senjata tradisional indonesia

Jenis Senjata Tradisional Indonesia Lengkap Beserta Penjelasannya

Senjata Tradisional Indonesia – Sejak dahulu kala senjata tradisional Indonesia ini di gunakan oleh nenek moyang kita. Dan tentu nya senjata yang di pergunakan dulu tidak akan sama dengan senjata yang di gunakan pada masa sekarang. Orang – orang terdahulu menggunakan seperti kayu, batu, dan tulang belulang binatang untuk di jadikan senjata.

Dan semakin lama manusia terus menjadi lebih pandai untuk membuat senjata. Manusia juga mulai membuat senjata yang berasal dari logam seperti besi,baja atau perunggu yang dulunya emang masih menggunakan batu sebai senjata. Bentuk senjatanya pun bermacam – macam.

Di lihat sepintas, sepertinya senjata ini juga memang terlihat mengerikan. Namun apabila senjata ini digunakan dengan baik akan memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Contohnya digunakan sebagai untuk berkebun, membantu sehari hari sebagai peralatan rumah tangga.

Indonesia juga sebagai negara yang kaya akan adat budaya dan menjadikannya semua itu  semakin mempercantik bangsa ini. Budaya yang sangat indah, unik dan terkadang juga tidak ada duanya di dunia ini. Salah satu yang memperkaya adat budaya yaitu dengan adanya senjata tradisional.

Indonesia mempunyai beragam ragam jenis senjata tradisional. Dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dan hampir semua mempunyai senjata tradisional khas daerah masing masing . bahkan tidak jarang di satu provinsi ada dua, tiga atau bahkan lebih senjata tradisional.

Senjata tradisional ini juga berperan penting sebagai perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Para pahlawan yang dulu melawan bangsa asing dengan menggunakan senjata tradisional.

Ada beberapa senjata tradisional dari beberapa provinsi yaitu sebagai berikut :

Senjata Tradisional Dari Lampung

Senjata Tradisional Dari Lampung
sumber: asyraafahmadi.com

Senjata tradisional Lampung yang paling populer yaitu terapang. Terapang mempunyai bulu yang unik yang terbuat dari kayu. Kayu tersebut di ukir membentuk butung atau kepala orang yang melambangkan keberanian. Senjata khas lampung yang lainnya adalah keris, beladau, badik, dan payan.

Senjata Tradisional Dari Bengkulu

Senjata Tradisional Dari Bengkulu
sumber: keluyuran.com

Bengkulu memiliki senjata tradisional dengan nama keris. Keris ini juga memiliki panjang 13 jari yang berbentuk lurus. Keris tersebut digunakan sebagai para kepala adat dan hulu balngnya keramat dan pemberani bagi sang pemegang nya. Senjata tradisionl bengkulu yg lainnnya adalah radus, kayu nibung, kuduk, badik dan krambit.

Senjata Tradisional Dari Kepulauan Riau

Senjata Tradisional Dari Kepulauan Riau
sumber: gpswisataindonesia.wordpress.com

Riau memiliki senjata tradisional yang  disebut badik tumbu lado. Senjata tradisional Indonesia ini memiliki bentuk sama seperti sebuah belati dengan panjang 27cm sampai dengan 29 cm. dan mempunyai lebar sekitar antara 3,5 cm sampai 4 cm.

Dulunya badik tumbu lado di gunakan sebagai alat berburu dan perlengkapan untuk melindungi diri dari para lelaki, namun sekarang juga berfungsi  senjata tradisional tersebut hanya di gunakan untuk pelengkap pakaian adat yang biasa di gunakan dalam upacara pernikahan  atau acara besar yang lainnya yang ada di kepulauan Riau.

Senjata Tradisional Dari Bangka Belitung

Senjata Tradisional Dari Bangka Belitung
sumber: milenialjoss.com

Bangak belitung juga memiliki senjata tradisional yang di sebut dengan senjata siwar panjang. Senjata tradisional siwar panjang menyerupai pedang panjang. Yang berbentuk lurus dan meruncing pada bagian ujungnya. Gagang senjata ini juga menonjol pada bagian ujungnya. Senjata ini memiliki sarung yang berbentuk seperti tongkat, yang dahulunya senjata ini di gunakan sebagai senjata untuk perang.

Senjata Tradisional Dari Sumatera Selatan

Senjata Tradisional Dari Sumatra Selatan
sumber: perpustakaan.id

Senjata tradsional Sumatera Selatan di namakan dengan Keris. Senjata keris ini mempunyai lekukan – lekukan yang jumlanya ganjil 7,9 dan 13. Senjata tradisional Sumatera Selatan yang lainnya adalah trisula atau di sebut juga tombak bermata tiga, badik, siwar kecil.

Senjata Tradisional Dari Aceh

Senjata Tradisional Dari Aceh
sumber: romadecade.org

Provinsi Aceh ini memiliki beberapa senjata tradisonal yang selalu di gunakan oleh kebanyakan masyarakat Aceh. Dan yang paling terkenal adalah Rencong. Rencong ini memiliki bentuk seperti hal nya huruf L atau angka. Panjang mata pisaunnya juga mencapai 10 sampai 50 cm. mata pisau dari rencong ini ada yang melengkung – lengkung seperti keris, tetapi lebih banyak yang lurus seperti pedang.

Rencong juga di gunakan oleh raja, yang mata pisaunya terbuat dari emas. Sedangkan kalau rakyat biasa terbuat dari kayu atau besi putih. Ada sarung rencong yang terbuat dari emas ada juga yng terbuat dari gading gajah bahan yang terbuat dari tanduk kerbau. Namun umumnya sarung rencong ini kebanyakn memakai yang terbuat dari kayu.

Rencong ini berbeda beda bentuknya, sebutan rencong meuncugek untuk rencong yang ujung gagangnya melengkung, rencong meupucok untuk rencong yang gagangnya terlihat kecil di bagian bawah dan membesar di bagian atas.

Senjata Tradisional Dari Jawa Barat

Senjata Tradisional Dari Jawa Barat
sumber: romadecade.org

Provinsi Jawa Barat memiliki senjata tradisional yang di sebut dengan Kujang. Senjata tradisional Indonesia ini mempunyai lekukan yang sangat indah. Bagian matanya terdapat lubang – lubang yang kecil berjumlah 1 sampai 5 buah sebagai hiasannya. Sarung kujang ini juga terbuat dari kain yang berwarna hitam.

Senjata tradisinal khas Jawa Barat yang lainnya adalah panah kayu, keris, kerompang, golok, bedog, senjata tradisional ini di gunakan untuk kegiatan sehari – hari.

Senjata Tradisional Dari Jakarta

Senjata Tradisional Dari Jakarta
sumber: gpswisataindonesia.wordpress.com

Senjata tradisional dari Jakarta yaitu Golok. Senjata tradisional ini juga bisa di gunakan sebagai pelengkap asesoris pakaian adat lain yang menjadi senjata trdisional.

Golok ini memiliki dua bagian mata. Pada satu bagiannya adalah bagian mata yang tajam sedangkan bagian yang lainnya merupakan bagian yang tidak tajam. Senjata tradisonal ini di lengkapi dengan kerangka sebagai fungsi apabila golok tidak di gunakan.

Senjata Tradisional Dari Jawa Tengah

Senjata Tradisional Dari Jawa Tengah
sumber: baabun.com

Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai senjata tradisional yang di sebut juga Keris . senjata tradisional keris ini dapat menunjukan kedudukan sosial seseorang di masyarakat. Keris ini termasuk barang keramat , senjata tradisional ini di ukur pada bagian gagang dan sarungnya.

Di Jawa Tengah keris ini sebagai senjata yang di hormati , keris tidak hanya sekedar senjata , tetapi juga menjadi salah satu unsur budatya yang penting. Secara simbolik keris ini melambangkan kedewasaan , keperkasaan , dan kejantanan seorang pria.

Keris ini berfungsi sebagai pelengkap untuk pakaian busana tradisional yang mereka kenakan. Setiap prioa umumnya memiliki 2 keris, ketris yang satu di gunakan untuk sehari hari dan yang satu lagi untuk di pakai pada acara upacara resmi yang ada di keraton. Senjata tradisional yang lainnnya adalah seperti tombak, perisai, pedang.

Senjata Tradisional Dari Jawa Timur

Senjata Tradisional Dari Jawa Timur
sumber: karyapemuda.com

Senjata tradisional Jawa Timur yaitu di sebut juga celurit. Celurit ini mempunyai bentuk melengkung seperti arit, pada matanya celurit sangat tajam sehingga dalam pengunannya harus sangat berhati hati. Bagian gagangnya clurit terbuat dari kayu atau logam.

Senjata Tradisional Dari Kalimantan Timur

Senjata Tradisional Dari Kalimantan Timur
sumber: disiniaja.net

Kalimantan Timur ini mempunyai senjata tradisional yang di sebut dengan Mandau. Senjata tradisional ini di beri hiasan yang berbentuk ukiran burung  enggang dan rambut manusia yang terbuat oleh orng yang ahli besi yang mempunyai kekuatan gaib. Ada 2 jenis Mandau yaitu mandau tampilan dan mandau yang di gunakan untuk perang dan di gunakan untuk upacara adat tertentu dan di gunakan untuk kegiatan sehari hari

Kalimantan timur ini juga mimiliki senjata tradisional yang lainnya seperti anak mandau, bujak  keris bukitkang , sumpitan , beliung.

Nah, itulah penjelasan kali ini mengenai senjata tradisional Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan wawasan yang lebih luas lagi mengenai budaya Indonesia.

Leave a Comment