Jenis Jenis Tanah Lengkap Beserta Karakteristik dan Penyebarannya

Kalian pasti tahu tanah kan? Tanah adalah suatu lapisan paling atas di muka bumi ini. Tanah ini juga sangat penting bagi elemen kehidupan manusia, karena manusia selalu beraktivitas di atas tanah, seperti berjalan dan lain-lain. Dan di bumi ini terdapat beberapa jenis jenis tanah yang memiliki persebaran dan ciri-ciri masing-masing.

karakteristik dan jenis tanah di suatu wilayah dengan wilayah yang lainnya tidak akan sama, dan tentunya pasti akan bergantung pada komponen yang terdapat di wilayah itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya saya kali ini akan membahas jenis-jenis tanah lengkap dengan penjelasannya.

Pengertian Jenis Jenis Tanah

jenis-jenis tanahSeperti yang sudah katakan di atas tanah ini merupakan salah satu elemen paling penting bagi makhluk hidup yang ada di bumi.

Tanah yang terbentuk dari bebatuan ini mengalami pelapukan. Proses pelapukan tersebut terjadi dalam waktu yang sangat lama bahkan sampai memakan waktu ratusan tahun.

Proses pelapukan tersebut juga di bantu dengan beberapa mikroorganisme seperti perubahan suhu dan juga air.

Nah, pada dasarnya jenis jenis tanah yang ada di bumi ini memiliki perbedaan antara wilayah satu dengan wilayah lainnya tergantung pada lingkungan di daerah itu sendiri. Dan berikut adalah daftar jenis jenis tanah yang ada di bumi :

1. Tanah Liat

Tanah Liat

Tanah liat adalah merupakan tanah dari hasil campuran antara alumunium dengan silikat yang memiliki diameter 4 mikro meter ke bawah.

Pembentukan tanah ini terjadi karena adanya proses pelapukan pada batuan silika yang dikerjakan oleh asam karbonan dan beberapa di antaranya adalah hasil dari aktivitas dalam bumi ini.

  • Penyebaran tanah

Tanah liat ini memiliki persebaran yang benar-benar merata di semua penjuru daerah di Indonesia, tapi ada salah satu yang membedakannya dengan tanah lain, yaitu tingkat kedalaman tanah tersebut.

  • Karakteristik tanah liat

karakteristik dari tanah ini adalah warna abu-abu pekat atau sedikit ke warna hitam, dan ada di bagian luar atau permukaan dalam tanah

2. Tanah Podsol

Tanah PodsolTanah podsol merupakan salah satu jenis tanah hasil dari gabungan beberapa campuran tekstur dari bebatuan kecil sampai pasir.

  • Penyebaran tanah

Untuk jenis tanah yang satu ini tersebar di beberapa pulau di Indonesia seperti Papua, Sulawesi Utara, dan juga beberapa daerah lainnya yang jarang kering atau selalu basah.

  • Karakteristik tanah podsol

karakteristik dari tanah ini adalah tanah podsol tidak memiliki perkembangan profil, warnanya kuning sampai kuning keabuan, dan juga memiliki tekstur pasir sampai lempung.

Tanah ini memiliki kandungan organik yang sangat rendah, karena terbentuk ari curah hujan yang tinggi namun suhunya rendah.

3. Tanah Podsolik Merah Kuning

Tanah Podsolik Merah KuningJenis tanah ini merupakan jenis tanah yang sangat mudah untuk di temukan di seluruh wilayah Indonesia, karena tanah ini memiliki persebaran yang hampir sama rata.

  • PenyebaranTanah

Untuk penyebaran tanah ini bisa kita temukan di daerah  seperti di Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Jawa  terutama daerah Jawa Barat

  • Karakteristik tanah podsolik merah kuning

Terdapat warna kuning sampai merah pada tanah ini, bahkan mengandung organik dan juga mineral  akan merasa gampang jika mengalami pencucian dari air hujan.

Hal tersebut supaya tanah jadi subur, dan perlu melakukan penanaman tanaman yang mendistribusikan suatu zat organik bagi kesuburan tanah ataupun pupuk. Baik itu hayati atau hewani

4. Tanah Pasir

Tanah PasirTanah ini merupakan tanah hasil pelapukan dari batuan pasir, dan itulah kenapa tanah ini di sebut tanah pasir.

Tanah ini juga bisanya terdapat di daerah seperti pantai dan juga daerah kepaluan.

  • Penyebaran tanah

Untuk penyebaran tanah pasir ini yaitu tersebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, tapi yang lebih dominan di temukan nya tanah ini yaitu daerah pesisir pantai.

  • Karakteristik tanah pasir

Tanah pasir memiliki tekstur yang lemah jika didalam tanah tersebut tidak ada kandungan air dan mineral.

5. Tanah Padas

Tanah PadasTanah padas ini sebenarnya tidak bisa di bilang juga sebagai tanah loh, karena tanah ini sangat keras dan hampir mirip seperti batuan.

  • Penyebaran tanah

Untuk persebaran dari tanah hampir merata tersebar di seluruh wilayah Indonesia

  • Karakteristik tanah padas

Ciri dari tanah ini yaitu tanah padas tidak memiliki kandungan air, karena sifatnya yang padat sekali bahkan tidak terdapat air didalamnya.

Rendah akan kandungan unsur hara nya dan juga mengandung organik yang sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada. Dan tanah ini tidak di anjurkan untuk digunakan sebagai media pertumbuhan tanaman.

6. Tanah Oxisol

Tanah OxisolTanah Oxisol merupakan jenis tanah yang tinggi akan kandungan zat besi dan alumunium oksida. Tanah ini juga hampir tersebar di seluruh penjuru Indonesia apalagi wilayah yang memiliki iklim tropis.

  • Penyebaran tanah

Untuk persebaran dari jenis tanah oxisol ini tersebar di daerah yang memiliki iklim tropis dan tanah ini sangat pas apabila di pakai untuk perkebunan subsisten seperti tebu, pisang, nanas, dan  tanaman lainnya.

  • Karakteristik tanah oxisol

Tanah oxisol ini memiliki beberapa ciri-ciri seperti, adanya solum yang dangkal, juga memiliki ketebalan yang minim sekitar 1 meter.

Tanah ini juga memiliki warna kuning dan merah, serta memiliki tekstur yang bersifat halus seperti tanah liat.

7. Tanah Organosol

Tanah OrganosolTanah ini merupakan jenis tanah yang terbentuk dari benda-benda organik seperti tanaman, rawa, dan juga gambut. Tanah ini bisa kita temukan di tempat-tempat yang sering terguyur hujan dan memiliki iklim yang basah.

  • Penyebaran tanah

Tanah organosol ini tersebar di beberapa daerah yang dekat dengan laut dan sebagian lagi tersebar di semua pulau yang ada di Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, Jawa dan juga Papua.

  • Karakteristik tanah organosol

Karakteristik dari tanah tersebut adalah tanah ini memiliki ketebalan kurang lebih 0,5 mm, dan memiliki diferensiasi horizon yang jelas.

Terdapat kandungan organik sebesar 30%, pasir 20% dan tekstur yang bersifat lempung pada tanah ini.

Sedangkan kandungan yang terdapat dalam unsur hara nya sedikit dan tingkat kelembapan rendah sekitar (PH 0,4).

8. Tanah Mergel

Tanah MergelJika kita lihat dengan seksama jenis tanah ini ternyata memiliki kesamaan dengan tanah kapur. Persamaanya sendiri terdapat pada warna tanahnya yang memiliki warna putih yang sama dan berasal dari batuan kapur.

Tapi dari semua itu pasti ada perbedaan yang menonjol seperti, tanah mergel memiliki sifat lebih berpasir, tercampur dengan beberapa bahan yang lain seperti batuan kapur, pasir, dan tanah yang terbentuk karena adanya bantuan dari air hujan, namun tidak sampai menyeluruh.

  • Penyebaran Tanah

Tanah ini memiliki penyebaran tanah yang tersebar di Indonesia tepatnya di daerah dataran rendah seperti Solo, Kediri, dan juga Madiun.

  • Karakteristik tanah mergel

Tanah mergel ini terbilang sebagai tanah yang subur karena memiliki kandungan banyak air mineral dan juga unsur hara. Bahkan tanah ini juga bisa di pakai untuk perkebunan atau persawahan.

9. Tanah Kapur

Tanah Kapur

Nah, ini dia tanah yang memiliki kemiripan dengan tanah mergel, tanah kapur namanya. Tanah ini berasal dari batuan kapur yang mengalami pelapukan.

  • Penyebaran Tanah

Pada dasarnya jenis tanah ini berasal dari beberapa daerah yang gersang bahkan kering seperti gunung Kidul Yogyakarta, dan beberapa daerah yang lainnya seperti Jawa tengah, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

  • Karakteristik tanah kapur

Dikarenakan tanah ini berasal dari batuan kapur, maka bisa kita simpulkan bahwa tanah tersebut tergolong tanah yang tidak subuh dan tidak bisa digunakan sebagai media tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: Jenis Batu Ruby

10. Tanah Litosol

Tanah LitosolTanah litosol ini merupakan salah satu jenis jenis tanah yang masih muda atau tergolong  masih baru dan sedang berkembang. Tanah ini terbentuk karena terjadinya pergantian iklim, adanya vulkanisme dan juga topografi.

  • Penyebaran tanah

Untuk jenis tanah litosol ini dia tersebar di beberapa wilayah yang memiliki kecuraman tinggi seperti bukit tinggi, Sulawesi, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

  • Karakteristik tanah litosol

Tanah ini memiliki tekstur berbagai macam, ada yang kasar atau bebatuan, lembut dan juga ada yang berpasir.

11. Tanah Latosol

Tanah LatosolTanah latosol adalah salah satu jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan metamorf dan juga batuan sedimen.

  • Penyebaran tanah

Tanah jenis ini tersebar di beberapa wilayah yang ada di Indonesia seperti Bali, Lampung, Sulawesi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan juga Papua. Tanah ini juga tersebar di wilayah yang bercurah hujan tinggi, dan tingkat kelembaban yang tinggi.

  • Karakteristik tanah latosol

Ciri dari tanah ini yaitu memiliki warna merah, dan terdapat beberapa yang kuning, memiliki solum horizon dan teksturnya kasar. Tanah ini jua mengandung alumunium dan zat besi.

Tanah ini juga tidak subuh, bahkan tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai media bercocok tanam.

12. Tanah Laterit

Tanah LateritTanah ini merupakan jenis tanah yang memiliki warna merah bata, karena terdapat banyak sekali kandungan alumunium dan zat besi. Kita bisa menemukan jenis tanah ini di daerah perkampungan atau pedesaan.

  • Penyebaran tanah

Tanah jenis ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Lampung.

  • Karakteristik tanah laterit

Tanah ini termasuk tanah yang tua, jadi tidak sesuai jika digunakan sebagai media tanaman.

13. Tanah Inceptisol

Tanah InceptisolTanah jenis ini tercipta akibat pelapukan batuan metamorf atau batuan sedimen yang mempunyai warna agak kehitaman dan kecoklatan serta terdapat campuran sedikit abu-abu. Tanah jenis ini juga sangat mendukung jika untuk pembuatan hutan yang rindang.

  • Penyebaran tanah

Tanah ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

  • Karakteristik tanah inceptisol

Tanah jenis ini memiliki ciri-ciri pada horizon kambik dimana horizon tersebut berukuran jauh lebih sedikit dibandingkan dengan 25% horizon setelahnya yang membuat jenis tanah ini jadi unik

Tanah ini juga sangat pas jika digunakan sebagai perkebunan seperti kepala sawit, dan juga selain itu juga digunakan untuk perkebunan karet.

14. Tanah Humus

Tanah HumusJenis jenis tanah selanjutnya adalah jenis tanah humus. Tanah ini merupakan tanah yang tercipta dari pelapukan tanaman. Tanah humus ini juga termasuk salah satu jenis tanah yang sangat subur, karena banyak kandungan unsur hara dan mineralnya.

  • Penyebaran tanah

Tanah ini terdapat di berbagai wilayah yang terdapat hutan yang luas. Di Indonesia sendiri tanah ini tersebar di Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Jawa.

  • Karakteristik tanah humus

Tanah ini sangat bagus bila digunakan sebagai cocok tanam, karena tanah jenis ini sangat produktif dan bermanfaat bagi tanaman.

Tanah humus juga memiliki unsur hara dan mineral sebagai hasil dari tanaman yang membusuk hingga warnanya agak kehitaman.

15. Tanah Grumusol

Tanah GrumusolTanah jenis ini bisa terbentuk karena adanya  pelapukan batuan kapur dan tuffa vulkanik. Tanah ini memiliki kandungan organik yang rendah, karena berasal dari batuan kapur. Jadi pada dasarnya jenis tanah grumusol ini termasuk tanah yang tidak begitu subur dan tidak sesuai untuk digunakan menanam tanaman.

  • Penyebaran tanah

Tanah ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti daerah Jawa tengah tepatnya di Demak, Jepara, dan pati. Terus di daerah Jawa Timur tepatnya di Madiun dan Ngawi. Serta di Nusa Tenggara Timur.

  • Karakteristik tanah grumusol

Karateristik tanah ini adalah dia memiliki tekstur tanah yang kering dan rentan sekali pecah, apalagi ketika musim kemarau. Tanah ini juga memiliki warna hitam.

Tingkap Ph yang netral sampai alkalis. Tanah grumusol ini juga biasanya ada di wilayah yang tidak lebih dari 300 meter dari permukaan laut. Serta memiliki bentuk topografi datang sampai bergelombang.

Perubahan suhu di daerah yang ada tanah grumusol sangat nyata ketika panas dan hujan.

16. Tanah Entisol

Tanah EntisolTanah entisol ini mempunyai kesamaan dengan tanah andosol, tapi biasanya merupakan dan material yang di keluarkan oleh letusan gunung berapi seperti pasir, debu, lapili dan juga lahar.

  • Penyebaran tanah

Tanah ini biasanya bisa ditemukan di sekitar gunung berapi seperti di pantai Parangteritis, Yogyakarta, dan juga daerah Jawa lainnya yang terdapat gunung berapinya.

  • Karakteristik tanah entisol

Tanah ini sangat subur dan termasuk salah satu jenis tanah yang masih belum matang. Tanah ini juga dapat kita temukan tidak jauh dari lokasi gunung berapi, bisa berupa permukaan tanah tipis yang belum mempunyai lapisan tanah atau berupa gundukan pasir seperti yang ada di pantai Parangteritis, Yogyakarta.

17. Tanah Andosol

Tanah AndosolTanah andosol merupakan salah satu jenis tanah vulkanik dimana bisa tercipta karena proses vulkanisme gunung berapi. Tanah ini juga sangat subur dan bagus bagi tanaman.

  • Penyebaran tanah

Tanah ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Bali, Jawa, Nusa Tenggara, dan juga Sumatera.

  • Karakteristik tanah andosol

Tanah ini berwarna coklat keabu-abuan. Tanah ini memiliki kandungan unsur hara, mineral dan juga air yang sangat tinggi. Jadi sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Tanah ini juga sangat cocok untuk berbagai macam tanaman.

18. Tanah Aluvial

Tanah AluvialTanah aluvial ini termasuk salah satu tanah yang terbentuk dari adanya endapan lumpur. Aliran sungai yang membawa endapan lumpur tersebut kemudian membentuk tanah tersebut.

Tanah ini juga bisa ditemukan di bagian hilir karena dibawa dari hulu sungai. Tanah ini juga memiliki warna coklat sampai kelabu.

  • Penyebaran Tanah

Sebagian tanah aluvial ini tersebar di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Papua.

  • Karakteristik Tanah Aluvial

Tanah ini sangat cocok untuk pertanian, baik itu pertanian padi atau palawija seperti jagung, tembakau, dan lainnya. Karena tanah ini memiliki tekstur yang lembut serta gampang dikerjakan, dan tidak perlu kerja keras untuk mencangkul.

Nah, itulah penjelasan saya mengenai jenie jenis tanah beserta ciri-ciri dan persebarannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua dan juga memberikan wawasan lebih luas lagi, terimakasih.

Leave a Reply

Close Menu