, burung jalak ini sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis, dan berikut adalah jenis-jenis burung jalak yang ada di seluruh manca negara.

1. Jalak Putih ( Acridotheres Melanopterus )

jalak putih
source: hargaburung.id

 

Burung Jalak putih atau sering di sebut oleh orang sunda dengan nama jalak bodas memiliki nama latin Acridotheres Melanopterus.

Habitat burung jalak putih ini yaitu di dataran rendah di daerah pulau Jawa, burung ini juga pada umumnya bisa kita temukan di hutan-hutan dataran rendah.

Untuk ciri-ciri dari burung jalak putih ini, dia memiliki paruh yang berwarna kuning, mata hitam diliputi kacamata yang berwarna putih, dan tubuh yang didominasi oleh warna putih dengan kombinasi hitam pada bagian sayap dan ekor.

Burung ini juga memiliki kicauan yang sangat merdu, dan banyak yang menyukai burung jenis jalak putih ini.

2. Jalak Suren ( Sturnus Contra )

jalak suren
source: jalaksuren.net

 

Jenis burung jalak suren atau jalak uren ini memiliki nama latin Sturnus Contra. Burung jalak suren ini adalah burung yang habitatnya di dataran rendah, dan burung ini bisa kita temukan di sekitar lembah.

Untuk ciri-ciri dari burung jalak ini, dia memiliki tubuh 24cm, memiliki warna hitam dan putih, mempunyai warna di antara garis sayap.

Bukan itu saja, jalak suren juga memiliki paruh panjang yang berwarna kuning dan orange, bola mata yang warna hitam, dan terdapat seperti kacamata yang warnanya orange dan menyatu sampai paruh.

Jalak suren ini suaranya sangat nyaring dan merdu, tak heran kalau burung jalak suren sangat digemari oleh para pecinta burung.

3. Jalak Bali ( Leucopsar rothschildi )

jalak bali
source: beritagar.id

 

Burung jalak bali memiiiki nama latin Leucopsar rothschildi, dan burung ini juga burung jalak asli Indonesia yang berhabitat di pulau Bali.

Burung jalak bali ini memiliki kelebihan, yaitu burung ini bisa menari sambil berkicau, tapi bukan hanya itu saja, burung ini juga memiliki bentuk tubuh yang ramping dan bulu yang halus.

Ciri-ciri dari burung jalak Bali ini terlihat pada bagian paruh yang mempunyai warna hitam ke abu-abuan, memiliki mata yang hitam dan kacamata warna biru tua, lalu bagian tubuh burung ini diliputi bulu halus yang berwarna putih.

Baca juga: Jenis Burung Klibri

4. Jalak Kerbau ( Acridotheres Javanicus )

jalak kerbau
source: burungbabe.com

 

Burung jalak jenis yang satu ini memiliki banyak sekali panggilan, seperti jalak kebo, jalak penyu, atau jalak hitam.

Burung jalak ini juga memiliki nama latin Acridotheres Javanicus. Dan burung jalak ini memiliki tampilan sangar.

Untuk habitat dari burung jalak ini yaitu mereka hidup di daerah dataran rendah. Dan burung ini juga sering berada di punggung kerbau, jadi burung jalak ini diberi nama jalak kerbau.

Ciri-ciri burung jalak ini yaitu memiliki tubuh hitam dan abu-abu, paruh dan kaki yang berwarna kuning tua, corak mata yang sangat tajam dan juga berwarna hitam,memiliki kacamata warna putih.

5. Jalak Nias ( Acridotheres tristis )

jalak nias
source: SentraBudidaya.com

 

Burung jalak nias berhabitat dan berpopulasi di daerah Asia Tenggara, Amerika, dan Afrika, dan habitat burung ini hidup diketinggian 3.000mdpl. Burung ini juga memiliki nama latin Acridotheres tristis.

Untuk ciri-ciri burung ini yaitu mempunyai warna yang didominasi dengan warna coklat, ada juga warna hitam di sekitar bagian kepalanya. Dengan paruh dan kaki yang berwarna kuning tua, dan tatapan mata yang tajam berwarna hitam berkacamata kuning.

6. Jalak Eropa ( Sturnus Vulgaris )

jalak-eropaBurung jalak jenis yang satu ini sering disebut dengan bahasa Inggris European Starling, dan burung jalak ini juga memiliki nama latin Sturnus Vulgaris.

Burung jalak yang satu ini sangat pintar, bisa meniru berbagai macam suara burung sehingga kicau burung ini sangat bervariasi.

Untuk habitat dari burung jalak Eropa ini bisa kita jumpai di Negara Eropa, dan wilayah Asia Barat. Burung jalak eropa ini juga semakin tersebar luas ke daerah Selandia Baru, Australia, Afrika, Argentina, dan juga Amerika Utara.

Namun burung jalak ini sering di anggap sebagai hama, karena banyak merusak lahan perkebunan pada petani.

Ciri-ciri dari burung jalak ini adalah memiliki panjang tubuh sekitar 20cm, bulu hitam mengkilap disertai bintik putih, paruh berwarna hitam tapi bisa berubah jika ada perubahan musim menjadi warna kuning.

Suara burung jalak ini juga sangar bervariasi dan memiliki mata yang tajam yang berwarna hitam.

7. Jalak Sutra ( Sturnus Sturninus )

jalak sutra
source: superkicau.com

 

Burung Jalak jenis sutra ini memiliki nama latin Sturnus sturninus, burung ini juga berhabitat tidak menetap, karena sering kali bermigrasi dari Negara Cina, kaki gunung Himalaya dan Siberia menuju Indonesia pada bulan maret.

Untuk ciri-ciri burung jalak ini yaitu memiliki warna abu-abu pada bagian kepala dan sekitar dadanya, bagian punggung , ekor, dan sayap warna hitam, dan memiliki sedikit warna putih, paruh dan mata warna hitam.

8. Jalak Rio ( Scissirostrum dubium )

jalak rio

Burung jalak rio ini memiliki nama panggilan yang lumayan banyak seperti jalak rio-rio dan jalak tunggir merah.

Burung jalak ini juga memiliki nama latin Scissirostrum dubium. Burung jalak ini merupakan burung endemik dar Sulawesi. Namun sekarang keberadaan burung jalak rio ini sering kita temukan di wilayah gunung Dubbs Balik Papan, dan daerah Subang.

Untuk ciri-ciri burung jalak ini memiliki paruh yang berwarna kuning tua, memiliki warna kombinasi abu-abu dan hitam, ekor berwarna bercak merah dan di panggil sebagai jalak tunggir merah.

Baca Juga: Jenis Burung Kenari

9. Jalak Mawar ( Pastor Roseus )

jalak mawar
source: omkicau.com

 

Jalak mawar atau disebut juga dengan Rosy Starling, dan burung ini memiliki nama latin Pastor Roseus, serta burung ini memiliki suara kicau yang sangat merdu dan indah.

Untuk habitat dari burung jalak ini bisa kita temukan di pegunungan yang ada di wilayah Indonesia.

Jalak mawar ini juga merupakan salah satu jenis burung migrasi dan tersebar di wilayah Tiongkok, Ukraina, Turki, dan juga Iran.

Ciri-ciri burung jalak mawar ini mempunyai jambul, leher kepala sayap, tunggir, ekor berwarna hitam. Paruh yang pendek dengan warna merah muda, dan bisa berubah menjadi warna coklat saat musim dingin, warna mata hitam yang pekat.

10. Jalak Brahmana ( Brahminy Starling )

jalak brahmana
source: jalaksuren.net

 

Burung jalak brahmana ini memiliki habitat asli di kawasan hutan kering, perkebunan, dan kawasan candi, kuil, yang ada di wilayah Asia Selatan.

Burung ini juga memiliki nama latin Brahminy Starling. Dan burung ini juga sering disebut sebagai burung jalak pagoda, karena selalu ada di kawasan candi.

Untuk ciri-ciri burung jalak brahmana ini yaitu memiliki kicauan yang merdu, warna kepala hitam, tubuh berwarna coklat muda dan sayap berwarna coklat ke abu-abuan. Dengan mata yang hitam dan kacamata putih, kuning, dan hitam.

11. Jalak Thailand ( Sturnus Nigricollis )

jalak thailand
source: Caraputu.com

 

Jalak Thailand atau sering disebut juga jalak hongkong ini memiliki nama lain Sturnus Nigricollis. Dan habitat asli burung jalak ini   yaitu dia menyukai hutan kering yang tropis, atau hutan kering yang subtropis.

Burung jalak jenis ini bisa kita temukan di wilayah Brunei, Kamboja, Cina, Laos, Myanmar,Thailand, dan juga Vietnam.

Untuk ciri-ciri burung jalak jenis Thailand ini yaitu memiliki warna putih pada tubuh serta kombinasi warna hitam, paruh yang berwarna hitam, mata hitam disertai warna kuning di sekitar kacamatannya.

12. Jalak Filipina ( Agropsar Philippensis )

jalak filiipina
source: timkicau.com

 

Jenis burung jalak filipina ini sebenarnya memiliki nama asli Komukudori, dan juga memiliki nama latin Agropsar Philippensis.

Habitat asli dari burung jalak ini yaitu di Negara Jepang, tapi burung jalak ini juga selalu bermigrasi ke wilayah Filipina dan juga Indonesia.

Untuk ciri-ciri burung jalak ini yaitu memiliki panjang tubuh 18cm, tubuh bagian atas berwarna ungu gelap, sayap berwarna putih, ekor berwarna hitam, ada bercak coklat pada pipinya, serta mata hitam dan paruh hitam.

Burung jalak ini juga memiliki kicauan yang bervariasi, sehingga burung ini banyak sekali peminatnya.

Baca Juga: Jenis Burung Lovebird

13. Jalak Afrika ( Lamprotornis Superbus )

jalak afrika
source: omkicau.com

 

Burung Jalak Afrika atau dikenal juga dengan sebutan Superb Starling, dan burung ini juga memiliki nama latin Lamprotornis Superbus.

Burung jalak ini mempunyai kicauan yang hampir mirip dengan kicauan jalak Hongkong, dan juga jalak suren.

Untuk habitat asli jalak Afrika ini sudah pasti berasal dari Afrika, tepat nya Afrika Timur, seperti Somalia, Uganda, Ethiopia, Kenya, Dan juga Tanzania.

Ciri-ciri dari burung ini adalah memiliki warna yang cukup unik dengan tubuh berwarna biru mengkilap, bagian bawah warna coklat, mata yang memiliki warna dominan putih dan sedikit titik hitam, dengan paruh warna hitam.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai jenis burung jalak. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan edukasi untuk anda semua mengenai jenis-jenis burung pada umumnya.

Semoga bisa bermanfaat dan juga memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Close Menu