Pakaian Adat Bali Beserta gambar Dan Penjelasannya

Pakaian Adat Bali,- Bali merupakan salah satu wilayah yang berada di Indonesia juga memiliki beragam kekayaan alam yang sangat besar didalamnya.

Pulau bali atau yang disebut juga dengan pulau dewata ini selain memiliki destinasi wisata yang sering di kunjungi  turis dari berbagai negara, Bali juga termasuk tempat yang kaya akan budaya.

Kebudayaan yang dimiliki Bali juga termasuk salah satu identitas budaya terbesar yang ada di Indonesia. Salah satu kebudayaan yang sangat melekat dari pulau dewata ini adalah pakaian adat bali. Dan saya akan menjelaskan semua tentang pakaian adat Bali di bawah ini.

Pakaian Adat Bali Sebagai Identitas Budaya Nusantara

pakaian adat bali
source : Perpustakaan.id

Pakaian adat Bali merupakan pakaian adat yang juga merupakan identitas budaya nusantara yang sangat tinggi nilai kebudayaannya. Pakaian adat Bali ini juga cukup terkenal di mata wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pakaian adat Bali ini memiliki nilai filosofis yang menunjukan makna pakaian adat tersebut.  Filosofi pada pakaian adat bali ini pada dasarnya merupakan sebuah kepercayaan yang bersumber pada ajaran Sang Hyang Widhi.

Sang Hyang Widhi adalah dewa yang diyakini oleh masyarakat bali yang dapat memberikan kegembiraan, kedamaian, dan juga keteduhan bagi umat Hindu yang mempercayainya.

Sebagai pakaian adat yang terkenal dan juga unik di Nusantara, pakaian adat Bali ini juga memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan pakaian ini dengan pakaian adat lainnya.

Ciri khas tersebut terletak pada bentuk fisiknya atau pun tradisi memakainya. Karena sebagai pakaian adat yang bervariasi dan juga pakaian ini membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya.

Ciri Khas Pakaian Adat Bali Sebagai Identitas Budaya Nusantara

ciri khas pakaian adat bali
source: Uzone.id

Pakaian adat Bali juga memiliki ciri khas yang unik dan menjiwai budaya lokal Bali itu sendiri. Pakaian adat yang di pakai oleh pria dan wanita ini berbeda, mulai dari bahan-bahan, model atau bentuk, dan juga aksesoris sebagai pelengkap pakaian adat tersebut.

Masyarakat Bali memakai pakaian adatnya tidak selalu pas hari-hari tertentu saja, tetapi sudah menjadi tradisi untuk menggunakannya dalam keseharian juga.

Jika anda mengunjungi pulau bali dan pergi ke tempat-tempat yang tertentu, pasti anda akan melihat banyak sekali masyarakat bali yang berpakaian adat sedikit terbuka walaupun mereka sedang tidak dalam hari-hari tertentu atau ada mengikuti acara apapun.

Itu semua menunjukan bahwa pakaian adat Bali sudah menyatu dengan aktivitas kehidupan masyarakat Bali. Namun tidak hanya berpakaian sedikit terbuka saja, tetapi anda juga dapat melihat baju yang tertutup dan itu merupakan salah satu jenis pakaian adat Bali.

Ada lagi yang menjadi ciri khas utama dari pakaian adat Bali yang berkaitan dengan masyarakatnya, yaitu nama dari jenis-jenis pakaian adat itu sendiri. Ada berbagai macam pakaian adat Bali dengan nama yang berbeda-beda. Dan berikut adalah nama dan jenis pakaian adat Bali beserta penjelasannya:

Nama-Nama Pakaian Adat Bali Beserta Penjelasannya

Pakaian adat Bali itu tidak hanya satu jenis, tetapi terdapat beberapa jenis pakaian adat Bali yang bisa anda ketahui. Dan pakaian adat Bali itu ada yang untuk pria dan juga wanita. Berikut adalah penjelasan nya:

Pakaian adat Bali Yang Digunakan Untuk Pria

pakaian adat bali pria
source: Bajutradisionals.com

Dalam budaya Bali, para pria juga kerap sekali menggunakan pakaian adat Bali ini dalam kegiatan keagamaan, tapi suka di pakai juga dalam kegiatan sehari-hari.  Dan pakaian adat Bali untuk pria ada beberapa bagian, mulai dari atas kepala sampai ke bawahnya

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini :

1. Udeng Ikat Kepala atau penutup kepala pada baju tradisional Bali

udeng bali
source : facebook

Pakaian adat Bali untuk pria yang pertama ini bahan pembentukannya sendiri dari kain yang dijahit dan dibentuk sebagai penutup kepala khas tradisional Bali. Udeng ikat kepala ini sering di pakai oleh masyarakat laki-laki yang ada di Bali untuk melakukan ritual ibadah di Candi.

Namun, kita juga bisa melihatnya walaupun tidak dalam melakukan ritual ibadah di candi saja, Dan itu bagi masyarakat Bali sah-sah saja memakai pakaian adat meskipun di luar hari-hari tertentu atau hari-hari biasa.

Udeng jika dilihat dari bentuknya itu sangat unik dan juga memiliki filosofi tersendiri. Yaitu simpul yang khas di bagian tengah penutup kepala ini, mengkhiaskan keharuan pemakaiannya untuk senantiasa berfikir bersih dan tetap khusyuk saat melaksanakan upacara keagamaan atau pun kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Pakaian Adat Benkulu Lengkap Beserta Penjelasannya

2. Baju Tradisional Bali – Baju safari ( Jas Berkerah )

pakaian bali
source : GPS Wisata – WordPress.com

Dalam pakaian adat Bali untuk baju yang digunakan pria merupakan baju sejenis kemeja tertutup yang menggunakan kancing dan berkerah. Dan kebanyakan baju yang dikenakan adalah baju yang berwarna putih.

Sepertinya tidak ada nama khusus untuk pakaian adat Bali ini. Dan aturan memakainya juga tidak harus secara lugas mengikat atau harus begini begitu. Dan bajunya terkadang ada yang bersaku di dada bagian kiri. Namun ada juga yang tidak.

Akan tetapi yang terpenting dari pakaian adat ini harus rapi, bersih dan sopan tentunya. Dan jika ingin dipadukan dengan pendukung  baju yang lainnya akan tetap terlihat selaras dan indah saat di pandang.

3. Kamen Atau Kain Bawahan Pakaian

kamen pria
source: Budaya Lokal

Kamen adalah kain bawahan yang ada pada pakaian adat Bali yang sering dikenakan oleh penduduk asli Bali. Kamen ini memiliki persamaan dengan sarung berbentuk persegi dengan kain tertentu.

Kamen terbuat dari kain yang tipis. Dan pria atau pun wanita memiliki aturan tersendiri saat memakai kain kamen ini.

Untuk pria pada umumnya, dikaitkan dengan cara melingkar di bagian pinggang dan arahnya dari kiri ke kanan. Dibentuk juga sedikit lipatan di bagian depan dengan simpul tertentu.

Untuk penggunaannya, jarak kain kamen dengan telapak kaki itu harus berjarak sekitar satu jengkal. Kemudian lipatan yang ada di bagian tengah sengaja di bikin lancip dengan ada sedikit bagian yang menjalur ke tanah. Hal tersebut karena menyimbolkan sebuah penghormatan kepada tanah leluhur masyarakat Bali.

Lalu ikatan atau simpul yang ada pada kamen tersebut menyimbolkan sebuah pengabdian atau Dharma.

Baca Juga: Pakaian Adat Sunda Lengkap Beserta Penjelasannya

4. Saput

saput bali
source: busanabali.com

Saput merupakan sejenis kain yang biasa digunakan di bagian lapisan atas kamen. Jadi pemakaian saput itu dikenakan setelah kamen terpakai dengan sempurna.

Cara mengkaitkan saput yaitu dengan mengikatkan saput di sekitar pinggang dan diputar dari arah kanan ke kiri. Kain ini juga sering kali i pakai dalam upacara keagamaan atau pernikahan.

5. Sabuk Selendang

sabuk selendang
source: silontong.com

Sabuk selendang hanya untuk sebagai pelengkap dan aksesoris pendukung, tapi bisa juga dikenakan sabuk dalam memakai baju adat Bali ini.

Sabuk yang digunakan juga tentunya merupakan sabuk tradisional, yaitu berupa seperti kain yang diikatkan dengan sampul hidup di pinggang setelah kamen dan saput.

sabuk tersebut memiliki filosofi tersendiri, yakni saat penggunaannya sendiri yaitu mengkhiaskan keharusan untuk bisa mengendalikan diri sendiri dari hal yang buruk, yang mana hal tersebut sangat penting untuk seorang pria.

Baca Juga: Pakaian Adat Papua Lengkap Beserta Penjelasannya

Pakaian Adat Bali Yang digunakan Untuk Wanita

pakaian adat bali wanita
source: Bajutradisionals.com

Berbeda dengan pria, bagi wanita pakaian adat Bali yang di kenakan terdiri dari sanggul, kamen, blus atau kebaya dan dua cummerbands, sabuk, dan juga selendang. Berikut adalah penjelasan baju adat Bali yang digunakan untuk wanita :

1. Sanggul Bali

sanggul bali
source: sanggul-sanggul.blogspot.com

Sebagaimana unsur pakaian adat untuk wanita dari beberapa daerah lain, di Bali pun para wanitanya menggunakan sanggul. Yang mana jika menggunakan sanggul ini akan menambah keanggunan wanita tersebut saat memakainya terlebih lagi bagi wanita Bali yang terkenal ayu.

Sanggul atau yang biasa disebut dengan pusung pada pakaian adat Bali ini ada beberapa jenis yang berbeda. Setidaknya ada 3 jenis sanggul yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Nama ketiga sanggul tersebut adalah pusung gonjer, pusung kekupu, dan pusung tagel.

Pusung gonjer biasa di pakai oleh para wanita di Bali yang masih lajang atau yang masih belum menikah

Sedangkan untuk pusung kekupu ini biasanya yang pakai secara khusus oleh wanita yang sudah berstatus janda.

Untuk pusung tagel ini dipakai khusus untuk golongan anita yang sudah menikah saja. Jadi ketiga jenis pusung tersebut harus di pakai sesuai dengan status nya masing-masing.

2. Kebaya Bali

kebaya bali
source: infokebaya.com

Tidak hanya daerah lain  yang memiliki pakaian adat kebaya, tapi Bali juga memiliki pakaian adat kebaya yang biasa digunakan sebagai elemen terpenting dalam berbusana tradisional.

Adapun kebaya tradisional yang biasa dikenakan para wanita Bali ini yang memiliki corak dan motif yang cukup sederhana dengan paduan warna yang cerah dan segar. Dengan begitu sisi anggun dan ayu pada wanita yang mengenakan baju kebaya tersebut akan tergambarkan secara lebih konkret.

3. kamen Wanita Bali

kamen wanita
source: tenunbali.com

Sama seperti para pria untuk bagian bawahan para wanita juga mengenakan kain kamen. Namun tentunya berbeda dengan kamen yang di pakai oleh pria, baik dari corak maupun dari pemakaiannya.

Corak yang ditampilkan biasanya berupa batik yang warna nya cerah dan segar dipandang oleh mata.

Fungsi dari kamen ini sendiri sudah jelas untuk pengganti celana, penutup bagian kaki. Kain kamen biasanya digunakan sekiranya sejengkal dari telapak kaki. Dengan tujuan agar terlihat anggun, dan wanita juga masih bisa bergerah dan berjalan dengan nyaman.

4. Selendang

selendang bali
source: busanabali.com

Selendang ini hanya untuk aksesoris tambahan  biasanya dikenakan ornamen selendang atau disebut juga dengan senteng. Cara pemakaiannya juga hanya di selempangkan saja di bahu.

5. Sabuk Prada

sabuk prada
source: harianriez.com

Pada bagian pinggang wanita juga dikenakan sabuk prada. Sabuk ini digunakan untuk menahan kamen agar tidak melorot. Selain untuk fungsi tersebut, tampilan wanita yang mengenakan sabuk ini juga setidaknya jadi lebih anggun dan berseri.

Sabuk prada ini juga memiliki filosofi tersendiri, yakni saat pemakaiannya. Filosofi dari pemakaian sabuk ini adalah sebagai gambaran untuk melindungi diri khususnya bagian rahim sebagai anugerah dari tuhan.

Selain menggunakan pakaian yang ada di atas [ara wanita atau penari Bali juga kerap menggunakan ornamen lain sebagai hiasan. Salah satunya adalah Bunga kecil yang diselipkan di sela-sela daun telinga yang sudah menjadi ciri khas dari kebudayaan Bali.

Nah, itulah beberapa nama-nama pakaian adat Bali untuk pria atau pun wanita beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda dan juga memberikan wawasan yang lebih luas lagi tentang budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Close Menu