Praktek Ujian Kompetensi Semester Akhir Di Sekolah

Praktek Ujian Kompetensi,- Setiap sekolah kejuruan pasti akan mengadakan yang namanya praktek ujian kompetensi di kelas 3 pada semester akhir.

Saya juga merasakan pengalaman UJIKOM pada waktu saya masih sekolah dulu, dan berikut adalah pengalaman saya dalam mengerjakan praktek ujian kompetensi.

Pengalaman Saat Praktek Ujian Kompetensi Akhir Semester Di Sekolah

 

praktek uji kompetensi
source : suaramerdeka.com

 

Waktu itu saya sekolah di SMK (sekolah menengah kejuruan) dan sudah pasti kalau kejuruan itu akan banyak sekali ujian praktek yang harus diikuti.

Pada saat itu saya sudah masuk kelas 3 dan sudah pasti akan lebih lama jam pelajaran dan di perbanyak  jam prakteknya.

Karena kalau sudah masuk kelas 3 itu jadwal pelajaran nya hanya sekitar kurang lebih 9 bulan dan itu semua pasti akan di gedor terus pelajaran dan praktek nya.

Dalam 9 bulan tersebut itu akan ada beberapa ujian yang wajib diikuti agar bisa memperbaiki nilai-nilai raport selama 3 tahun sekolah.

Ujian yang harus diikuti itu diantaranya adalah :

  • Ujian praktek
  • Praktek kerja lapangan
  • Sidang hasil praktek kerja lapangan
  • Ujian kompetensi
  • Ujian nasional

Nah, itu semua harus diikuti oleh semua para siswa, kalau tidak nanti akan menjadi suatu masalah yang serius pada kelulusan.

Pada saat masih sekolah saya memilih jurusan Transmisi Telekomunikasi dimana fokus belajarnya semua pada jaringan internet.

Sebelum ujian kompetensi di mulai, saya melakukan praktek biasa, lalu praktek kerja lapangan,  dan sidang hasil kegiatan praktek kerja lapangan. Dan semua proses itu sangat lama hampir memakan waktu sekitar 6 bulan saya mengikuti semua praktek-praktek tersebut.

Setelah melakukan kegiatan berbagai praktek selama 6 bulan itu, tiba lah waktu ujian kompetensi yang akan menambah penilaian untuk semester akhir nanti. Ujian kompetensi ini di adakan sebelum UN dan try out sekolah di mulai.

Ujian Kompetensi Semester Akhir

belajar praktek
source : educenter.id

 

Ujian kompetensi ini akan di awasi langsung dari para ahli setiap kejuruan nya masing-masing. Dan saya dari jurusan Transmisi Telekomunikasi akan di awasi langsung dari PT. Telkom Indonesia.

Itu semua akan menentukan nanti kedepannya agar bisa ikut kerja di PT. Telkom Indonesia. Dan juga mendaptakan sertifikat untuk mempermudah dalam melamar kerja. Dan itu juga berlaku untuk semua jurusan agar dapat melamar kerja di tempat yang sama dengan jurusan nya.

Ujikom ini berlangsung kurang lebih seminggu, karena ini pengerjaan prakteknya harus dengan sungguh-sungguh agar tidak mengulang lagi dari awal prakteknya.

Pengawasnya juga itu pada tegas-tegas, jadi jangan membuat para pengawas marah, dan intinya kita harus serius dalam mengerjakan semua  praktek tersebut.

Ada beberapa tahap dalam melakukan ujian kompetensi kali ini, yaitu ada 5  tahap yang harus di jalani dalam praktek Ujian kompetensi ini, dan  5 tahap tersebut meliputi :

  1. Menjawab kode warna pada kabel
  2. Cek jarak kabel optik yang putus atau gangguan
  3. Cara penyambungan kabel optik
  4. Menghitung
  5. Wawancara hasil praktek

Nah, itu semua harus di kerjakan dengan serius dan harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk menghapal apa-apa saja materi yang pernah di ajarkan oleh guru.

Waktu itu saya harus menunggu giliran ujian kompetensi dari pagi sampai sore, karena kebagian giliran sore harinya dan itu proses nya juga lumayan lama. Dan berikut adalah proses saya dalam mengikuti ujian kompetensi .

Menjawab Kode Warna Pada Kabel

warna-fiber-optic-cable
source: pixabay.com

 

Semua kabel itu bukan berarti hanya bisa di bilang kabel biasa aja, akan tetapi kabel juga ada yang mempunyai kode warna nya termasuk kabel optik ini.

Nah, waktu saya di panggil ke dalam ruangan untuk mengikuti ujian kompetensi tahap pertama yaitu harus menjawab kode warna yang ada pada kabel optik ini. Lalu saya di suruh duduk oleh pengawas yang sangat tegas.

Saya langsung di beri pertanyaan apa saja jenis kode warna yang terdapat pada kabel optik, dan saya pun menjawabnya dengan hanya beberapa yang salah, tapi tidak apa-apa kata pengawasnya dan boleh lanjut ke tahap berikut nya.

Cek Jarak Kabel Optik Yang Putus Atau Gangguan

jarak kabel optik
source: liputan6.com

 

Setelah saya melewati tahap pertama, saya langsung memasuki tahap kedua yaitu mengecek kabel yang putus dengan menggunakan alat yang sudah disediakan dari PT. Telkom Indonesia ini.

Disini saya harus teliti dalam mengecek seberapa panjang kabel yang putus tersebut, karena nantinya akan dilakukan penyambungan kabel. Dan saya pun tahap ini menyeselesaikan nya dengan teliti.

Karena kalau di cek dengan manual itu kita bakalan capek sekali karena harus melihat langsung ke tempat kabel tersebut putus. Jadi agar tidak capek pihak pengawas menyediakan alat untuk melakukan simulasi seperti apa pengecekan kabel yang putus itu.

Cara Penyambungan Kabel Optik

alat penyambung kabel optik
source: tjakraagungpersada.blogspot.com

 

Setelah saya selesai melakukan pengukuran panjang kabel yang gangguan, saya langsung memasuki tahap selanjutnya yaitu sesi penyambungan kabel optik dengan menggunakan alat yang di sediakan oleh sekolah.

Saya langsung melakukan cara penyambungan kabel optik ini. Karena kabel optik ini terbuat dari serat kaca dan kabel tersebut di lapisi 3 lapisan bagian kabel untuk melindunginya jadi saya harus membuka bagian-bagian kabel luasnya sebelum ke inti kabel yang akan di sambungkan.

Pertama-tama saya harus mengupas dulu bagian paling luas kabel optik ini dengan obeng pembuka kabel, lalu setelah itu mengupas bagian ke dua dengan menggunakan obeng yang sama, setelah itu terlihat lah inti kabel serat optik ini.

Inti kabel ini harus di bersihkan dulu pakai tisu dengan alkohol agar bersih saat proses penyambungannya. Setelah itu masukan kabel serat optik tersebut ke dalam kotak dengan harus berhati-hati karena kabel ini sangat kecil dan mudah pecah karena terbuat dari kaca.

Nah, setelah sudah memasukan kabel serat optik ini saya langsung melakukan penyambungan dengan alat yang disediakan oleh sekolah, dan itu harus halus penyambungan nya dengan nilai 0,1 desibel. Kalau tidak nantinya akan memperburuk keadaan jaringan saat akan di pakai.

Setelah saya berhasil menyambungkan kabel serat optik ini dengan sempurna, lalu saya lanjut ke tahap berikutnya yaitu menghitung.

Di tahap ini saya agak kesusahan karena lupa lagi cara menghitung nya jadi saya menghitung nya dengan pikiran seadanya yang ada di otak. Setelah melakukan perhitungan pada kabel serat optik ini lalu proses selanjutnya adalah wawancara.

Wawancara Hasil Praktek

wawancara praktek ujian
source business.tutsplus.com

 

Setelah saya melakukan semua praktek yang harus di lakukan dalam ujian kompetensi ini saya langsung memasuki sesi wawancara. Disini saya di suruh duduk dan untung nya tidak sendiri jadi agak tidak gugup.

Saya di wawancara tentang apa saja jenis kode warna kabel, lalu bagaimana cara mengecek panjang kabel yang putus atau gangguan, dan cara penyambungan kabelnya bagaimana.

Saya pun menjelaskan apa saja yang saya kerja kan dalam ujian kompetensi kali ini dengan jelas. Dan setelah itu ujian kompetensi selesai saya pun langsung di suruh untuk keluar dari ruangan.

Nah, itulah pengalaman saya saat melakukan praktek ujian kompetensi saat masih sekolah dulu, dan itu merupakan suatu pengalaman yang tidak pernah saya lupakan sampai kapanpun.

Leave a Comment