Contoh Kerajinan Dari Bambu Lengkap Beserta Cara Pembuatannya

Di dunia ini terdapat banyak sekali beragam jenis kerajinan tangan yang mudah kalian buat. Seperti kerajinan dari tanah liat, kerajinan dari kulit jagung, kerajinan dari bambu, dan masih banyak lagi. Itu sema bisa kalian buat dengan mudah di rumah lho.

Salh satu kerajinan yang unik untuk di buat yaitu kerajinan dari bambu. Ada begitu banyak cara membuat kerajinan dari bambu yang bisa kalian gunakan sebagai kreatifitas kalian sendiri.

Jika kalian memiliki kemahiran dalam membuat kerajinan tangan, dengan beraneka ragam bentuk , tentunya bukan hanya hasil kerajinan saja yang kalian dapat, akan tetapi kalian juga dapat menghasilkan uang dari kerajinan tersebut. Penasaran bagaimana cara membuat karajinannya?

Cara Membuat Kerajinan Dari Bambu

kerajinan dari bambu
sumber: romadecade.org

Nah, perlu kalian ketahui juga kerajinan dari bambu ni ternyata banyak sekali diminati oleh orang banyak, bahkan sampai masuk ke mancanegara. Bahkan bukan hanya itu menjadi sebuah kreasi saja, kerajinan ini juga bisa kalian jual dan mendapatkan uang dari hasil kreatifitas kalian.

Manfaat bambu ternyata banyak sekali, bukan hanya itu dipakai sebagai konstruksi rumah, melainkan bisa juga dijadikan sebagai kerajinan tangan yang sangat unik dan menarik.

Untuk itu saya disini, saya akan memberikan beberapa contoh kerajinan dari bambu beserta cara pembuatannya. Dan berikut adalah contoh kerajinan tersebut, antara lain:

Kerajinan Gasing dari  Bambu

Kerajinan Gasing dari  Bambu
sumber: tokopedia.com

Kalian tahu gasing bambu? Gasing bambu merupakan salah satu mainan tradisional yang hampir tidak ada keberadaannya atau bisa disebut punah. Gasing bambu ini sendiri sering di mainkan di tempat yang rata, dan gasing ini juga bisa mengeluarkan suara yang nyaring jika sudah berputar.

Jika kalian ingin membuat gasing bambu ini cara nya mudah, kalian tinggal kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan seperti:

  • Bambu berdiameter 6-8 cm
  • Gergaji, pisau, dan pasah
  • Bor yang memiliki mata bor 6-8 mm
  • Papan kayu
  • Dan amplas, lem kayu, juga tali

Jika kalian sudah menyiapkan semua bahan tersebut tinggal ke tahap pembuatannya, yaitu

  1. Pertama kalian potong bambung tersebut dengan panjang 10 cm
  2. Kemudian buatlah sebuah lubang di bagian dinding bambu dengan memotong serong dan juga harus membentuk persegi panjang dari atas ke bawah. Nanti lubang tersebut gunanya untuk sumber bunyi.
  3. Setelah itu buatlah tongkat dari bambu dengan panjang 20 cm dan berdiameter 6-8 mm, serta dengan tongkat yang panjang nya 12-15 cm sebagai pegangan tali
  4. Jika sudah, buatlah papan kayu, lalu buat menjadi bentuk lingkaran sesuai diameter dalam bambu sekitar 6-8 cm. Lalu lubangi bagian tengah lingkaran dengan bor yang berdiameter 6-8 mm.
  5. Setelah itu, pasangkan lingkaran kayu pada kedua ujung bambu sampai tertutup dan rekatkan dengan lem.
  6. Jika sudah, kalian pasang tongkat berdiameter 6-8 mm ke tengah papan kayu dan rekatkan dengan lem. Dengan posisi bagian atas sepanjang 7 cm ari permukaan papan kayu yang berguna sebagai poros gasing
  7. Setelah itu lilitkan tali ke poros gasing bagian atas dan gasing bambu pun siap di mainkan.

Bagaimana mudah kan. Cara tersebut bisa kalian coba di rumah.

Tudung Saji Dari Bambu

sumber: anyambambutudungsaji.blogspot.com

Tudung saji dari bambu ini adalah salah satu kerajinan dari bambu yang pembuatannya dengan cara di anyam. Kalian juga pasti sudah tahu kegunaan dar tudung saji ini kan.

Tudung saji ini juga memiliki nilai estetika yang khas, karena anyamannya yang sangat rapi dan juga unik. Dan jika kalian ingin membuatnya, perlu menyediakan beberapa bahan terlebih dahulu seperti:

  • Rotan
  • Bambu yang masih muda dengan diameter besar dan beruas
  • Gergaji dan pisau
  • Kolindang benang
  • Kompor untuk memanaskan bambu
  • Amplas plitur dan cat poxy clear

Jika sudah mengumpulkan semua bahannya, sekarang bagian cara pembuatannya.

  • Pertama kalian harus potong-potong dan irat bambu sesuai dengan ruasnya
  • Setelah itu, bagian luar bambu di buang sampai tinggal bagian dalam dengan ketebalan yang tipis
  • Kemudian, panaskan bambu yang sudah diirat di perapian sampai bagian bambu yang licin menjadi paring dan terkelupas.
  • Setelah itu belah bambu yang sudah dipanaskan tadi menjadi lembaran yang tipis sekitar 1-2 mm, dan haluskan seluruh permukaan menggunakan amplas.
  • Setelah itu cuci dan jemur sampai benar-benar kering agar mudah di lengkungkan
  • Jika sudah kering, potong bambu yang berupa iratan tersebut sesuai dengan ukuran tudung yang akan dibuat.
  • Kemudian, iritan bambu disusun secara bertinging atau berlapis dan dijahit satu sama lainnya dengan menggunakan kolindang benang hingga berbentuk cekungan oval atau persegi.
  • Lalu pada ujung sekeliling cekungan tadi diberi bingkai dari rotan yang sudah dikupas kulitnya.
  • Supaya tudung saji terlihat lebih menarik, kalian bisa memberikannya hiasan dan juga warna sesuai selera kalian.

Kerajinan Kotak Tisu Dari Bambu

Kerajinan Kotak Tisu Dari Bambu
sumber: 428anoksa – Blogger.com

Bagi kalian yang suka dengan sesuatu barang yang unik juga naturalis, kalian bisa mencoba kerajinan yang satu ini, yaitu membuat kota tisu dari bambu. Kalian juga bisa membuat kerajinan tersebut di rumah dengan biaya yang cukup minim loh.

Tentunya kalian harus mempersiapkan beberapa bahan-bahan terlebih dahulu seperti:

  1. Bambu yang sudah di irat atau di serut dengan ukuran panjang kurang lebih 50 cm. Dan lebar 1,5 cm, dengan tebal 0,5 cm
  2. Gergaji, gunting dan pisau
  3. Amplas dan lem kayu
  4. Vernis dan kuas
  5. Penggaris dan garisan siku
  6. Triplex

Untuk cara membuatnya juga gampang kalian cukup ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Pertama siapkan iratan bambu yang tadi dan buat anyaman motif sesuai keinginan
  • ]lalu ukuran kotak tisu yang nanti kita buat yaitu panjang 25 cm, lebar 13 cm, dan tinggi 10 cm. Lalu buatlah potongan bambu dengan panjang 25 cm = 8 buah, 13 cm= 4 buah, dan 10 cm = 8 buah serta memiliki ketebalan 0,5
  • Setelah itu sambung bambu yang sudah dipotong tadi menjadi persegi panjang dengan ukuran 24×10 cm sebanyak 2 buah dan 13×10 cm sebanyak 2 buah. Lalu gunakan garisan siku supaya persegi panjang yang dibuat ukurannya sama.
  • Jika sudah, rangkai semua persegi panjang tersebut menjai sebuah rangka kotak persegi panjang menggunakan lem
  • Lalu tutup sisi bagian samping dan bawah dengan triplex yang sudah dilapisi kain juga rekatkan dengan lem. Lalu untuk bagian atas tutup dengan triplex yang sudah dilubangi bagian tengah nya, dengan ukuran 2×13 cm dan dibuat agar bisa di tutup dan dibuka.
  • Setelah itu potong anyaman yang sudah dibuat tadi sesuai dengan ukuran triplex pada samping kotak, dan tempelkan ke triplex lalu rekatkan dengan lem
  • Jika sudah lakukan pewarnaan dengan vernis dibagian bambu dan triplex yang terlihat saja. Dan kota tisu pun jadi juga bisa di pakai.

Bagaimana mudah kan?.

Kerajinan Vas Bunga dari Bambu

Kerajinan Vas Bunga dari Bambu
sumber: youtube.com

Vas bunga ini merupakan kerajinan yang dapat mempercantik ruangan tamu kalian sehingga terlihat lebih natural lagi dan menyegarkan pemandangan.

Kalian juga bisa membuatnya di rumah dengan alat dan bahan yang sederhana lho. Tapi sebelum membuatnya kalian harus siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti,

  • Bambu yang sudah kering
  • Gergaji, cutter, dan gunting
  • Solatif kering, dan amplas
  • Cat, dan plitur

Untuk cara membuatnya adalah seperti berikut ini:

  1. Pertama kalian harus mempersiapkan alat dan bahan yang di butuhkan
  2. Lalu potonglah bambu dengan menggunakan gergaji, dengan salah satu ruas masih untuk bagian bawahnya dan atasnya potong alam keadaan rata atau miring
  3. Kemudian haluskan bambu dengan amplas sampai lapisan luar bambu menjadi berwarna cream, lalu bersihkan bagian dalam bambu
  4. Jika sudah, balutlah seluruh permukaan luar bambu mengunakan solatif bening dan gambar motif yang diinginkan di solatif tersebut
  5. Terus kalian juga bisa mengukir motif yang telah digambar menggunakan cutter, lalu lepaskan solatif tersebut pada bagian bambu yang akan diwarnai
  6. Kalian warnailah bambu tersebut dengan plitur atau cat yang sudah di sediakan tadi, tunggu sampai kering
  7. Jika sudah kering, lepaskan semua solatif yang masih menempel, maka vas bunga pun siap di pakai.

Kerajinan Cermin Dari Batang Bambu

Kerajinan Cermin Dari Batang Bambu
sumber: 428-ANoksA – Blogger.com

Pada dasarnya manusia pasti butuh cermin kan untuk mengaca diri. Nah cermin yang satu ini agak berbeda desainnya dengan cermin yang biasanya,  cermin ini merupakan aksesoris rumah yang pasti selalu ada.

Cermin yang satu ini bingkai nya terbuat dari bambu lho, dan pembuatannya juga gampang. Bahkan bisa kalian lakukan di rumah. Tapi sebelum membuatnya, kalian harus mengumpulkan terlebih dahulu bahan dan alat yang akan digunakan, seperti:

  1. Bambu yang sudah kering dan masih bagus juga berdiameter 6-8 cm
  2. Pisau dan gergaji
  3. Tali dan lem
  4. Cermin dengan bentuk yang kalian inginkan

Untuk cara pembuatannya sendiri, kalian tinggal ikutin tahap-tahap berikut ini:

  • Pertama potong bambu menjadi ukuran yang pendek, tapi tidak terlalu tipis juga
  • Kemudian, haluskan seluruh bambu yang sudah dipotong tad, baik itu yang dalam ataupun luar permukaan bambu
  • Jika sudah, susunlah bambu tersebut hingga membentuk sebuah lingkaran atau oval dengan cara mengelem dan diikat menggunakan tali antar bambu agar kuat
  • Setelah itu, berilah warna pada bambu yang sudah di susun menggunakan plitur atau cat
  • Tahap terakhir, kalian pasang atau tempelkan cermin pada permukaan bambu atau di tengah susunan bambu. Maka cermin dari bambu sudah siap digunakan.

Nah, itulah beberapa contoh kerajinan dari bambu yang bisa kalian coba di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Baik itu dari segi pembahasan kerajinan bentuk apapun.

 

Leave a Reply

Close Menu