Pendakian Ke Gunung Cikuray : Pengalaman Yang Tiak Pernah Terlupakan

Pendakian Ke Gunung Cikuray,-  Mungkin tidak semua orang merasakan pengalaman bagaimana serunya melakukan pendakian ke puncak gunung. Melewati trek yang sulit, kebersamaan dalam membangun kerja sama saat melakukan pendakian. Dan pastinya tujuan untuk melakukan pendakian ke puncak gunung itu adalah untuk melihat pemandangan yang sangat indah sekali. Begitupun saya, saya memiliki pengalaman yang sangat tidak terlupakan saat melakukan pendakian ke gunung cikuray.

Daftar Isi

Pendakian ke Gunung CikurayPengalaman ini sudah lumayan lama terjadi sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu. Pada awal mulanya saya dan teman-teman saya lagi nongkrong di warung pada jajan dan memburu wifi gratis haha.  Waktu itu seperti biasanya pada maen game mobile legend, pas waktu saya lagi maen game ada teman saya yang mengajak semuanya untuk pergi naik ke puncak gunung. Ajakan tersebut awalnya cuman candaan doang, eh ternyata malah di ajak serius dan dadakan pula ngajak nya juga.

Di  situ teman-teman saya sepakat untuk pergi naik ke puncak gunung cikuray pas hari besoknya. Saya bingung karena tidak punya peralatan yang harus di bawah untuk mendaki gunung. Dan untungnya ada teman saya yang tau tempat menyewa alat-alat untuk mendaki gunung. Saya dan teman saya pun langsung ke tempat yang di bicarakan tadi oleh teman saya.  Karena acaranya dadakan sekali saya dan teman saya buru-buru mempersiapkan segalanya dari mulai perlengkapan untuk muncak sampai membeli makanan pas malam itu juga.

Sebelum persiapan saya dan teman saya membagi tugas agar cepat beres mempersiapkan segalanya. Ada yang mempersiapkan perlengkapan buat ke gunung dan ada juga yang membeli makanan untuk kebutuhan saat kita muncak nanti.

Dan kita prepare itu kurang lebih sampai jam 12.00 malam. Disana saya dan teman saya tidak bisa tidur, dan tidur itu sekitar jam 2 pagi. Karena kita tidurnya kemaleman jadi berangkat ke Garut nya agak telat harusnya jam 5 pagi jadi berangkatnya jam 7 pagi karena harus mandi dulu makan dulu siapin ini dan itu.

Setelah semuanya siap lalu berangkat lah kita ke Garut yang tujuan nya ke Gunung Cikuray. Karena pertama kali nya pergi ke gunung dan tidak tau arah jalan menuju ke sana nya akhirnya kita banyak tanya-tanya kepada orang yang ada di pinggir jalan.  Nah setelah itu sampai lah kita di pos yang berada di kawasan kebun teh. Karena kita di beri tahu jalan nya yang mengarah ke kebun teh.

Disana kita melakukan pembayaran untuk masuk ke kawasan kebun teh dan menitipkan helm agar tidak ribet bawa nya. Setelah itu kita langsung berangkat ke tempat tujuan melalui jalur kebun teh yang sangat luas sekali. Jalan yang berbatu membuat saya dan teman-teman saya agak kesulitan melewati treknya. Tetapi trek tersebut tidak membuat saya dan teman-teman saya menyerah, dan saya terus melanjutkan perjalanan sampai ke tempat parkir Gunung Cikuray.

Kita sampai di tempat parkir Gunung Cikuray itu sekitar jam 9. Dan kita langsung istirahat dulu sebentar untuk makan dulu dan minum dulu. Setelah kita beres istirahat kita langsung melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju ke pos pendaftaran untuk naik ke puncak Gunung Cikuray. Dengan berat tas kurang lebih 50kg kita melanjutkan perjalanan ke pos satu sekitar jam 11.20 siang dan beruntung sekali cuacanya sangat cerah.

Pendakian ke Gunung CikurayKarena baru pertama kali naik ke puncak gunung, baru naik tanjakan yang bernama “cihuyhuy”  sudah lelah minta ampun. Jadinya kita sepakat untuk melakukan pendakian selama 20 menit sekali istirahat dulu sebentar 5 menit langsung lanjutkan lagi perjalanannya.

Dengan melanjutkan perjalanan yang seperti itu kita sampai di pos 1 itu kurang lebih jam 1 siang. Lalu kita istirahat sejenak dan melanjutkan lagi perjalanan ke pos dua yang trek nya sudah lumayan susah. Dan kita sampai di pos 2 sekitar jam 2 lebih atau sekitar 1 jam lebih perjalanan menuju pos 2. Dan istirahat lagi.

Setelah melanjutkan pendakian menuju pos 3, kita semua sepakat untuk istirahat dan mendirikan tenda di pos 3. Dikarenakan kurang tidur jadi perjalanan menuju puncuk di tunda dulu. Kita mendirikan tenda di pos 3 langsung makan dan istirahat untuk tidur dulu sampai subuh.

Pada pukul 08.00 malam cuaca menjadi kurang bersahabat, karena terjadi hujan dan petir sampai saya kebangun dari tidur saya. Saya diam dulu sejenak dan langsung tidur lagi sampai bangun lagi sampai jam 02.00 dini hari. Saya membangunkan teman-teman saya sekitar jam setengah 3 pagi karena kita akan melanjutkan pendakian sampai puncak. Sebelum melanjutkan pendakian saya dan teman saya memasak air hangat untuk minum kopi dulu biar tubuh agar terasa hangat.

Setelah minum kopi saya dan teman saya melanjutkan pendakian pada pukul 3 dini hari. Dan meninggalkan sebagian tas yang berat di tenda. Karena cuaca yang sangat amat dingin sampai-sampai saya memakai jaket 3 lapis sekaligus agar tidak terkena hiportemia karena melakukan pendakian jam 3 dini hari.

Dengan berbekalkan kantong 1 dan senter saya dan teman saya terus melanjutkan pendakian seperti biasa dengan sistem beberapa menit istirahat dan lanjutkan lagi. Nah, sekitar jam 04.30 kita bersepakat untuk istirahat sambil makan mie instan dulu, agar stamina naik kembali. Saat kita makan ternyata yang pergi untuk mendaki pada dini hari bukan hanya kita doang, ternyata ada orang lain lagi yang sama melakukan pendakian pada dini hari.

Setelah selesai makan, saya dan teman saya melanjutkan pendakian. Dan sampai di pos 7 itu kira-kira sekitar jam 05.30 atau lebih sedikit. Istirahat sebentar untuk minum langsung melanjutkan lagi pendakian nya sampai puncak yang tidak jauh dari pos 7. Kita sampai puncak itu sekitar jam 6 pagi. Dan begitu banyaknya para pendaki yang berkemah di puncak Gunung Cikuray ini.

Pendakian ke Gunung CikuraySetelah sampai nya di puncak saya di suguhkan ke agungan yang maha kuasa yaitu pemandangan yang sangat menakjubkan . Sangat indah sekali melihat pemandangan nya sampai tidak bisa di katakan oleh kata-kata.

Di puncak saya langsung mengabadikan momen saya dengan berfoto- foto ceria sambil memandang terbit nya Sunrise. Sebagian teman saya ada yang lagi memasak air untuk menyeduh kopi biar suasana menjadi hangat.

Setelah sudah lama memanjakan mata dengan pemandangan-pemandangan yang sangat indah, kita bersepakat untuk kembali ke pos 3 untuk makan dan beres-beres tenda. Dan setelah itu lalu kita pulang lagi kembali ke kampung halaman yang sangat dicintai.

Nah, itulah pengalaman saya pertama kali melakukan pendakian ke gunung cikuray. Pengalaman tersebut adalah pengalaman yang tidak bisa saya lupakan seumur hidup saya. Karena melakukan pendakian ke gunung cikuray banyak sekali momen-momen yang langka di temukan di kehidupan sehari-hari saya. Karena di sana kita bisa berbaur dengan alam sekitar kita dan juga kita harus menjaga nya agar tetap hijau.