Pakaian Adat Sunda Lengkap Beserta Penjelasannya

Sunda merupakan salah satu suku mayoritas di Provinsi Jawa Barat. Suku sunda juga memiliki kebudayaan yang juga merupakan salah satu kebudayaan tertua di Indonesia dan pakaian adat sunda

Banyak sekali ragam dan bentuk budaya Jawa Barat khususnya Sunda yang memiliki ciri khas nya seperti pakaian adat Sunda ini.

Ada juga beberapa diantaranya merupakan warisan leluhur yang tidak ternilai harganya dan harus dipertahankan. Seperti kesenian tradisional tari, alat musik sunda, huruf aksara sunda dan masih banyak lagi.

Pakaian Adat Sunda

pakaian adat sundaSunda merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki pakaian adat yang khas. Dan pakaian adat ini juga berbeda dengan daerah yang lainnya, karena pakaian adat sunda ini memiliki keunikan tersendiri.

Secara geografis Sunda ini berada di pulau Jawa bagian barat yang meliputi Banten dan juga Jawa Barat. Jadi pakaian adat sunda sama pakaian adat Jawa Barat itu sama saja.

Pada umumnya pakaian adat sunda ini dikelompokkan menjadi 6 kelompok. Dan 6 jenis pakaian adat Sunda ini juga berdasarkan pembagian dari setiap Kasta, mulai dari kasta yang paling bawah atau rakyat jelata sampai kasta kalangan atas atau bangsawan.

Akan tetapi pembagian kasta tersebut tidak bermaksud untuk menghina kalangan bawah maupun atas, dan itu semua di wariskan secara turun-temurun. Dan bukan hanya untuk pembagian kasta juga, pakaian adat ini juga di pakai alam acara resmi dan juga pernikahan.

1. Baskap Untuk Acara Resmi

pakaian adat sunda resmi
source: inspirilo.com

Baskap merupakan nama pakaian adat sunda yang berasal dari Bandung yaitu sejenis kemeja resmi untuk laki-laki. Pakaian adat yang satu ini digunakan pada saat acara resmi saja.

Baskap ini memiliki tekstur tebal, dengan kerah baju yang tidak memiliki lipatan. Warnanyapun beragam, tapi biasanya pakaian ini berwarna gelap dan polos.

Jika kita lihat dari dekat Baskap ini ada perbedaan ukuran potongan di bagian depan yang tidak simetris. Dan itu semua bertujuan untuk pemakaian aksesoris yang mungkin cukup berat seperti keris.

Pada kancingnya juga memiliki pola yang menyamping, dan pakaian ini hampir sering dipadukan dengan jarik, jarik ini sejenis kain panjang yang diikatkan untuk menutupi kaki.

Pakaian ini juga di buat berbeda antara laki-laki dan perempuan. Dan biasanya sering disebut Mojang dan jajaka.

  • Pakaian mojangUntuk para mojang biasanya memakai pakaian adat yang berupa kebaya dengan paduan warna yang polos. Dan atasannya menggunakan kain. Tak lupa juga menggunakan selop yang di sesuaikan dengan kebaya.

    Kemudian pemakaian ikat pinggang (beubeur) agar berguna untuk dikencangkan dengan kain. Lalu memakai selendang atau karembong.

  • Pakaian JajakaSedangkan pakaian pada jajaka ini menggunakan atasan Baskap atau jas tertutup yang berwarna hitam. Dengan celana panjang yang biasanya disesuaikan dengan warna baju.

    Untuk di bagian kepala memakai peci atau bendo. Juga menggunakan selop (kelom) untuk alas kakinya. Aksesoris jam emas yang dipasangkan dengan cara dijepit di saku.

    Pakaian adat resmi ini bisa termasuk kedalam pakaian adat sunda modern atau baju adat Jawa Barat Modern.

Baca Juga: Pakaian Adat Bengkulu Lengkap Beserta Penjelasannya

2. Pakaian Adat Pengantin Sunda

pakaian penganti adat sunda
source: www.idntimes.com

Pakaian adat pengantin ini untuk pada wanita yaitu mengenakan kebaya brokat dengan aksesoris gelang, cincin permata, dan juga dua kalung pendek dan panjang yang digunakan secara bersamaan.

Untuk bawahannya menggunakan kain batik kebal Lereng Eneng Prada. Sedangkan pakaian adat pengantin untuk laki-laki menggunakan Jas Buka Prangwedana dengan warna yang disesuaikan dengan mempelai wanitanya.

Pengantin laki-laki ini juga menggunakan kain batik dan juga menggunakan menutup kepala berupa bendo dengan hiasan permata.

Lalu pada bagian bawahannya adalah Boro Sarangka yaitu sejenis kantong atau tempat menyimpan keris.

3. Pakaian adat Sunda Untuk Anak-anak

pakaian adat untuk anak
source: Perpustakaan.id

Pakaian adat ini juga ada untuk anak-anak, dan untuk yang perempuan memakai kebaya sunda dengan kain kebat.

Sedangkan anak laki-laki menggunakan baskap dengan bendo dan juga kain kebat. Pakaian ini juga bisa dipakai untuk acara tertentu seperti peringatan hari Kartini dan juga wisuda sekolah.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali Lengkap beserta Penjelasannya

4. Pakaian Adat Kelas Bawah

pakaian adat untuk rakyat bawah
source: Bajutradisionals.com

Nah ini dia pakaian adat yang tadi sudah saya bahas yang memiliki pengelompokan antara rakyat kelas bawah sampai atas.

Ini salah satunya pakaian adat kelas bawah, pakaian ini terlihat sederhana dan juga terkesan usang. Dan kaum kelas bawah atau biasa dikenal dengan para kaum petani di kalangan masyarakat Sunda.

Pakaian ini juga berbeda antara yang dipakai oleh laki-laki dan juga perempuan, dan berikut perbedaannya.

  • Pakaian adat pada laki-lakiUntuk pakaian adat pada laki-laki yaitu memakai celana dengan ukuran besar atau biasa juga disebut dengan celana pangsi atau komprang. Nah, untuk atasannya yaitu menggunakan baju salontreng,

    Tapi pakaian adat untuk rakyat kalangan bawah ini sering disebut juga dengan baju pangsi. Baju ini memiliki ciri khas pada sarung yang diselempangkan. Dan untuk alas kaki menggunakan sandal terumpah yang terbuat dari kayu.

    Untuk aksesorisnya yaitu sabuk, ikat kepala (logen) dengan model Barambang Semplak dan Hanjuang Nangtung.

  • Pakaian adat pada perempuanSedangkan pada pakaian perempuan itu biasanya menggunakan kain batik yang panjang (sarung kebat). Atau biasa disebut dengan Sinjang Bundel sebagai bawahannya.

    Lalu memakai bebeur atau ikat pinggang dengan kamisol dan kebaya. Kedua motif tersebut di balut dengan batik yang anggun. Menggunakan alas kaki sandal jepit keteplek.

5. Pakaian Adat Untuk Kalangan Atas

pakaian adat sunda kalangan atas
source: www.romadecade.org

Untuk pakaian adat dari kalangan atas ini tampak kontras dan jelas dibandingkan dengan pakaian adat dari kalangan bawah tadi.

Pakaian ini biasanya dipakai oleh kamu menengah yang berprofesi sebagai pedagang, pengusaha, dan juga saudagar.  Pakaian ini juga berbeda dengan yang dipakai oleh laki-laki ataupun perempuan

  • Pakaian adat untuk laki-lakiPakaian adat yang dipakai oleh laki-laki dari kalangan atas ini biasanya menggunakan pakaian sejenis jas yang berwarna putih yang disebut juga dengan Baju Bedahan.

    Dipadukan dengan kain kebat yang disarungkan, dan memakai sabuk juga ikat kepala yang disebut dengan bengker.

    Sebagian dari kalangan atas ini juga biasanya memakai jam arloji yang berwarna keemasan yang digantung di kantong pakaian sebagai aksesoris.

  • Pakaian adat untuk perempuanNah, sedangkan untuk pakaian adat pada perempuan ini atasannya memakai kebaya dengan aneka warna dan corak. Dan dipadukan dengan sanggul kepala juga kain kebat sebagai rok bawahannya.

    Pakaian adat ini juga menggunakan selendang yang berwarna. Dan alas kaki menggunakan sandal kelom geulis juga beberapa perhiasan sebagai tambahan aksesoris.

Baca Juga: Pakaian Adat Papua Lengkap Beserta Penjelasannya

6. Pakaian Adat Untuk Kalangan Bangsawan (Menak)

pakaian adat sunda kalangan bangsawan
source: budayajawa.id

Pakaian adat sunda yang terakhir adalah pakaian adat untuk kalangan bangsawan atau menak. Pakaian ini juga tampilannya memiliki kadar kelayakan yang berkali-kali lipat dari pada jenis pakaian yang sebelumnya.

Pakaian ini juga memiliki perbedaan antara yang di pakai oleh laki-laki dan juga perempuan, dan berikut adalah perbedaannya.

  • Pakaian untuk laki-lakiPakaian yang digunakan untuk laki-laki ini terdiri dari jas beludru hitam. Jas tersebut terbuat dari benang emas tepat pada bagian ujung lengan.

    Dengan celana panjang motif yang serupa dengan jas dan sabuk emas. Lalu sebagai tutup kepalanya menggunakan bendo dan sandal selop hitam sebagai alas kakinya.

  • Pakaian untuk perempuanSedangkan pakaian yang digunakan oleh perempuan ini adalah kebaya berbahan beludru hitam yang disulam dengan tambahan manik-manik. Kain kebat dengan motif rereng sebagai bawahannya.

    Lalu untuk alas kakinya itu menggunakan selop berabahan beludru hitam juga dengan tambahan aksesoris berupa sanggul rambut dengan konde dan perhiasan.

Nah itulah penjelasan saya kali ini mengenai pakaian adat sunda. Yang pakaian tersebut terbagi untuk beberapa kalangan mulai dari kalangan bawah sampai kalangan bangsawan.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan pelajaran kepada anda semua mengenai pakaian-pakaian adat. Dan semoga bisa memberikan manfaat juga wawasan yang lebih luas lagi.

Leave a Reply

Close Menu