Jenis Kain Katun Lengkap beserta Gambar Dan Penjelasannya

Bagi kebanyakan orang yang tinggal di daerah beriklim tropis, pilihan bahan yang sejuk  dan menyerap keringat adalah salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli pakaian. Kain yang memiliki karakteristik ini adalah jenis kain katun.

Mungkin sebagian besar teman Anda sudah tahu apa itu kain katun, tetapi apakah Anda sudah tahu jenis kain katun yang tersedia di pasaran? Kalau tidak, artikel ini sangat cocok sebagai referensi untuk memilih jenis kain katun yang berkualitas.

Berikut adalah penjelasannya.

Jenis Kain Katun Dan Penjelasannya

jenis kain katun
sumber: kaos-kerah.com

Kain katun merupakan salah satu jenis kain yang berasal dari serat alami dari tanaman kapas dengan nama latin Gossypium. Bahan tersebut juga menduduki peringkat tertinggi sebagai bahan baku tekstil yang paling banyak di produksi.

Kain katun ini juga memiliki jenis jenis nya,  dan berikut adalah jenis kain katun

Katun Cinta

sumber: gamisjilbabsyari.com

Jenis katun  ini disebut juga dengan katun twill. Kualitas katun ini sebanding dengan katun Jepang. Katun Cinta ini sendiri  memiliki karakteristik bahan yang lebih tipis dan warna kainnya tidak mencolok. Terkadang kualitas bahannya juga tidak terlalu bagus.

katun Silk Sutera

sumber: satujam.com

Katun Silk sutera ini merupakan hasil campuran sutera dan katun. Kain ini memiliki karakteristik tekstur sutra, yaitu halus, bahannya dingin (tidak hangat) dan juga bila disentuh, akan lembut dan halus.

Meski tergolong jenis kain ringan, sutera, namun silk sutera memiliki kualitas kain yang kuat dan tahan lama.

Katun Bangkok

sumber: gamisjilbabsyari.com

Kenapa dinamakan katun Bangkok? Karena nama katun Bangkok ini di ambil dari nama kota tempat dibuatnya kain ini, yaitu kota Bangkok. Pola-pola yang diwakili di permukaan kain tentu berbau Thailand.

Katun bangkok memiliki tekstur kain yang agak kasar dan juga bahan yang lebih tipis dari katun pada umumnya. Bahkan beberapa kainnya transparan atau melamun. Biasanya, katun jenis ini digunakan sebagai bahan untuk membuat blouse atau kemeja.

Katun Satin Jepang

sumber: kaos-kerah.com

Seperti jenis katun Bangkok, nama katun satin Jepang berasal dari nama negara tempat ia diproduksi.

Ciri khas katun satin Jepang itu sendiri memiliki tekstur lembut, warna yang cenderung kuat dan rasa kesegaran saat dikenakan.

Katun Rayon

sumber: supplierpeci.com

Menurut beberapa informasi yang diberikan oleh penjual kain, jenis katun rayon ini banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk pakaian muslim.

Tapi kelemahan dari tipe ini adalah mudah kusut. Namun, bahannya cukup segar, teksturnya licin dan ringan serta kualitas daya serap keringat yang sangat baik.

Katun Biasa

sumber: kompasiana.com

Jenis katun biasa memiliki kualitas bahan standar dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya.

Karakteristik kain katun biasa antara lain:

  • Ada banyak motif, seperti garis sederhana. bunga, resume, kotak atau polkadot
  • Pada gulungan atau pada tepi kain, tidak ada kode warna
  • Memiliki daya serap keringat yang baik

Katun Paris

sumber: pakaianmuslimbagiremaja.wordpress.com

Jenis katun dari Paris ini sering di identikkan dengan katun biasa, karena kedua bahan tersebut sekilas mirip. Namun, kualitas katun Paris lebih tinggi dari katun biasa.

Katun Paris lebih ringan dan lebih tipis dibandingkan dengan katun biasa.

Biasanya, katun jenis ini digunakan sebagai bahan untuk membuat gaun, blus, hijab, kerudung atau kerudung syariah.

Katun Carded

sumber: galerikonveksi51.com

Seperti halnya katun combed, nama katun carded juga berasal dari cara pembuatan kain ini, yaitu carding. Katun ini memiliki karakteristik bahan yang tidak sehalus katun combed. Namun, katun jenis ini memiliki daya serap yang mirip dengan katun combed.

Dalam pembuatan katun combed, metode ini menggunakan metode combing atau sisir, dan kemudian serat panjang yang dihasilkan dari proses dipilih untuk pembuatan benang.

Sementara dalam pembuatan katun carding menggunakan proses pengikisan, yang memberikan serat pendek yang masih menyatu, inilah yang membuat benang kain yang dihasilkan lebih halus dari katun combed

Katun Sateen

sumber: nurulkhasanah22.com

Pada jenis kain katun sateen, dari segi bahannya mirip dengan jenis katun biasa. Yang membedakannya adalah proses menenun katun sateen yang dibuat menggunakan teknik satin. Katun sateen ini memiliki permukaan kain mengkilap yang bagus.

Satin adalah nama teknik tenun untuk menghasilkan kain yang mengkilap. Dengan demikian, kain satin juga dapat berupa serat lain seperti sutra, nilon, poliester, dll.

Katun Denim

sumber: olympics30.com

Katun denim umumnya digunakan oleh produsen untuk membuat pakaian denim (dari celana panjang hingga jaket). Mungkin anda sudah sering mendengar nama Jeans dan Levi’s.

Jadi, celana jeans atau levi’s yang sering ditemukan di pasaran sebenarnya adalah celana denim. Jeans dan Levi’s adalah nama merek atau merek dagang. Kedua jenis celana ini menggunakan bahan katun sebagai bahan dasarnya.

Katun Combed

sumber: kaos-kerah.com

Nama cotton combed atau robek berasal dari cara kain itu sendiri dibuat, yang terdiri dari combing. Jenis katun ini memiliki karakteristik bahan yang lembut dan halus yang tentu saja menyerap keringat.

Ada tiga jenis ketebalan dalam kapas comberd:

  1. Combed 24s (material tebal dan harganya lebih murah dibandingkan 30s)
  2. Combed 30s (bahan sedang dan sering digunakan untuk membuat kaus)
  3. Combed 40s (material halus)

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis kain katun beserta penjelasannya. Jika anda ingin membeli pakaian yang dari kain katun bisa kunjungi konveksi kaos Solo. Disana banyak sekali jenis kaos yang mungkin bisa anda pakai atau di jual kembali.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan wawasan yang lebih luas lagi. Kalian juga bisa kunjungi dinabas.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan yang lainnya yang mungkin akan bermanfaat banyak untuk kalian semua.

 

Leave a Reply

Close Menu