Senjata Tradisional Riau Lengkap Dengan Penjelasannya

Senjata Tradisional Riau – Di provinsi Riau ini mempunyai banyak keaneka ragaman budaya dan juga adat istiadat yang sudah berkembang di kebanyakan masyarakat melayu. Pada peninggalan sejarah saat ini kita bisa banyak menemukan bahwa masyarakat asli provinsi ini di masa lampau merupakan bagaian dari masyarakat melayu.

Dari peninggalan sejarah masa lalu salah satu nya adalah senjata tradisional adat Riau yang juga merupakan senjata tradisional yang khas dan perlu kita lestarikan.

Sebelumnya saya telah menjelaskan tentang senjata tradisional dari Kalimantan Timur, untuk kali ini saya akan membahas artikel tentang senjata tradisional dari provinsi Riau.

Jenis-Jenis Senjata Tradisional Riau

Jenis-Jenis Senjata Tradisional RiauAda beberapa nama senjata tradisional Riau pada jaman dulu yang di pakai untuk membantu keperluan sehari hari dan penggunaanya pun lebih luas baik untuk kehidupan hidup, pertahanan diri, sampai dengan kebutuhan untuk menunaikan ritual keagamaan dan adat.

Saat ini pada umumnya senjata tradisional Riau lebih banyak di pakai sebagai barang yang antik dan din koleksi guna untuk melestarikan budaya nenek moyang dan juga menjaga nilai nilai sejarah serta makna filosofi nya yang terkandung di dalamnya agar tidak punah dan hilang di telan masa.

Sebenarnya masyarakat Riau ini memiliki banyak keaneka ragaman senjata tradisional. Tapi sebagian diantarannya telah punah sehingga 10 yang tersisa dan menjadikan senjata tradisional adat ini masih bertahan hingga sampai saat ini. Nama senjata tradisional ini yaitu:

1. Senjata Tradisional Beladau

Senjata Tradisional Beladau
sumber: sejarah-negara.com

Senjata tradisional Beladau ini adalah senjata tradisional dari daerah Riau yang berupa pisau belati yang tajam di satu sisi. Ada perbedaan dari Beladau dan pisau belatipada umumnya yaitu Beladau cenderung mempunyai lengkungan di pangkal pegangannya, sehingga gagangnya lebih mudah di pegang dan di dorong saat di pakai.

Senjata tradisional beladau ini mempunyai panjang sekitar 24 cm sehingga sering di pakai sebagai sarana pelindung diri dari sernagn jarak dekat.

2. Senjata Tradisional Klewang

Senjata Tradisional Klewang
sumber: romadecade.org

Senjata tradisional Klewang ini adalah senjata tradisional Riau yang mirip golok yang ujung bilahnya membesar. Zaman dulu klewang ini di pakai oleh para prajurit kerajaan dalam peperangan. Tetapi saat ini senjata klewang ini sering di pakai para petani untuk membantu kegiatannya di sawah dan juga di ladang sebagai alat pertanian.

Klewang ini mempunyai fungsi yang sangat praktis hingga saat ini masih tetap di lestarikan di bandingkan dengan senjata tradisional Riau yang lainnya.

3. Senjata Tradisional Pedang Jenawi

Senjata Tradisional Pedang Jenawi
sumber: kerisku.id

Senjata tradisional ini paing terkenal yang bernama Pedang Jenawi , merupakan senjata tradisional pada jaman dulu yang sering di pakai olah para panglima kerajaan Melayu pada saat berperang. Ukuran pedang jenawi ini cukup panjang sekitar 1 meter membuat pedang ini sering di pakai untuk perang tanding jarak jauh.

Pedang jenawi ini bentuknya mirip samurai khas Jepang, oleh sebab itu para  ahli sejarah dan budayaan berpendapat bahwa senjata tersebut berasal dari daerah Jepang kuno yang berakulturasi dengan budaya Melayu. Saat ini juga pedang jenawi sudah dianggap sebagai identitas masyarakat melayu Riau di tingkat nasional.

4. Senjata Tradisional Keris Riau

Senjata tradisional Keris Riau
sumber: silontong.com

Senjata tradisional keris ini sebelumnya sering mengganggap bahwa hanya ada di Jawa, sebaiknya kita coba menjelajahi dan berkelilng di daerah Sumatera atau juga negeri Jiran Malaysia. Dalam budaya masyarakat daerah tersebut juga kita akan menemukan keris sebagai warisan dari leluhur mereka.

Oleh karena itu dalam hal ini keris dapat menemukan dalam budaya masyrakat Riau. Demikian juga keris ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu jumlah lekukannya yang sedikit juga ukiran pada gagang dan juga sarungnya yang lebih banyak bermotif flora.

5. Senjata Tradisional Tumbuk Lada

Senjata tradisional Tumbuk Lada
sumbe: asyraafahmadi.com

Senjata tradisional adat ini sebenarnya lebih juga di kenal sebagai senjata tradisional Jambi. Walupun demikian tidak berarti masyarakat Riau tidak mengenal senjata tradisional ini. Kedua provinsi ini letak geografisnya membuat budaya mereka lebih jauh berbeda sehingga wajar saja bila badik tumbuk lada ini juga sebagai salah satu jenis senjata tradisional.

Badik sendiri merupakan sebutan untuk senjata tradisional yang di kenal di kalangan masyarakat Bugis dan juga beberapa daerah yang ada di Sumatera. Tak heran jika tumbuk ladau ini mempunyai kemiripan dengan senjata daerah di semenanjung Melayu lainnya bahkan juga negara Malaysia.

Riau di tinggali oleh berbagai ras dan juga etnis. Akan tetapi mayoritas penduduk asli adalah bangsa melayu. oleh karena kitu kebudayaan Riau ini banyak mempunyai kesamaan dengan wilayah yang berpenduduk asli melayu lainnya.

Tumbuk ladau ini sejenis senjata tikam yang berukuran 27 – 29 cm dan lebarnya sekitar 3.5 – 4 cm. Senjata tradisional ini tidak di pakai oleh masyrakat Jambi juga mempunyai kesamaan dan badik bugis hanya berbeda dalam bentuknya dan sarung badiknya saja.

6. Senjata Tradisional Meriam/Lela

Senjata Tradisional Meriam/Lela
sumber: budaya-indonesia.org

Senjata ini memiliki sejarah yang panjang di Indonesia dan Aceh sudah memakai alat perang ini untuk melawan musuh. Dan tidak tahu kenapa ada pihak yang tidak pertanggung jawab yang ingin menyimpangkan sejarah kita.
Hanya sekedar menambahkan, bahwa di Riau ada kerajaan Siak yang terkenal dengan kekayaannya yang bernama Sultan Sayyid Ibrahim.

Saat bergabung dengan Indonesia di masa Presiden Soekarno, semua hartanya disumbangkan. Dan itu artinya, sangat memungkinkan Riau memiliki senjata perang ini selain senjata yang sudah populer saat ini.

7. Senjata Tradisional Lela Rentaka

Senjata Tradisional Lela Rentaka
sumber: silontong.com

Senjata Rentaka merupakan sejenis meriam ringin dan kecil. Dalam bahasa Inggris meriam ini disebut juga dengan Lantakas (gabungan Lela dan Rentaka). Rentaka sendiri adalah senjata khas orang Melayu yang dibuat sendiri.

8. Senjata Tradisional Terakol

Senjata Tradisional Terakol
sumber: id.wikipedia.org

Senjata Terakol atau disebut juga dengan Tarkul ini meruapakan senjata populer dikalangan pelaut, pedagang, dan lanun-lanun Melayu. Tarkul juga pada awalnya menggunakan teknologi Wheel Lock (kancing roda) yang prosesnya harus membahakar serbuk bedil secara otomatis tanpa memerlukan Fius.

Bentuk senjata ini berbentuk seperti pistol dan memiliki perubahan bentuk dari pemuras yang di kecilkan.

9. Senjata Tradisional Blunderbuss

Senjata Tradisional Blunderbuss
sumber: silontong.com

Senjata tradisional ini mirip seperti alat bedil denganlaras berkaliber pendek, besar, dan mempunyai muncung peledak hadapan yang berbentuk kembang (funnel-shaped muzzle). senjata ini juga memakai peluru yang bertimah hitam.

10. Senjata Tradisional Pemuras

Senjata Tradisional Pemuras
sumber: thepatriots.asia

Senjata pemuras merupakan senajata tradisional yang suka dipakai oleh masyarakat Melayu pada zaman dahulu. Bahkan Tentara Inggris menyatakan bahwa masyarakat Melayu sangat pandai menggunakan senjata pemuras tersebut.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai senjata tradisional Riau. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan wawasan yang lebih luas lagi. Dan jika anda sedang mencari informasi seputar kebudayaan Indonesia bisa kunjungi DISINI.

Leave a Comment