Senjata Tradisional Bengkulu

Senjata Tradisional Bengkulu Lengkap Beserta Penjelasannya

Senjata Tradisional Bengkulu – kita semua akan menemukan banyak senjata adat yang di gunakan oleh budaya masyarakat Bengkulu yang sesuai dengan pengaruh kebudayaan sub etnis Melayu yang sudah tumbuh dan berkembang pada masyarakat yang ada di Bengkulu sejak zaman dahulu kala.

Sebelumnya saya telah membahas artikel tentang senjata tradisional dari Aceh, untuk kali ini saya akan membahas artikel tentang senjata tradisional Bengkulu lengkap dengan penjelasannya. Dan berikut adalah pembahasannya.

Nama Senjata Tradisional Bengkulu

Senjata Tradisional BengkuluSenjata tradisional adat bengkulu ini mempunyai banyak nilai budayanya terutama dalam keunikannnya. Senjata tradisional yang populer diantaranya yaitu: dodong , Sewar, Keris, Rambai ayam, Rundus. Berikut ini adalah penjelasan yang selengkapnya.

1. Senjata Tradisional Rambai Ayam

Senjata tradisional Rambai ayam
sumber: asyraafahmadi.com

Senjata rambai ayam ini adalah senjata yang asli dari daerah Bengkulu yang tidak bisa di dapatkan oleh provinsi lain yang ada di Indonesia. Senjata traidisional ini jenis tusuk dengan ujung yang sangat runcing dan salah satu sisinya juga tajam.

Penduduk Bengkulu sebgaian mnyebiut Rambai ayam ini dengan sebutan lain seperti Jembio. Khas Rambai ayam terdapat beberapa aksesoris dan ornamen. Bentuk bilah senjata ini juga sangatlah mematikan apabila terkena badan lawan.

Senjata tradisional adat Bengkulu Rambai ayam ini sudah di lengkapi dengan beragam pahatan di bagian kerangka gagangnya.

2. Senjata Tradisional Rudus

Senjata tradisional Rudus
sumber: id.wikipedia.org

Senjata tradisional Rudus ini adalah salah satu senjata khas daerah Bengkulu yang suka di pakai pada saat perang kemerdekaan pada masa silam. Senjata tradisional ini bentuk nya mirip dengan sebilah golok biasa dengan satu mata yang sangat tajam. Apabnila di gunakan oleh orang yang berpengalaman, senjata ini juga bisa di gunakan menjadi daya serang yang mematikan.

Dalam mengamati logo resmi provinsi Bengkulu, maka kita semua akan mendapatkan dua buah pedang yang bersilangan pada bagian logo tengah tersebut. Kedua bilah pedang tersebut itulah yang bernama Rudus.

Senjata tradisional ini sudah dianggap penting untuk kehidupan masyarakat Bengkulu selain karena sebagai lambang harga diri rudus ini juga merupakan senjata pamungkas untuk melawan sang penjajah. Senjata tradisional ini juga sangat bernilai sakral terutama dalam prosesi penobatan datuk raja pada zaman dulu.

3. Senjata Tradisional Keris

Senjata tradisional Keris
sumber: madeblog.com

Senjata tradisional ini sebagaimana umumnya di daerah yang banyak di diami masyarakat sub etnis Melayu, masyarakat bengkulu juga mempunyai keris sebagai salah satu jenis senjata tradisionalnya.

Senjata keris di daerah Bengkulu ini mempunyai banayak kesamaan dengan keris pada umumnya. Yaitu diantaranya keunikan yang mecolok dari keris asli dari Bengkulu terdapat pada lekukan atau yang jumlahnya genap serta adanaya tahta pada gagang dan juga sarungnya.

4. Senjata Tradisional Dodong

Senjata tradisional Dodong
sumber: kerisku.id

Senjata tradisional dodong ini sudah terbilang langka di Bengkulu. Bahkan tidak semua orang bisa memilikinya. hanya ada beberapa buah dodong yang disimpan dan dipajang di museum.

Dodong sendiri adalah senjata tradisional yang sering di anggap mematikan. Meskipun tidak sepanjang pedang, dodong ini memiliki mata belati yang sangat tajam dan bisa menebas tubuh manusia dengan sangat cepat.

Pada Zaman Dulu, dodong ini dipakai untuk melawan bangsa penjajah. pada masa itu juga, rakyat Indonesia menggunakan senjata tersebut saat berperang melawan penjajah. Bukan hanya itu saja, dodong ini juga sering di simpan oleh pria di Bengkulu sebagai senjata untuk memproteksi diri.

Namun, dodong sekarang sudah tidak bisa dimiliki secara bebas, selain dipajang di museum, dodong ini juga suka dijadikan aksesoris pelengkap pakaian pengantin adat untuk pria.

5. Senjata Tradisional Sewar

Senjata Tradisional Sewar
sumber: keluyuran.com

Senjata Tradisional Sewar adalah sejenis golok yang memiliki bentuk melengkung. Dengan tampilannya yang kontras pada golok yang umumnya cenderung lurus. Senjata ini memiliki perbedaan yang terletak pada ukuran, dimana sewar ini memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan golok.

Hingga saat ini, masih banyak pemuda yang ada di pedalaman desa Bengkulu yang selalu membawa sewar saat mau bepergian. Senjata tersebut di sarungkan, kemudian diselipkan di belakang pakaian pemiliknya.

Pada dasarnya mereka membawa sewar ini buka tanpa alasan, sewar ini di bawa oleh para pemuda Bengkulu untuk menjaga diri.

Bukan hanya itu saja, bahkan sewar ini memiliki bentuk yang misip seperti golok, karena itulah senjata tradisional ini bisa di pakai untuk menebas rumput,tanaman, bahkan kayu tebal sekalipun.

6. Senjata tradisional Tameng

Senjata tradisional Tameng
sumber: id.wikipedia.org

Senjata tradisional tameng ini terbuat dari rotan , bentuknya bundar dengan teknik jalin. Yang di gunakan sebagai alat untuk menagkis serangan senjata tajam bagi laki laki dewasa. Tameng ini juga di temukan di kelurahan Nusa Indah kota Bengkulu bebrapa tahun yang lalu.

7. Senjata tradisional Pedang

Senjata tradisonal Pedang
sumber: gpswisataindonesia.wordpress.com

Senjata tradisional Pedang ini terbuat dari besi tulang , perak dan juga kuningan. Teknik pembuatannya secara di tempah dengan dekorasi ornamen stilasi daun dan ukir. Pedang ini juga di gunakan sebagai senjata bela diri yang di temukan di daerah Bengkulu Utara.

Di daerah Lampung senjata Sewar ini di kenal dengan sebutan Badik atau juga Badik manna. Sedangkan di daerah Jambi sewar ini di ken al sebutan nama Badik tumbu lado. Sampai sekarang juga masyarakat pedalaman daerah Bengkulu masih sering mamakai senjata ini. Mereka juga menyelipkan sewar di pinggangnya saat bepergianuntuk menjaga diri.

Selain itu juga pemerintah Provinsi Bengkulu di Museum Negeri Bengkulu mengadakan pameran senjata tradisional di Museum Bengkulu dalam menyambut ulang tahun ke 74 Republik Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan juga kesadaran masyarakat terhadap warisan budaya bangsa khususnnya senjata tradisional Bengkulu.

Seorang wartawan mengatakan ada 50 senjata tradisional yang di tampilkan pada kegiatan pameran ini. Senjata tradisional yang di pamerkan tersebut berasal dari berbagai daerah yang ada di provinsi Bengkulu.

Untuk keseluruhan senjata ada 300 namun koleksi total dari seluruhnya di luar senjata tradisional yang ada di museum. Dari 50 senjata tradisional yang di tampilkan itu belum termasuk seluruh koleksi senjata tradisional yang ada di Museum Bengkulu.

Nah, itulah penjelasan kali ini mengenai senjata tradisional Bengkulu lengkap beserta penjelasannya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Dan jika anda sedang mencari informasi mengenai budaya Indonesia bisa klik DISINI.

Leave a Comment