√9 Jenis Tanaman Hidroponik Yang Mudah Untuk Di Budidayakan

Budidaya tanaman hidroponik pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Tapi perlu kalian ketahui juga, bahwa terdapat berbagai jenis tanaman hidroponik yang mudah di budidayakan.

Nah, jika kalian ingin coba untuk menanam tanaman hidroponik, tapi bingung harus mulai dari apa dulu. Saya punya solusi untuk ini, agar kalian dapat dengan mudah untuk bisa membudidayakan tanaman hidroponik tersebut.

Untuk penjelasan lebih lanjut kalian simak pembahasan mengenai jenis tanaman hidroponik di bawah ini.

Jenis Tanaman Hidroponik

Jenis Tanaman Hidroponik

Apa sih tanaman hidroponik itu?. Saya jelaskan ya, hidroponik adalah salah satu jenis budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media, tapi ini lebih mengutamakan air yang dicampur dengan nutrisi untuk tanaman itu sendiri.

Tanaman hidroponik ini memiliki perawatan yang lebih sederhana. Budidaya dengan cara hidroponik ini bisa membuat kalian lebih mudah lagi untuk mengatasi hama yang bisa muncul pada tanaman tersebut.

Untuk cara pembuatannya juga tidak sulit, kalian hanya butuh botol bekas dengan paralon untuk menyimpan tanaman yang mau di budidayakan secara hidroponik. Dan terdapat berbagai jenis tanaman hidroponik yang dapat kalian budidayakan seperti:

1. Terong

terong hidroponik

Kalian pasti tahu terong kan? Ya terong adalah salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan juga sering dipakai sebagai bahan masakan seperti terong balado, dan juga terong crispy.

Nah, jika kalian ingin menanam atau ingin membudidayakan terong ini agar tidak perlu membeli ke pasar. Kalian bisa menanamnya dengan cara hidroponik. Dan terong hirdroponik juga memiliki hasil yang lebih unggul dibanding dengan terong yang ditanam seperti biasanya.

2. Anggrek

anggrek hidroponik

Anggrek adalah salah satu jenis bunga hias yang biasa tumbuh di atas pohon lain. Anggrek ini juga sangat bagus jika dipakai sebagai hiasan di rumah, karena bunga ini memiliki bentuk yang cantik.

Nah, dari bentuk yang cantik tersebut membuat banyak orang yang membudidayakan anggrek ini untuk bisnis. Seperti dijadikan sebagai hiasan tembok dekat gambar atau lukisan kalian.

Jika kalian ingin bunga anggrek ini dijadikan hiasan di depan rumah, kalian bisa menjadikan anggrek ini menjai salah satu jenis tanaman hidroponik. Anggrek hidroponik juga dapat disimpan didepan rumah untuk menampah keindahan halaman rumah kalian.

Cara menanam anggrek hidroponik ini juga tidak sulit, kalian hanya perlu memberikannya nutrisi cukup pada tanaman anggrek hidroponik tersebut.

3. Bawang Merah

Bawang Merah

Kalian pasti sudah tahu bawang merah kan?, ya bawang merah adalah salah satu jenis bumbu dapur yang sangat familiar sekali di Indonesia.

Akan tetapi banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa makanan tanpa bawang merah ini sebagai pelengkap bumbu nya akan terasa kurang nikmat. Dan harga dari bawang merah ini juga terkadang melonjak naik pada waktu tertentu.

Hal tersebut juga lah yang membuat pengeluaran masyarakat menjadi tinggi. Untuk memecah solusinya yaitu kalian harus menanam bawang merah itu sendiri, dan kalian tidak perlu membelinya lagi ke pasar, apalagi jika harganya melonjak.

Nah, jika kalian benar ingin menanam bawang merah di rumah, mendingan coba salah satu cara menanam bawang merah ini dengan menjadikannya tanaman hidroponik.

Menanam bawang merah hidroponik ini lebih mendatangkan keuntungan, dibandingkan kalian menanamnya dengan cara seperti biasanya.

Bahkan bawang merah hidroponik ini tidak memakan tempat dan juga bisa digunakan sebagai tanaman hias, selain itu juga kalian bisa meletakkan bawah merah hidroponik tersebut di depan rumah agar terlihat lebih indah.

4. Bayam

Bayam hidroponik

Jenis tanaman hidroponik selanjutnya adalah bayam. Bayam ini sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer dan juga sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Bayam ini memiliki kandungan zat besi dan juga vitamin yang sangat baik untuk tubuh kita. Bayam ini juga bisa mengatasi masalah anemia pada manusia. Jadi tak heran lagi, jika kebanyakan orang Indonesia ini sering mengkonsumsi bayam untuk keseharian mereka.

Karena tingkat konsumsi masyarakat yang makan bayam ini sangat tinggi, itu semua membuat bayam jadi memiliki banyak peluang untuk sebagai salah satu bisnis. Nah kalian juga bisa menjual bayam segar tanpa mengolahnya atau mengolahnya menjadi makanan.

Kalian juga bisa membudidayakan bayam tersebut sebagai bisnis dengan salah satu cara yang saya rekomendasikan kepada kalian yaitu dengan menjadikan tanaman bayam tersebut menjadi tanaman hidroponik.

Bayam memiliki masa tanam yang relatif singkat, dan hal tersebut bisa menyebabkan bayam sangat cocok dikembangkan secara hiroponik untuk menghasilkan bayam yang lebih baik lagi.

5. Selada

selada hidroponik

Tanaman selada adalah salah satu jenis sayuran yang ada di Indonesia, walaupun tidak terlalu populer, selada ini sering dicari juga untuk bahan masakan sayuran.

Nah, jika kalian ingin membudidayakan selada ini, ada salah satu cara membudidayakan selada ini yaitu dengan menggunakan cara hidroponik. Bukan hanya hasil selada yang baik, bahkan selada hidroponik ini juga bisa kita gunakan  sebagai tanaman hias di rumah.

6. Tomat

tomat hidroponik

Tomat pada umumnya sering digunakan sebagai bahan campuran sambal, karena tomat ini membuat cita rasa sambal menjadi lebih terasa nikmat. Jadi tidak heran lagi, jika tomat ini sering dijadikan sebagai campuran sambal.

Selain sebagai campuran sambal, tomat ini juga sering digunakan sebagai campuran masakan seperti masakan tumis. Tomat yang dikenal lezat ini juga sering dijadikan sebagai jus ataupun dimakan secara langsung.

Jika kalian ada niat untuk membudidayakan tomat dan ingin menghasilkan buah yang bagus, kalian bisa membudayakan tomat tersebut dengan cara metode hidroponik. Cara tersebut terasa lebih cepat, karena bisa membuat tomat tersebut lebih terlihat rapi dan menawan.

Perlu kalian ketahui juga tomat hidroponik ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias rumah loh!. Dan jika kalian ingin mendapatkan keuntungan lebih dari tomat hidroponik ini, kalian bisa membudidayakan tomat tersebut lebih banyak dan lalu kalian jual.

7. Sawi

sawi hidroponik

Banyak dari kalian pasti sudah tahu sayuran yang satu ini kan?. Ya sawi yang sering kita konsumsi dan biasa dijadikan campuran bersama bakso ataupun mie ayam ayam. Sawi sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu sawi putih dan juga hijau.

Sawi juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti menyehatkan tulang, menyembuhkan diabetes, mencegah dari serangan penyakit kanker, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kalian ingin mendapatkan sawi yang berkualitas, kalian bisa membudidayakan sawi tersebut dengan metode hidroponik. Sawi yang di tanaman dengan metode hidroponik ini memiliki ciri-ciri lebih segar, gurih dan juga nikmat.

Bahkan bukan hanya itu saya, ternyata jika kalian membudidayakan sawi dengan metode hidroponik akan lebih hemat tampat, karena metode ini tidak membutuhkan lahan yang luas.

8. Kangkung

Kangkung hidroponik

Jenis tanaman hidroponik selanjutnya adalah kangkung. Kangkung sendiri adalah salah satu sayuran yang sangat populer dan paling sering digunakan untuk masak.

Selain dikonsumsi, kangkung ini juga dapat kalian budidayakan kemudian kalian bisa menjualnya. Dan salah satu cara untuk membudidayakannya yaitu dengan menggunakan cara hidroponik.

Kangkung ini mempunyai masa tanam yang relatif singkat, karena hanya dalam rentang waktu 4 sampai 6 minggu saja kankung sudah siap panen. Hal tersebut membuat kangkung dapat dengan mudah kalian budidayakan dengan cara hidroponik.

Jika kalian membudidayakan kangkung dengan cara hidroponik itu akan membuat kangkung tersebut akan lebih rapih dan lebih enak dilihat. Bahkan kangkung hidroponik juga tidak memiliki perawatan yang cukup rumit.

9. Cabe

Cabe hidroponik

Jenis tanaman hidroponik yang terakhir adalah cabe. Cabe adalah salah satu tanaman yang dapat di budidayakan dengan metode hidroponik.

Untuk caranya juga cukup mudah dan tidak sulit, yang penting adalah kalian hanya perlu menggunakan bibit cabe yang kualitasnya bagus, agar cabe hidroponik tersebut bisa tumbuh dengan subur.

Jangan lupa untuk memastikan cabe hidroponik kalian mendapat pupuk dan juga nutrisi dengan sempurna.

Cabe sendiri emang sudah menjadi tumbuhan hidroponik yang paling populer di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan cabe mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Apalagi berkaitan dengan bumbu masakan sambal di rumah. Jika kalian ingin menanamnya dengan metode hidroponik, kalian  hanya perlu memasukkan bibit cabe tersebut ke dalam botol beserta medianya.

Bahkan jika kalian ingin memiliki untuk banyak dari cabe ini, kalian hanya perlu membudidayakannya lebih banyak lagi, kemudian kalian jual, pastinya akan menguntungkan kalian sendiri.

Nah, itulah jenis tanaman hidroponik beserta penjelasannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kalian semua dan juga bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi.

This Post Has One Comment

  1. The information you provide is really useful, thank you

Leave a Reply

Close Menu