Senjata Tradisional Kalimantan Timur Lengkap Dengan Penjelasannya

Senjata Tradisional Kalimantan Timur – Sudah lama Kalimantan Timur sering di kenal sebagai pulau dengan panorama alam yang indah menawan dengan kultur budaya yang ramah tamah yang menjadikan banyak perbincangan oleh para wisatawan lokal maupun juga manca negara, Kalimatan ini sebagai pulau yang terluas yang ada di Indonesia.

Sebelumnya saya telah menjelaskan artikel tentang Senjata Tradisional dari Jawa Barat, kali ini saya akan menjelaskan artikel tentang Senajata Tradisional yang ada di Kalimantan Timur.

Nama Senjata Tradisional Kalimantan Timur

Nama Senjata Tradisional Kalimantan Timur
sumber: indozone.id

Perlu anda ketahui setiap senjata tradisional memiliki nama dan kegunaannya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ada beberapa jenis Senajata Tradisional yang ada di Kalimantan Timur diantaranya yaitu sebagai berikut:

Senjata Tradisional Dohong

Senjata Tradisional Dohong
sumber: asyraafahmadi.com

Senjata tradisional ini di sebut dohong yaitu semacam keris tapi lebih besar dan lebih tajam pada kedua sisinya sebelah – menyebelah. Bagian ujungnya terbuat dari tanduk dan sarungnya terbuat dari kayu. Senjata tradisional ini hanya bisa di gunakan oleh kepala – kepala suku.

Senjata Tradisional Telawang

Senjata Tradisional Telawang
sumber: asyraafahmadi.com

Senjata tradisional ini di sebut telawang atau juga di sebut Perisai adalah salah satu alat pelindung tubuh dari serangan musuh yang di gunakan pada saat berperang. Telawang ini terbuat dari kayu dan ringan yaitu kayu pelantan.

Bentuk telawang ini berbentuk prisma yang lebarnya sekitar 30 – 50 cm dan juga tingginya sekitar 1,5 – 2 m. Telawang terdiri dari dua bagian yaitu bagian dalam yang menyerupai sisi bawah atap rumah dan sebuah pegangan pada bagian tengahnya serta bagian luar yang menyerupai sisi atas atap rumah dengan di hiasi ukiran – ukiran khas daerah Kalimanatan Timur.

Senjata Tradisional Sumpit

Senjata Tradisional Sumpit
sumber: sejarah-negara.com

Senjata tradisional sumpit ini sering di sebut juga sipet adalah senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat Dayak. Yang memiliki bentuk bulat dan juga panjangnya sekitar 1,5 – 2 meter.

Keunggulan dari tradisional ini adalah bisa di gunakan sebagai senjata jarak jauh yang tingkat akurasi nya dan ketepatan menembak nya mencapai 200 m dan juga tidak menimbulkan suara, sumpit biasanya di gunakan sebagai berburu binatang dan juga sering di jadikan mas kawin.

Di Kalimantan ini sumpit di jadikan sebagai ajang perlombaan. Seperti di festival Erau, Tenggarong Kalimantan Timur, terdapat pula lomba sumpit untuk membuat festival ini menjadi sangat meriah.

Senjata Tradisional Lonjo atau Tombak

Senjata tradisional lonjo atau tombak ini di buat dari bahan besi dan di pasang atau diikat dengan anyaman rotan dan bertangkai dari bambu atau pun kayu keras . lajo ini berfungsi untuk di gunakan sebgai berperang atau pun berburu binatang.

Senjata Tradisional Keris Kalimantan Timur

Senjata Tradisional Keris Kalimantan Timur
sumber: gpswisataindonesia.wordpress.com

Senjata tradisional keris ini adalah sejenis pedang pendek yang berasal dari pulau Jawa , Indonesia. Keris purba ini sudah di gunakan pada abad ke 9 dan 14 . selain itu juga keris ini di gunakan sebagai senjata, keris juga sering dianggap mempunyai kekuatan supranatural.

Keris ini terbagi menjadi 3 bagaian yaitu mata, hulu dan sarung. Ada beberapa jenis keris yang mempunyai mata pedang yang berkelok – kelok. Senjata tradisional ini juga sering di sebut dalam berbagai legenda tradisional seperti contohnya keris Mpu Gandring di dalam legenda Ken Arok dan Ken Dedes.

Keris ini sebenarnya adalah senjata tradisional yg khas yang sering di gunakan oleh daerah – daerah yang mempunyai rumpun melayu atau juga bangsa melayu. Keberadaan keris ini sangat umum di  kenal di daerah Indonesia terutama di daerah pulau Jawa dan Sumatera, Malaysia , Brunei , Thailand dan Filipina khusunya di daerah Filipina selatan pulau mindanau.

Namun juga apabila di bandingkan dengan Indonesia dan Malaysia keberadaan keris ini pembuatannya di Filipina telah menjadi hal yang sangat langka dan bahkan hampir punah.

Museum Mulawarman koleksi lainnya seperti keris dan menjadi benda pusaka kerajaan Kutai. Keris ini juga sering di pakai sebagai perlengkapan upacara penobatan Sultan Kutai kartanegara. Koleksi keris ini dapat di jumpai di lantai dua museum Mulawarman Kutai Kartanegara.

Senjata Tradisional Mandau

Senjata Tradisional Mandau
sumber: disiniaja.net

Senjata tradisional Mandau ini jenis jenis mandau pada umunya masyarakat Dayak yang mempunyai bentuk yang mirip. Dengan sedikitnya ada perbedaan jika di lihat dari sisi kelengkungan bilahnya, yaitu bilah yang agak condong ke belakang.

Yang membedakan jenis nya adalah ciri cirinya Mandau ilang hampir lurus. Mandau Langgi Tinggang yang melengkung kebelakang. , Mandau Naibur yang memakai semacam pengait yang hampir mirip dengan kembang kacang pada keris di dekat pangkalnya.

Selain itu juga ada pula jenis Mandau Pakagan dan Mandau Bayou yang masing masing mempunyai variasi bentuk sendiri.

Berdasarkan dengan perbedaan jenisnya dan hiasan yang ada pada Mandau akan di ketahui bahwa mandau dengan ciri ciri tertentu adalah milik masyarakat Dayak Maayan, Dayak Mbalan ,Dayak Ngaju, Dayak Bahau dan lain sebagainnya.

Senjata Tradisional Bujak

Senjata Tradisional Bujak
sumber: made-blog.com

Senjata tradisional bujak ini senjata dari Kalimantan Timur yang sejenis dengan Tombak. Yang tangkainya terbuat dari kayu ulin dan juga matanya terbuat dari besi. Panjang bujak ini sekitar kurang lebih 3 m . mata bujak yang di beri racun getah pohon ipuh untuk menambah efek mematiakn.

Biasanya bujak ini sering di gunakan untuk berburu sedangkan bujak bercabang yang sering di kenal dengan nama serepang yang di gunakan untuk menagkap ikan.

Senjata Tradisional Gayang

Senjata Tradisional Gayang
sumber: folksofdayak.wordpress.com

Senjata tradisional gayang ini adalah senjata suku Dayak Kadazandusun yang berbentuk yang menyerupai Mandau tapi juga memiliki perbedaan dalam segi model bilah dan sarungnya yang melengkung semisal Parang ilangnya Dayak Iban.

Dalam ukurannya juga berbeda Gayng ini berukuran lebih panjang dari pada Mandau, dalam pembuatan gayang juga melalui ritual tertentu seperti pembuatan Mandau.

Nah, itulah penjelasa saya kali ini mengenai senjata tradisional Kalimantan Timur. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan wawasan yang lebih luas lagi bagi anda semua. Dan jika anda sedang mencari informasi seputar kebudayaan Indonesia bisa kunjungi DISINI.

Leave a Comment