Senjata Tradisional Jakarta Lengkap Dengan Penjelasannya

Senjata Tradisional Jakarta – Senjata tradisional adalah alat kepanjangan tangan manusia dalam membela diri, dalam setiap perkembangannya sangat sering di pengaruhi oleh kebudayaan dan juga lingkungan alam.

Oleh sebab itu sering di temukan kesamaan model senjata antara satu daerah dengan daerah yang lainnya yang letak geografisnya berdekatan. Tidak sedikit juga senjata senjata itu berakar dari alat pertanian dan perkakas sehari – hari.

Sebelumynya saya telah menjelaskan tentang senjata tradisional dari Jawa Timur. Dan kali ini saya akan menjelaskan tentang senjata tradisional dari daerah Jakarta.

Sejarah Senjata Tradisional Jakarta

Sejarah Senjata Tradisional Jakarta
sumber: romadecade.org

Masyarakat Betawi menurut arkeologi Uka Tjndrasasmita sebagai penduduk natif sunda kalapa (monografi Jakarta Raya dan pada saat zaman prasejarah hingga kerajaan Padjajaran (1977), mempunyai senjata tradisional yang belum terpengaruh sama sekali oleh kebuadayaan asing sejak zaman Neolitikum atau di sebut juga zaman batu (3000-3500 tahun yang lalu).

Hal ini juga dapat di temukan pada bukti arkeologis di daerah Jakarta dan sekitarnya dimana terdapat aliran sungai yang sangat besar seperti Ciliwung , kali Bekasi, Cisadane, Citarum tempat tempat tersebut sudah di diami sejak dulu.

Dari alat – alat yang di temukan di situs seperti contohnya beliung, pahat, pacul, kapak yang sudah dui umpan halus dan juga memakai gagang yang terbuat dari kayu dan di simpulkan bahwa masyarakat manusia itu sudah mengenal pertanian  mungkin juga semacam perladangan dan peternakan. Bahkan juga mungkin telah mengenaal struktur organisasi masyarakat yang begitu teratur.

Senjata tradisional ini juga terbagi menjadi dua genre, yaitu genre awal dan senjata tradisional yang di pakai untuk memukul, antara lain:

Senjata Tradisional Betawi Genre Awal

Senjata Tradisional Rotan

Senjata Tradisional Rotan
sumber: kerisku.id

Rotan adalah salah satu jenis  senjata tradisional Betawi yang di gunakan pada permainan seni ketangasan ujungan senjata ini termasuk senjata alat pukulan. Seni ini adalah awal dari beladiri berkembang. Pada awal masa terbentuknya seni ketangasan ujungan , rotan yang di gunakan panjangnya mencapai 70- 100 cm. pada ujung rotannya di sisipkan benda – benda tajam seperti paku dan pecahan logam, yang berfungsi untuk melukai lawan.

Pada perkembangannya rotan yang akan di gunakan hanya 70-80cm dan paku , pecahan logam di ujung rotan pun tidak lagi di pakai untuk pertandingan yang bersifat hiburan. Rotan ini di pakai hanya seketika berperang menghadapi musuh yang sesungguhnya, utamanya tulang kering dan mata kaki.

Senjata Tradisional Cunrik

Senjata Tradisional Cunrik
sumber: jakarta.monitor.web.id

Cunrik adalah senjata tradisional yang di pakai oleh perempuan Betawi, biasanya di gunakan oleh para resi perempuan yang tidak ingin menonjolkan kekerasan dalam membela dirinya, yang terbuat dari besi kuningan dengan panjang nya sekitar 10cm.

Salah satu seorang resi perempuan yang terkenal menggunakan cunrik ini adalah Buyut, pengarang kitab Sanghyang Shikshakanda Ng Karesiyan (1518) yang di makamkan di Pager Resi Cibinong.

Senajata Tradisional Beliung Gigi Gledek

Senajata Tradisional Beliung Gigi Gledek
sumber: asyraafahmadi.com

Beliung ini adalah jenis kapak yang matanya menyilang kearah gagang pegangan yang umumnya untuk pekakas pembuat kayu. Beliung gigi ini merupakan jenis kapak dengan mata kapak yang terbuat dari bahan batu, merupakan teknik pembuatan senjata tradisional sisa peninggalan zaman batu baru di Betawi yang masih tersisa antara abad 1-3 M.

Ada beberapa tokoh yang di ketahui pernah menggunakan ini sebagai senjata andalannya adalah Batara Katong dan Salihun pemimpin kelompok si Pitung. Beliung ini di gunakan Salihun sebagai sarana dalam melakukan aksi perampokan maupun pelarian dengan memanjat pagar tembok tersebut.

Senjata Tradisional Pisau Raut

Senjata Tradisional Pisau Raut
sumber: sejarah-negara.com

Senjata tradisional ini yang berasal dari Betawi yang bentuknya mirip dengan Badik. Pisau raut merupakan pisau sang Hulun rakyat biasa. Pisau ini di sebut juga badi – badi yang di sampingnya itu adalah pisau raut merupakan salah satu ciri khas para pengantin dandanan rias bakal pria adat Betawi.

Senjata ini juga di sematkan pada bagian tengah baju nya dan diikat di pinggang letaknya cenderung ke sebelah kanan dan di hiasi bunga melati yang di ronce indah.

Senjata Tradisional Piso Punta

Senjata Tradisional Piso Punta
sumber: tradisi-tradisional.blogspot.com

Senjata tradisional ini adalah senjata yang tajam jenis tusuk yang panjangnya sekitar 15 – 20 cm . senjata tradisional ini berfungsi sebagai senjata pusaka yang menjadi simbol stra sosial pada saat itu karena sebagai senjata ini tidak pernah di gunakan untuk bertarung,. Di Jawa Barat mungkin sering di kenal sebagai Kujang, namun kujang lebih variatif dari segi bentuknya dan motif ciung.

Senjata tradisional pusaka dianggap sebagai berisi, pisau ini hanya di miliki oleh kaum elit dan merupakan senjata pusaka betawi yang paling mulia.

Senjata tradisional Betawi yang di pakai dalam memukul.

Senjata Tradisional Golok

Senjata Tradisional Golok
sumber: kerisku.id

Golok ini merupakan jenis senjata tradisional yang tajam, sering kali di temukan di masayrakat Melayu. Walapun dengan penamaan yang berlainan yang berdasarkan daerahnya. Masyarakat di pulau Jawa pun sepakat untuk menamakan senjata tajam jenis bacok ini dengan golok.

Keberadaan golok di masyarakat Betawi sangalah di pengaruhi oleh kebudayaan Jawa Barat yang melingkupinya. Dari kedua daerah ini kualitasnnya memiliki kesamaan mengingat kerucut dari sumber pande masyarakat Betawi mengacu dengan tempat- tempat yang ada di Jawa Barat seperti daerah Ciomas di Banten dan Cibatu di Sukabumi.

Senjata Tradisional Golok Gobang

Senjata Tradisional Golok Gobang
sumber: ipaedukasi-supena-senjatakhasbudaya.blogspot.com

Golok gobang ini senjata tradisional golok yang berbahan dari tembaga, bentuk golok ini pendek. Panjang golok tidak lebih dari panjang lengan sekitar 30 cm dan diameter 7 cm golok gobang bentuk ujung nya rata dan perut melengkung kearah punggung golok, sering di gunakan sebagai senjata bacok.

Model golok gobang di Jawa Barat ini sering dinamakan golok candung. Gagang pegangan ini umumnya bentuknya menggunakan motif ukiran hewan, hanay melengkung polos terbuat dari kayu rengas. Masyarakat Betawi tengah menyebut senjata ini sebagai istilah Gagang Jantuk.

Bilah golok gobang polos tanpa pamor atau wafak yang umum di pakai sebagai golok para jawara yang diameter nya sekitar 6 cm yang tampak lebih lebar dari golok lainnya.

Golok Betok dan Badik Badik

Golok Betok dan Badik Badik
sumber: wadaya.rey1024.com

Golok betok ini senjata tradisional golok pendek yang berfungsi sebagai senjata pusaka yang menyertai golok jawara, badik badik juga sering di fungsikan sebagai pisau raut pengasah golok jawara, kedua senjata tradisional ini sering di gunakan paling terakhir manakala sudah tidak ada senjata lagi di bagian tangannya.

Badik Cangkingan

Badik Cangkingan
sumber: sejarah-negara.com

Senjata tradisional ini masyarakat Betawi yang bentuknya hampir menyerupai rencong atau juga senjata tradisional khas Aceh dan juga badik senjata dari khas Makasar.

Bagian bagian gagangnya terdiri dari gagang yang terbuat dari kayu yang keras atau juga gading, cincin nya juga terbuat dari perak, emas atau perunggu kemudian juga rangka dan sarung. Kedua bagian ini biasanya terbuat dari kayu yang di ukir sangat indah dan bagian terakhirnya bilah badik yang terbuat dari campuran besi dan baja.

Sesuai dengan namanya cangkingan ini biasanya di bawa begitu saja dan di selipkan pada bagian celana atau pun sarung. Senjata tradisional yang di gunakan sewaktu waktu untuk menyerang ini lebih banayak di gunakan untuk kebanggaan terutama jika cincinnya terbuat dari emas.

Itulah penjelasan kali ini tentang senjata tradisional Jakarta. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan manfaat dan wawasan yang lebih luas bagi anda semua. Dan jika anda sedang mencari tentang kebudayaan negara kita yaitu Indonesia, bisa kunjungi DISINI

Leave a Comment