Pakaian adat Papua Lengkap Beserta Penjelasannya

Papua adalah wilayah paling timur Indonesia dan menyimpan banyak sekali keindahan alam yang menakjubkan juga pakaian adat yang unik

Provinsi yang dulunya bernama Irian Barat ini memiliki kebudayaan dan pakaian adat yang unik. Pakaian adat Papua ini juga memiliki ciri khas, fungsi dan filosofi tersendiri.

Namun seiring berjalannya waktu, beberapa masyarakat Papua sudah mulai meninggalkan beberapa baju dan celana adat tradisionalnya, dan beralih ke pakaian modern. Walau begitu, karena sudah menjadi khazanah budaya Indonesia maka harus tetap ada dan jangan pernah melupakannya.

Perbedaan Pakaian Adat Papua Laki-laki Dan Perempuan

 

Pakaian adat Papua ini memiliki perbedaan antara yang di pakai oleh laki-laki maupun perempuan.  Dan berikut adalah perbedaan antara pakaian adat Papua laki-laki dan perempuan :

Pakaian adat Papua Untuk Laki-laki

pakaian adat papua laki-laki

Perlu kalian ketahui bahwa pakaian adat yang di pakai oleh warga laki-laki di Papua ini berbahan dasar dari daun sagu. Dan bentuk dari pakaian adat ini seperti rok yang rumbai-rumbai.

Pakaian ini juga digunakan untuk menutupi kemaluan para laki-laki. Untuk bagian atas kepala ada seperti hiasan yang terbuat dari bahan dasar bulu burung dan juga daun sagu yang terbentuk sangat rapi.

Pakaian adat ini juga dihiasi dengan aksesoris yang terbuat dari daun sagu dan taring babi. Dan pakaian ini memiliki fungsi dari aksesoris nya yaitu

Fungsi Aksesori Pakaian Adat Papua

Fungsi dari pakaian adat ini adalah simbol kejantanan dari para kaum laki-laki. Dan masih banyak aksesoris lainnya yang tidak kalah uniknya seperti, gelang dan kalung yang terbuat dari bahan dasar gigi anjing dan bulu burung cendrawasih.

Pakaian Adat Papua Untuk Perempuan

pakaian adat papua perempuan

Untuk pakaian adat Papua yang di pakai oleh perempuan dibuat sehalus mungkin dengan memberikannya sedikit motif.

Motif yang terdapat pada pakaian adat tersebut berbentuk bulat-bulat kecil dan warna yang ada dalam pakaian adat ini hanya 2 warna saja.

Motif yang ada pada pakaian adat ini berwarna merah dan putih seperti halnya bendera kebanggaan kita yaitu Bendara Indonesia yang berwarna merah dan putih.

Baca Juga: Pakaian Adat bengkulu Lengkap Beserta Penjelasannya

Filosofi Motif Warna Pakaian Adat Papua Untuk Perempuan

Pakaian adat ini juga memiliki filosofi pada warna motifnya yaitu warna putih melambangkan kesucian seorang perempuan. Dan warna merah melambangkan darah yang menggambarkan keberanian.

Warna merah ini juga bukan dari darah sungguhan, akan tetapi terbuat dari campuran tanah liat dan air. Dan tradisi ini masih terikat erat oleh suku Asmat di Papua Barat.

Nama-Nama Pakaian Adat Papua Dan Aksesorisnya

Pada dasarnya semua baju adat pasti memiliki namanya sendiri-sendiri dan setiap baju adat juga memiliki aksesorisnya masing masing, seperti pakaian adat yang satu ini yang memiliki nama yang cukup unik dan memiliki aksesoris juga, dan berikut adalah

Nama Pakaian Adat Papua

1. Rok Rumbai Papua

 

Hampir semua masyarakat Papua ini memakai pakaian adat dengan rok rumbai seperti ini. Dan rok rumbai ini juga terbuat dari susunan daun sagu kering.

Fungsi dari rok rumbai ini yaitu untuk menutupi bagian tubuh tertentu seperti  tubuh bagian bawah, Rok rumbai ini juga tidak hanya di pakai oleh perempuan saja, tapi rok ini juga suka digunakan oleh laki-laki juga.

2. Yokal Papua

 

Pakaian adat yang satu ini terdapat di daerah Papua Barat dan sekitarnya. Dan baju ini hanya digunakan oleh para perempuan saja yang sudah memiliki keluarga.

Pakaian adat ini hanya bisa kita jumpai di daerah pedalaman Papua saja. Untuk warna pakaian adat ini yaitu warna cokelat sedikit kemerahan.  Dan baju ini tidak di perjual belikan karena pakaian ini merupakan simbolis masyarakat Papua yang menggambarkan kedekatannya dengan alam

3. Sali Papua

 

Nah, pakaian adat yang ini berbeda dengan Yokal, kalau pakaian Yokal itu hanya digunakan untuk perempuan yang sudah berkeluarga. Sedangkan Sali ini merupakan baju adat yang digunakan untuk perempuan yang masih lajang atau belum menikah.

Bahan dasar dari pakaian ini juga sangat menarik sekali karena terbuat ari kulit pohon. Dan warna yang dihasilkan dari kulit pohon ini akan digunakan untuk pakaian Sali ini

Baca Juga: Pakaian Adat Sunda Lengkap Beserta Penjelasannya

4. Holim Papua

koteka papua
source: merahputih.com

 

Pakaian Holim ini pada dasarnya dipakai oleh para laki-laki yang berasal dari suku Dani di Papua. Pakaian ini juga memiliki nama lain yang disebut juga dengan Koteka yang berbahan dasar dari kulit labu ali.

Pakaian adat holim ini memiliki fungsi yaitu bisa digunakan untuk apa saja dalam kegiatan sehari-hari. Dengan banyaknya suku di Papua, bentuk  holim ini juga berbeda-beda.

Aksesoris Pakaian Adat Papua

1. Noken

Noken adalah aksesoris berbentuk tas yang terbuat dari anyaman kulit kayu. Fungsi dari aksesoris ini yaitu untuk menyimpan umbi-umbian ataupun sayur-sayuran.

Untuk pemakaian noken ini caranya dengan mengaitkannya di kepala, tapi lama–kalamaan ada juga yang cara diselempangkan.

2. Gigi Hewan Babi dan Anjing

Untuk Aksesoris yang satu ini memang sering kali digunakan, seperti gigi anjing digunakan sebagai hiasan pada kalung dan gigi babi digunakan di antara lubang hidung.

Ciri Khas Pakaian Adat Papua

ciri khas pakaian papua

Seperti pakaian adat pada umumnya, pakaian adat Papua ini juga memiliki ciri khas yang tak kalah penting yang menjadi pembeda dari kebanyakan pakaian adat yang lainnya.

Pakaian adat ini juga ada pembagian berdasarkan umur juga yaitu untuk pemakaian orang dewasa dan juga pemakaian pada anak-anak.

Jika pemakaian pada anak-anak dinamakan dengan pakaian adat anak Papua, tapi ada hal yang tak kalah penting lainnya yaitu bagian-bagian yang harus dikenali secara pasti dari pakaian itu sendiri.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali Lengkap Beserta Penjelasannya

Keunikan Pakaian Adat Papua

 

Pakaian ini juga memiliki keunikannya tersendiri yang beda dari pakaian-pakaian adat yang lainnya, contohnya seperti

  • Rok Rumbai
    Rok rumbai ini memiliki keunikannya sendiri yaitu masih menggunakan nuansa rumbai  dalam segi designnya. Rok ini juga sangat fleksibel dan bisa digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan.
  • Hiasan Rumbai Kepala
    Untuk hiasan ini digunakan di kepala yang berbentuk seperti mahkota namun berumbai-rumbai. Bahan hiasan rumbai ini terbuat dari bulu burung Kasuari yang berwarna putih. Namun  bukan hanya bulu burung saja, tapi bulu kelinci juga suka dijadikan hiasan kepala adat Papua.
    Bentuk dari topi ini juga sangat unik loh!, dan topi ini juga biasanya di gunakan oleh kepala suku setempat.
  • Koteka
    Kalian semua pasti tahu Kotekan kan? Tapi tidak tahu keunikan dari koteka ini ya!. Nih saya kasih tahu kepada kalian bahwa koteka ni memiliki keunikan pada saat pemakaiannya. Karena pemakaian koteka ini yaitu pada bagian kemaluan.
    Ada yang harus kalian ketahui dari koteka ini. Koteka yaitu pakaian, nama koteka ini dipakai oleh suatu suku di Panial.
    Bentuk koteka ini juga adalah selongsong mengerucut pada bagian depan. Dan dikaitkan paa pinggang hingga mengarah ke atas.
  • Lukisan Gambar Pada Tubuh Orang Papua
    Perlu kalian ketahui bahwa pakaian adat Papua ini memang tidak menggunakan atasan. Jadi sebagai gantinya adalah melukis gambaran pada tubuhnya.
    Untuk warna yang sering digunakan adalah warna putih dan merah. Warna merah itu sendiri berasal dari pasta liat sedangkan warna putih berasal dari kulit kerang yang dihaluskan.
    Tapi zaman semakin maju dan pakaian adat Papua modern juga sudah muncul. Ciri khas dari pakaian ini adalah menampilannya yang lebih tertutup dan juga sopan dari yang biasanya.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pakaian adat Papua. Semoga adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga wawasan yang lebih l;uas mengenai pakaian-pakaian adat dari daerah lainnya. Terimakasih.

Leave a Comment