Jenis Tumbuhan Langka di Dunia Lengkap Beserta Penjelasannya

Tumbuhan pada dasarnya memiliki berbagai macam jenis yang berbeda-beda, bahkan sampai ada jenis tumbuhan langka yang sekarang keberadaannya sudah semakin sulit untuk ditemukan.

Salah satunya Negara Indonesia. Negara yang kita cintai ini memang sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Banyak sekali tanaman yang tumbuh subur, tapi tidak sedikit juga dari tanaman tersebut yang bersifat langka atau sangat sulit sekali untuk ditemukan bahkan sampai harus dilindungi.

Nah, apa kalian tahu apa saja tumbuhan langka yang ada di Dunia ini? Jika tidak mari simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Tumbuhan Langka di Indonesia

tumbuhan langka

Seperti yang saya katakan di atas, Indonesia adalah suatu negara yang memiliki kekayaan alam, apalagi tumbuhannya yang banyak sekali jenisnya.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis tumbuhan langka yang tercatat ada lebih dari 30 tumbuhan langka yang ada di seluruh wilayah Indonesia, antara lain:

1. Tumbuhan Enau

tumbuhan enau

Enau adalah tanaman yang memiliki nama latin Arenga Pinnata, tumbuhan yang satu ini berasal dari genus Arecaceae.

Tumbuhan Enau ini dapat tumbuh besar dengan tinggi bisa sampai 25 meter. Dengan diameter batang Enau sekitar 65 cm. Dan memiliki karakteristik seperti batang yang kuat, kokoh, di atasnya diselimuti serabut hitam yang disebut sebagai injuk.

Nah, injuk ini sebenarnya adalah pelepah daun.

2. Tumbuhan Anggrek Pensil

anggrek pensil

Anggrek Pensil atau dengan nama latin Vanda Hookerania ini keadaannya sudah semakin langka, karena disebabkan oleh habitatnya di wilayah cagar alam Dusun Besar, Bengkulu yang sudah rusak karena ulah manusia.

Tumbuhan ini banyak dicari oleh pecinta anggrek. Tumbuhan ini juga hidupnya numpang dengan bunga bakung.

Agar Anggrek Pensil ini tidak punah, balai konservasi sumber daya alam Bengkulu mengambil langkah untuk membudidayakan tumbuhan langka ini di danau Dendam Tak Sudah, tepatnya di wilayah kawasan Bengkulu.

Usaha penanggulangan Tumbuhan langka inipun berjalan sesuai harapan, anggrek pensil ini tumbuh dengan baik dan subur, dan jenis tumbuhan langka yang satu ini pun di juluki sebagai ratu anggrek.

3. Tumbuhan Pakis Ekor Monyet

pakis ekor monyet

Pakis ekor monyet merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam jenis tumbuhan langka dan jarang di temukan.

Pakis ekor monyet ini memiliki nama lain yaitu pakis Sun Go Kong, Pakis Hanoman, dan masih banyak lagi.

Saat tumbuhan yang satu ini memiliki daun, tampilan dari pakis ini akan berbeda. Tumbuhan ini sebenarnya tidak berdaun, akan tetapi mempunyai rambut dan bulu yang mirip dengan monyet.

Untuk perawatan tumbuhan ini sebenarnya terbilang mudah, namun budidaya-nya itu yang sekarang sudah susah dan tanaman pakis ekor monyet ini juga sebenarnya banyak di cari oleh pecinta tumbuhan langka atau kolektor tumbuhan langka.

4. Tumbuhan Meranti

tumbuhan meranti

Meranti adalah salah satu tumbuhan yang memiliki kayu yang keras, namun bobotnya ringan. Agar bisa tumbuh, meranti ini butuh waktu yang lama, dan tumbuhan ini juga termasuk jenis pohon yang lambat pertumbuhannya.

Meranti ini memiliki kemampuan dalam menyerap karbon di hutan, jadi tumbuhan ini banyak dipakai untuk komoditi industri.

Kayu Meranti ini terdapat di berbagai wilayah di Indonesia seperti Jambi, Kalimantan, jawa Tengah, dan juga Sulawesi, namun persebarannya sekarang mulai sedikit.

5. Tumbuhan Gaharu

Tumbuhan Gaharu

Gaharu merupakan jenis tumbuhan langka dengan wangi kayu yang khas. Kayu dari tumbuhan Gaharu ini banyak kita jumpai di wilayah hutan tepatnya di kawasan hutan Kalimantan.

Tumbuhan Gaharu ini memiliki nama latin Aquilaria Sp. Namun sekarang tumbuhan Gaharu ini sudah terancam punah, karena banyak sekali orang yang mencari kayu Gaharu ini, dan kayu dari tumbuhan Gaharu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Kayu gaharu biasanya bisa kalian temukan di daerah Kalimantan, dan juga Papua.

6. Tumbuhan Kecapi

tumbuhan kecapi

Tumbuhan kecapi adalah salah satu jenis tanaman dengan buah yang mirip duku. Tumbuhan kecapi ini juga memiliki nama lain seperti buah sentul karena buah kecapi asalnya dari Semenanjung Malaka, dan sampai sekarang penyebarannya hingga ke Indonesia.

Tumbuhan ini memiliki kulit buah yang keras, jadi perlu ada usaha yang ekstra untuk bisa menikmati buah dari tumbuhan kecapi ini.

Bahkan untuk bisa membuka buah ini pun bisa dengan cara membantingnya atau menjepitnya ke pintu karena betapa kerasnya kulit dari buah tersebut.

Buah kecapi ini juga ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan loh!. Seperti untuk menyembuhkan tangkal kepikunan dan alzheimer juga bisa menekan resiko kanker dan penyakit jantung.

Akan tetapi sekarang sudah agak susah untuk mencari tumbuhan kecapi ini, dan tumbuhan ini juga sudah termasuk kedalam jenis tumbuhan langka.

7. Tumbuhan Ulin

tumbuhan ulin

Pohon ulin atau disebut juga dengan kayu besi ini memiliki nama latin Eusiderxylon Zwageri. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan khas dari daerah Kalimantan yang memiliki tinggi sekitar 20-30 meter dan berdiameter batang antara 60-120 cm.

Karena pohon ini memiliki kualitas kayu yang bagus, akibatnya jadi banyak di buru dan membuat tumbuhan ini jadi semakin langka saja.

8. Tumbuhan Balam Suntai

balam suntai

Balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka yang ada di nusantara dan memiliki nama latin Palaquium Walsurifolium.

Tumbuhan ini memiliki kayu yang berkualitas baik dengan tingkat kekuatan dan keawetan yang baik pula. Bahkan sampai jadi buruan banyak orang.

Balam suntai ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang masih ada di daerah Kalimantan dan Hutan Papua, namun tidak banyak, karena banyak orang yang memburu kayu dari tumbuhan tersebut.

9. Tumbuhan Raflesia Arnoldi

raflesia arnoldi

Raflesia Arnoldi ini pada dasarnya terkenal memiliki bau yang busuk sampai dinamakan juga dengan bunga bangkai.

Raflesia Arnoldi ini memiliki ciri-ciri  yang paling mencolok pada baunya. Dan bau busuknya itu bisa menarik perhatian lalat sehingga dapat membantu proses penyerbukan tumbuhan ini.

Raflesia Arnoldi ini dapat kita jumpai di Taman Nasional Bengkulu. Tumbuhan ini memiliki diameter sekitar 1 meter, Raflesia Arnoldi ini juga masuk dalam golongan parasit.

Tumbuhan ini memerlukan inang untuk bisa hidup dan berkembang. Tumbuhan ini juga sekarang jumlahnya semakin menurun. Karena akibat ulah manusia yang membuka lahan hutan sebagai daerah pertanian atau perkebunan.

10. Tumbuhan Kantong Semar

Kantong Semar

Kantong semar adalah salah satu jenis tanaman karnivora. Tumbuhan ini memiliki kantong pemangsa yang akan tertutup saat daunnya masih muda dan juga ketika ada mangsa dalam kantongnya, dan bisa membuka kembali saat kantong semar ini telah dewasa atau sudah menyerap nutrisi dari mangsanya.

Tujuan dari penutupan kantong tersebut adalah untuk menghindari hewan lain yang memakan serangga yang sudah tumbuhan ini tangkap dan membuat proses pencernaan yang berjalan dengan baik juga lancar.

Kantong semar ini juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menjaga tubuh agar tetap bugar dan juga untuk diabetes.

11. Tumbuhan Edelweis (Senduro)

Edelweis

Bunga Edelweis atau di kenal juga dengan bunga abadi ini memang tidak mudah layu saat dipetik. Karena bunga ini bisa tahan lama, tidak seperti kebanyakan bunga-bunga lainnya.

Edelweis ini memiliki bunga yang berwarna putih kuning atau putih cokelat, tumbuhan ini juga bisa tumbuh mencapai 8 meter dengan batang bisa sampai seukuran kaki manusia.

Tumbuhan ini juga dapat kita temukan di pegunungan wilayah Jawa, Lombok, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan. Tumbuhan ini juga termasuk jenis tumbuhan langka.

12. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Raksasa

Dari tampilannya memang bunga ini hampir mirip dengan Raflesia Arnoldi, keduanya sama-sama memiliki bau yang busuk seperti bangkai agar bisa memikat datangnya lalat dan serangga lainnya agar dapat membantu proses penyerbukan.

Tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia ini ternyata berasal dari genus talas-talasan. Bunga ini juga dapat kita jumpai di wilayah Sumatera.

Bunga ini memiliki nama lain dari bunga bangkai raksasa adalah batang krebuit, suweg raksasa, dan memiliki nama latin Amorphophallus Titanium Becc.

Jenis Tumbuhan Langka di Dunia

Ternyata di bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki tumbuhan langka, akan tetapi banyak sekali jenis tumbuhan langka yang terdapat di seluruh Dunia, seperti:

13. Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis adalah jenis tanaman tangguh yang berasal dari Namibia. Tumbuhan ini hanya memiliki dua daun, sistem perakaran, dan juga batang.

Batang dari tumbuhan ini semakin lama akan menebal dan daunnya juga akan terus tumbuh. Welwitschia Mirabilis ini tidak bertambah tinggi, dan maksimal tingginya hanya mencapai 2 meter saja.

Akan tetapi, tumbuhan asli Namibia ini bisa melebar sampai 8 meter. Tumbuhan ini bisa berumur panjang sampai 400-15 abad.

Tumbuhan ini bisa tanah hidup tanpa guyuran hujan selama 5 tahun. Oleh karena itu orang-orang di Namibia sering menyebut tumbuhan ini dengan nama Onyanga atau bawang pada pasir.

14. Tumbuhan Menari

Tumbuhan Menari

Tumbuhan yang memiliki nama latin Desmodium Gyrans ini mendapat julukan dari Darwin yaitu Hedysarum. Tumbuhan menari ini mempunyai nama lain rumput menari atau dancing grass dan tanaman semaphone (semaphone plant).

Tumbuhan ini dinamakan tanaman menari karena daunnya yang dapat bergerak seolah seperti lagi menari atau membuat gerakan semaphone.

15. Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga

Pohon darah naga adalah salah satu tumbuhan asli dari Kepulauan Socotra yang mempunya nama latin Dracaena Cinnbari. Pohon ini juga memiliki sebutan lain yaitu Pohon Naga Socotra.

Pohon ini memiliki bentuk yang menyerupai payung dengan getah yang berwarna merah seperti darah. Getah dari pohon ini sering dimanfaatkan sebagai obat.

Dengan warna merah yang terang dan juga mencolok membuat pohon yang satu ini sering juga dipakai untuk pewarna merah yang alami.

Nah, itulah penjelasan jenis tumbuhan langka. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga memberikan wawasan yang lebih luas lagi mengenai jenis tanaman hias atau tumbuhan lainnya.

Leave a Reply

Close Menu